Aparat Gabungan Bentrok dengan Massa Salah Satu Paslon Pilkada

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID – Ratusan pendukung pasangan calon (paslon) memaksa masuk kantor KPUD Banjar, Jawa Barat, namun dihadang tim Gabungan dari Satpol PP kota Banjar serta TNI Kodim 0613 Ciamis dan Polres Kota Banjar.

Bentrok pun akhirnya terjadi. Massa tersebut menuntut penghitungan suara diulang kembali karena diduga ada kecurangan.

Tak lama kemudian massa mampu menembus barikade tim gabungan dan terus merangsek masuk kedalam halaman kantor KPUD. Tim gabungan pun menerjunkan beberapa unit kendaraan taktis jenis water canon, untuk menghalau massa. Kerusakan dan penjarahan pun terjadi dibeberapa toko di Kota Banjar, kepolisian menerjunkan tim khusus untuk menangkap provokator yang membuat kerusuhan.

Tembakan gas air mata dan peluru karet dikeluarkan agar masa takut dan membubarkan diri. Kemudian kepolisian mencari provokator kerusuhan. Hanya butuh waktu beberapa jam kepolisian akhirnya berhasil menggagalkan kerusuhan pilkada kota Banjar. Kepolisian Polres Banjar mengamankan dua provokator.

Peristiwa tadi merupakan kejadian simulasi pengamanan pilkada serentak di Banjar Jawa Barat.

Program ini diselenggarakan bersama Polresta Banjar, Kodim Ciamis, Batalyon 323 Raider dan KPUD Banjar, sebagai bagian antisipasi terjadinya peristiwa serupa.

Dalam pilkada Banjar kali ini, tercatat dua pasangan calon yang terdaftar di KPUD Banjar dengan jadwal pengumuman penetapan pasangan calon Wali Kota beserta Wakil pada tanggal 12 Februari mendatang.

Giat simulasi tersebut disaksikan oleh Kapolres Banjar AKBP Twedi. AB S.Sos, Sik, MH bersama para Muspida dan kedua Pasangan Bakal Calon, Ketua KPU dan Panwaslu Kota Banjar.

“Kegiatan Simulasi Sispam Kota ini dilaksanakan dengan tujuan agar personel yang terlibat pengamanan Pilkada Serentak dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing apabila terjadi chaos,” jelas Twedi.

Kapolres Banjar berharap di Pilkada dan Pilgub tahun ini berjalan aman, nyaman, dan damai. (Degum/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER