Disdik Kediri Pastikan Sarana Ujian Nasional SMP Sudah Lengkap

KEDIRI, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan Kota Kediri, Jawa Timur, memastikan sarana untuk ujian nasional bagi sekolah menengah pertama (SMP) dan yang sederajat baik negeri maupun swasta di kota ini sudah lengkap, sehingga tidak perlu khawatir kekurangan fasilitas komputer.

“Persiapan ujian nasional di Kediri kan sudah daring, jadi tidak begitu susah. Ini pengamalam sudah tahun ketiga, keempat, mudah-mudahan anak-anak tidak ‘demam’ memegang komputer jinjing,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri Siswanto di Kediri, Jumat (30/3).

Ia mengatakan, dinas pendidikan juga telah mengadakan uji coba atau “Try out” untuk ujian nasional ini. Dalam ujian, mereka juga sudah memanfaatkan komputer jinjing. Selain fasilitas dari sekolah, dinas pendidikan telah memberikan tambahan fasilitas komputer untuk ujian baik sekolah negeri maupun swasta.

“Alhamdulillah lancar. Tahap satu dan tahap dua. Kalau kendala, biasa, bocah belum siap. Tapi yang jelas, dari hasil ‘Try out’ sudah memenuhi,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dinas pendidikan juga telah mengadakan evaluasi dari hasil “Try out” dan ternyata nilainya cukup baik, rata-rata enam. Dinas pendidikan juga tetap berupaya agar sekolah memberikan pendampingan dan pelajaran terbaik bagi anak-anaknya agar nilai mereka baik.

“Selain dinas pendidikan, sekolah juga bisa mengadakan ‘Try out’ sesuai dengan program sekolah. Harapannya, semakin sering juga semakin bagus, dengan catatan sekolah harus memegang rambu-rambu, kisi-kisinya yang bisa ‘didownlod’. Jangan sampai keluar dari kisi-kisi,” ungkap dia.

Ia menambahkan, hingga kini dari sekolah-sekolah yang ada di Kota Kediri juga masih ada yang menyelenggarakan ‘Try out”. Namun, ia meminta agar sekolah untuk tetap melapor jika mengadakan “Try out” dengan harapan jadwalnya tidak berbenturan dengan jadwal dinas pendidikan.

Selain itu, dinas pendidikan juga sudah mengumpulkan seluru kepala sekolah SMP baik di negeri maupun swasta di Kota Kediri. Selain diberi informasi terkait hasil “Try out” tersebut, juga sekaligus diberi pengumuman pemenangnya.

Ia juga optimistis, hasil ujian nasional nantinya juga bisa semakin bagus. Bahkan, seluruh pelajar yang ikut ujian nasional bisa lulus semua. Mereka bisa melanjutkan kembali ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan tidak putus sekolah.

Rencananya, ujian nasional SMP dan yang sederajat akan diselenggarakan pada April 2018. Jumlah SMP negeri di Kota KEdiri ada delapan sekolah. Sebelumnya UN tingkat SMP, akan diselenggarakan ujian nasional tingkat SMA/SMK/MA, awal April 2018. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Najmul Akhyar

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER