Kemarau Panjang, Bekasi Tetapkan Status Darurat Kekeringan

CIKARANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Provinsi Jawa Barat menetapkan status siaga darurat kekeringan pada lahan pertanian dan daerah perbatasan di wilayahnya.

“Hal ini sudah terjadi sejak 1 September 2017 hingga sekarang dan sudah merambah pada delapan kecamatan setempat,” kata Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin di Kabupaten Bekasi, Senin (18/9).

Menurut dia delapan kecamatan itu di antaranya Bojongmangu, Cikarang Pusat, Serangbaru, Cikarang Selatan, Muaragembong, Sukatani, Babelan dan Cikarang Timur.

“Untuk itu dalam melakukan antisipasi Pemkab Bekasi menyuplai air bersih yang ditampung dengan menggunakan mobil tangki,” jelasnya.

Menurutnya, pamasokan dilakukan tiga kali dalam satu hari untuk tiap wilayah. Ini adalah cara yang tepat guna mengambil langkah selanjutnya.

“Bantuan tersebut adalah antisipasi dini dan juga memberi pelayanan terhadap kepedulian sosial. Serta sudah selayaknya pemerintah daerah melakukan kegiatan seperti ini,” katanya.

Ia menyatakan pemerintah daerah tidak tinggal diam terkait kondisi tersebut, dan akan mengambil langkah seperti halnya membuat hujan buatan, membangun penampungan air bersih pada setiap kecamatan.

“Upaya semacam ini memang sudah sering dilakukan dan bencana kekeringan sudah sering terjadi tiap musim kemarau di sini,” ungkapnya.

Namun diakuinya belum ada tindakan itu, karena terkait dengan anggarannya.

“Dalam pembangunan itu tidak dapat dilakukan serentak. Pasalnya minimnya anggaran yang ada,” kata Neneng.

Sementara itu, Anggota komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi Nyunarno mengatakan bersama pemerintah daerah akan terus berupaya guna memberikan bantuan air bersih.

“Hal ini juga meminta Dinas Kesehatan dan Sosial Kabupaten Bekasi melakukan pengawalan dengan mendirikan tenda penyelamatan utama,” katanya.

Menurutnya, hal ini memang perlu dilakukan selain menyiagakan tenaga medis, namun juga mobil ambulance agar bila ada masyarakat yang membutuhkan untuk segera melakukan tindakan penyelamatan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER