Minimnya Rest Area di Tol Cipali Dikeluhkan Pemudik

0
22
Tol (ilustrasi)

KARAWANG, SERUJI.CO.ID – Sejumlah pemudik yang akan kembali ke Jakarta melalui Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengeluhkan kurangnya tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang tol tersebut.

Salah seorang pengendara yang baru saja mudik dari Kuningan, Jawa Barat, Muslim (42) mengharapkan nantinya akan lebih banyak “rest area” di sepanjang Tol Cipali sehingga dapat menampung pengendara yang ingin beristirahat dan juga dapat mengurai macet.

Ia bersama keluarganya akhirnya memilih Rest Area KM 62 di Tol Cikampek karena rest area di Tol Cipali penuh, bahkan sejumlah pengendara terlihat memarkir kendaraannya di bahu jalan untuk beristirahat sejenak.

“Saran saya, rest area-nya diperbanyak. Yang di Cipali sangat kecil, tidak menampung. Kita sempat masuk di rest area KM 130, tapi karena penuh akhirnya keluar lagi,” ujar pria yang berprofesi sebagai guru SMP itu saat ditemui di Rest Area KM 62, Karawang, Jawa Barat.

Senada dengan Muslim, Kardila (36), pemudik asal Cirebon, juga memilih untuk beristirahat di Rest Area KM 62 Tol Cikampek karena minimnya rest area di Tol Cipali.

“Rest area masih kurang ya. Kalau bisa rest areanya segede ini juga lah. Lebih lengkap dan nyaman,” ujar Kardila.

Saat ini, terdapat total delapan rest area di sepanjang Tol Cipali, yaitu sebanyak empat rest area untuk ruas tol ke arah Timur yaitu di KM 86, KM 102, KM 130, dan KM 166.

Sedangkan empat rest area di ruas tol arah barat yaitu di KM 86, KM 101, KM 130, dan KM 164.

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, juga sempat mengatakan, jumlah rest area di Tol Cipali yang merupakan salah satu rute arus mudik lebaran, sebaiknya memang ditambah untuk menghindari penumpukan di jalan tol akibat antrean masuk ke rest area.

Kendati demikian, kedua pemudik tersebut mengapresiasi pengaturan lalu lintas yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dan pihak kepolisian, yang memberlakukan sistem satu arah (one way) dan juga sistem lawan arus (contraflow) di Tol Cikampek sehingga kemacetan parah saat arus balik dapat diminimalisir.

Namun, walau sudah diberlakukan sistem tersebut, kedua pemudik itu lebih memilih pulang ke Jakarta via tol Cikampek pada Kamis (21/6) pagi, setelah lalu lintas relatif lebih sepi.

“Sebenarnya saya rencana mau balik ke Jakarta tadi malam, tapi karena teman saya yang di travel bilang macet parah, saya milih pulang pagi ini aja,” ujar Kardila.

“Kalau saya, karena sudah pantau dari tv tadi malam macet, baru tadi subuh kami berangkat,” kata Muslim. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...