Belasan Orang Luka-luka Akibat Jembatan Gantung di Ciamis Putus


KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 15 orang terjatuh ke sungai dari ketinggian 10 meter akibat jembatan gantung di atas sungai Cigerentel di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus pada Selasa (10/7).

Kelima belas warga yang sedang melintas di atas jembatan tersebut, sesaat sebelum putus, langsung dilarikan ke Puskesmas Kecamatan Cidolog.

Diduga putusnya jembatan gantung tersebut akibat kelebihan beban, saat warga secara bersamaan melintasi jembatan untuk menuju ke tempat hajatan pernikahan.

Jembatan dengan panjang 30 meter, lebar 2 meter, yang terbuat dari bambu yang dihubungkan dengan menggunakan kabel sling tersebut, melintang 10 meter diatas sungai.

Menurut Camat Cidolog, Dedi Sudrajat peristiwa yang terjadi Selasa (10/7) siang, bermula ketika 25 warga yang akan pergi ke hajatan melintasan jembatan tersebut.

“Karena tidak kuat, 15 warga yang jatuh ke sungai, yang lainnya bisa selamat. Yang jatuh langsung ditolong oleh warga setempat, lalu dibawa ke Puskesmas Cidolog. Luka-luka yang dialami korban mulai dari luka sobek di bagian kepala, luka memar sampai ada warga yang mengalami patah tulang. Korban umumnya perempuan dan beberapa anak-anak,” jelas Dedi Sudrajat.

Beruntung kondisi air sungai sedang surut dan tak ada korban yang terbawa arus air sungai.

Jembatan tersebut sudah cukup tua, dibangun sekitar 15 tahun lalu. Perbaikan hanya dilakukan pada bambu yang lapuk atau rusak oleh warga setempat tanpa ada bantuan dari pemerintah.

Jembatan tersebut merupakan penghubung antara Dusun Pabuaran dengan Dusun Ciparay, Desa Ciparay. Juga sebagai penghubung Kecamatan Cidolog dengan Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Jembatan gantung di Desa Ciparay, Kecamatan Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, putus, Selasa (10/7/2018).

Akibat kejadian ini, warga saat ini terpaksa memutar jauh untuk menuju Kecamatan Cidolog dan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Warga berharap pemerintah bisa secepatnya memperbaiki jembatan tersebut. (Degum/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close