Gus Ipul Harap Analis Kesehatan Mampu Melihat Fenomena Kesehatan Masyarakat

0
10
Gus Ipul saat membuka Seminar Ilmiah Menuju Mutu Layanan dan Hasil Berkualitas di Era Global, di Aula Lantai 7 Gedung Diagnostic Center RSUD dr Soetomo, Surabaya, Ahad (14/1/2018). (foto:Amal/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap agar para analis kesehatan menjadi pintu masuk melihat fenomena kesehatan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Apalagi, profesi mereka yang dinilanya sangat penting itu mampu mendeteksi kecenderungan penyakit untuk segera dilakukan langkah pencegahan.

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul saat membuka Seminar Ilmiah Menuju Mutu Layanan dan Hasil Berkualitas di Era Global, di Aula Lantai 7 Gedung Diagnostic Center RSUD dr Soetomo, Surabaya, Ahad (14/1).

Guna mendukung peran analis kesehatan, Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu menyampaikan perlunya sumber daya manusia yang berkualitas yang ditunjang dengan teknologi. Apalagi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti saat ini sudah berstandar internasional.

Gus Ipul beramah tamah dengan peserta seminar, Ahad (14/1/2018). (foto:Amal/SERUJI)

Jika harapan itu bisa terwujud, menurut Gus Ipul, bisa mendukung program pemerintah untuk langkah promotif maupun preventif kesehatan.

“Langkah promotif preventif ini bisa dimulai dari temuan analis kesehatan, sehingga bisa mengambil keputusan antisipasinya,” ujarnya.

Untuk itu, Gus Ipul mengapresiasi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) yang terus berusaha meningkatkan keterampilan bagi anggota dan analis kesehatan di Jatim.

Ke depan, Gus Ipul menginginkan agar Patelki ikut ambil bagian dalam memajukan Jatim khususnya di bidang kesehatan. Yakni memberikan layanan yang tepat kepada masyarakat.

“Ingin Patelki ambil peran dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. Kalau masyarakat sehat, punya daya saing bagi Jatim,” pungkasnya.

Seminar ilmiah yang diselenggarakan Dewan Pengurus Cabang Patelki Kota Surabaya ini diikuti pengurus DPC Patelki dan analis kesehatan se-Jatim. (Amal/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Endun Abdul Haq

Persyaratan Administrasi Seluruh Cagub/Cawagub Jabar Belum Lengkap

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menyatakan berkas persyaratan administrasi seluruh pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat 2018-2023...
Sugeng Purwanto

Pasca-Penyitaan Jutaan PCC, Polres Sidoarjo Ajak Warga Antisipasi Peredaran Narkoba

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pasca penggrebekan oleh Polres Sidoarjo, Rabu (17/1), di rumah kontrakan di Desa Sawocangkring, Wonoayu, Sidoarjo, yang diduga sebagai tempat penyimpanan jutaan...
mui

MUI Sayangkan MK Setarakan Agama dan Kepercayaan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyayangkan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyetarakan agama dan aliran kepercayaan, sebagaimana tertuang dalam putusan MK untuk kolom agama...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...