Cegah Kemacetan, Ruas Tol Wilangan-Kertosono Difungsikan 24 Jam


MADIUN, SERUJI.CO.ID – Jalan tol fungsional ruas Wilangan-Kertosono, Jawa Timur, difungsikan selama 24 jam untuk kelancaran arus balik Lebaran 2018 di jalur nasional Madiun-Nganjuk-Surabaya yang rawan terjadi kemacetan akibat tingginya volume kendaraan yang melintas.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun AKP Imam Mustolih di Madiun, Rabu (20/6), mengatakan, sebelumnya ruas tol Wilangan-Kertosono hanya dibuka pagi sampai sore hari, pukul 07.00-17.00 WIB.

Namun, pada saat arus balik ini terjadi kepadatan sehingga jalan tol tersebut dibuka 24 jam.

“Tol fungsional Wilangan-Kertosono terpaksa dibuka 24 jam karena terjadi kepadatan kendaraan saat arus balik ini,” ujar AKP Imam di Madiun.

Menurut dia, dibukanya tol fungsional selama 24 jam telah dilakukan sejak H2+2 tanggal 18 Juni 2018. Namun, hal tersebut berlaku kondisional.

Untuk keselamatan, pemudik yang melalui ruas tol Wilangan-Kertosono kecepatan maksimal pada saat malam hari adalah 30 kilometer/jam karena di sepanjang tol belum ada rambu serta penerangan yang cukup.

Imam menambahkan, pengendara yang melewati ruas tol Wilangan-Kertosono pada malam hari juga akan mendapatkan pengawalan dari polisi baik dari arah Kertosono maupun Wilangan.

“Pengawalan dilakukan pada saat malam hari. Secara berkelompok nanti akan dikawal. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Polres Nganjuk dan Polres Jombang,” katanya.

Sesuai data, sejak memasuki arus balik, terdapat peningkatan jumlah kendaraan yang signifikan. Tercatat dalam sehari ada 17.000 kendaraan yang masuk maupun keluar dari Gerbang Tol (GT) Wilangan.

Sebelumnya, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin saat meninjau kelancaran arus balik di ruas tol Ngawi-Sragen di Kabupaten Ngawi pada Senin (18/6) menyatakan dibukanya tol fungsional untuk dua arah dan 24 jam merupakan bagian dari diskresi petugas setempat.

Hal itu dilakukan demi kelancaran lalu lintas saat arus balik selama Lebaran 2018 di Jawa Timur. Terlebih di titik Saradan Kabupaten Madiun, Nganjuk, dan jalur Mengkreng yang rawan terjadi kemacetan akibat tingginya volume kendaraan. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close