Dispendukcapil Surabaya: Pileg 2019 Gunakan KTP-el

0
103

SURABAYA, SERUJI.CO.ID –┬áDinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya menargetkan semua warga Kota Pahlawan memiliki KTP-el pada saat pelaksanaan Pemilihan Legislatif, atau Pileg 2019.

“Sinkronisasi data dengan Kementrian Dalam Negeri juga akan dilakukan agar tidak ada warga Surabaya yang tidak memiliki KTP-el,” kata Kepala Dispendukcapil Surabaya Suharto Wardoyo di Surabaya, Rabu (14/2).

Menurut dia, pihaknya menargetkan penyelesaian KTP-el pada akhir 2018. Penyelesaian KTP-el di Surabaya saat ini sudah mencapai 97 persen atau sekitar 2,1 juta jiwa.

Sesuai data Kemendagri, lanjut dia, warga Kota Surabaya yang belum melakukan perekaman sekitar 50 ribu orang. Saat ini berbagai upaya telah dilakukan Dispendukcapil untuk menyelesaikan perekaman KTP-el.

Selain itu, lanjut dia, perekamanan KTP-el nantinya juga bisa digunakan untuk syarat pencoblosan dalam Pilkada 2018.

“Kalau belum tercetak ditunjukkan buktinya surat keterangan pengganti KTP-el,” katanya.

Ia mengatakan pada 2018 ini Dispendukcapil Kota Surabaya telah mendapatkan jatah sekitar 20 ribu blangko KTP-el yang akan digunakan secara maksimal bagi perekaman warga Surabaya.

“Blanko yang ada nantinya diprioritaskan untuk warga yang sudah melakukan perekaman. Ini karena alat cetak KTP-el terbatas,” katanya.

Kepala Seksi Identitas Penduduk Dispendukcapil Surabaya Laily Susanti sebelumnya mengatakan saat ini, pihaknya telah melakukan perekaman KTP-el hingga 25 Januari 2018 sebanyak 1.998.653 orang.

“Kami terus berupaya melakukan strategi percepatan perekaman KTP-el kepada warga yang belum melakukan perekaman,” katanya.

Menurut dia, ada beberapa upaya yang dilakukan Dispendukcapil untuk mempercepat perekaman KTP-el di antaranya melakukan perekaman kepada orang-orang yang berada di dalam penjara, mendatangi sekolah-sekolah SMA, bekerja sama dengan kecamatan dan kelurahan untuk mensosialisasikan kepada warga dan mendatangi para lansia yang berada di rumah sakit serta Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos). (Ant/SU03)

Loading...
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama