Belasan Orang Luka-luka Akibat Jembatan Gantung di Ciamis Putus

0
44
Jembatan gantung di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus, Selasa (10/7/2018).

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 15 orang terjatuh ke sungai dari ketinggian 10 meter akibat jembatan gantung di atas sungai Cigerentel di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus pada Selasa (10/7).

Kelima belas warga yang sedang melintas di atas jembatan tersebut, sesaat sebelum putus, langsung dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Cidolog.

Diduga putusnya jembatan gantung tersebut akibat kelebihan beban, saat warga secara bersamaan melintasi jembatan untuk menuju ke tempat hajatan pernikahan.

Jembatan dengan panjang 30 meter, lebar 2 meter, yang terbuat dari bambu yang dihubungkan dengan menggunakan kabel sling tersebut, melintang 10 meter diatas sungai.

Menurut Camat Cidolog, Dedi Sudrajat peristiwa yang terjadi Selasa (10/7) siang, bermula ketika 25 warga yang akan pergi ke hajatan melintasan jembatan tersebut.

“Karena tidak kuat, 15 warga yang jatuh ke sungai, yang lainnya bisa selamat. Yang jatuh langsung ditolong oleh warga setempat, lalu dibawa ke Puskesmas Cidolog. Luka-luka yang dialami korban mulai dari luka sobek di bagian kepala, luka memar sampai ada warga yang mengalami patah tulang. Korban umumnya perempuan dan beberapa anak-anak,” jelas Dedi Sudrajat.

Beruntung kondisi air sungai sedang surut dan tak ada korban yang terbawa arus air sungai.

Jembatan tersebut sudah cukup tua, dibangun sekitar 15 tahun lalu. Perbaikan hanya dilakukan pada bambu yang lapuk atau rusak oleh warga setempat tanpa ada bantuan dari pemerintah.

Jembatan tersebut merupakan penghubung antara Dusun Pabuaran dengan Dusun Ciparay, Desa Ciparay. Juga sebagai penghubung Kecamatan Cidolog dengan Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jembatan gantung di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus, Selasa (10/7/2018).

Akibat kejadian ini, warga saat ini terpaksa memutar jauh untuk menuju Kecamatan Cidolog dan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Warga berharap pemerintah bisa secepatnya memperbaiki jembatan tersebut. (Degum/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...