Recovery Pendidikan Pasca Bencana, Sekolah Inisiatif Mulai Dibangun

SIGI, SERUJI.CO.ID – Realisasikan program recovery pasca gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, PKPU Human Initiative (PKPU HI) merehabilitasi sekolah terdampak akibat bencana yang terjadi akhir Oktober 2018 lalu itu.

Sekolah pertama yang menjadi tujuan rehabilitasi adalah SD Inpres Jono Oge, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi. Sekolah tersebut merupakan salah satu bangunan yang dampak kerusakannya cukup parah.

Pada Jumat (16/11), peletakan batu pertama pembangunan ulang sekolah tersebut dilakukan. Presiden PKPU HI, Agung Notowiguno, hadir untuk melakukan prosesi peletakan batu pertama bangunan yang disebut “Sekolah Inisiatif” itu.

“Sekolah ini diberi nama ‘Sekolah Inisiatif’. Sekolah sementara ini nantinya akan dapat bertahan bertahun-tahun hingga sekolah permanen selesai dibangun,” ungkap Agung dalam sambutannya.

Sementara itu, salah satu Tim Pendamping Program Sekolah Inisiatif Aldy Surya menerangkan rencana pembangunan ulang sekolah di lokasi tersebut, memang hasil diskusi dan persetujuan dengan Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kab. Sigi dan Kepala SD Inpres Jono Oge yang juga hadir dalam prosesi peletakan batu pertama tersebut.

“Artinya sekolah ini menjadi sasaran yang tepat untuk dibangunkan Sekolah Inisiatif (sementara),” ungkap Aldy.

Aldy juga menerangkan bahwa untuk permulaan jumlah kelas yang akan dibangun sekitar 6 unit di lokasi tersebut. Sementara total Sekolah Inisiatif yang akan dibangun PKPU Human Initiative sekitar 38 unit kelas yang tersebar di beberapa lokasi sekolah terdampak lainnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Inisiatif pasca gempa Sulteng di Sigi, Jumat (16/11/2018).

Meski dalam pelaksanaan program recovery, PKPU Human Initiative juga masih membagikan bantuan makanan berupa paket sembako khususnya kepada keluarga siswa dan guru-guru penerima Sekolah Inisiatif.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian acara tersebut PKPU Human Initiative juga melakukan aksi psikososial kepada 150 siswa yang terkumpul. Pasalnya, sebelum kejadian bencana siswa yang terdaftar sebanyak 275 siswa, menurut keterangan Selvy, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Inpres Jono Oge.

“Apresiasi diberikan kepada PKPU HI yang telah membantu sekolah kami, setelah kami nanti mendapat bantuan sekolah permanen, gedung sekolah inisiatif ini akan terus dapat dimanfaatkan sebagai lab atau aula pertemuan,” ungkap Selvy.

PKPU Human Initiative terus mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi #SolusiPeduli dalam upaya memberikan bantuan, baik pemenuhan kebutuhan makanan maupun program rehabilitasi fisik bangunan, agar Sulawesi Tengah dapat pulih kembali. (PKPU HI/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Soal Publikasi Reuni 212: Kebebasan Pers di Era Media Sosial

Reuni 212 jelas peristiwa besar, jika dilihat banyaknya massa yang berkumpul. Ia juga jelas peristiwa besar jika dilihat dari tertib dan disiplin massa itu. Namun jelas pula Reuni 212 bukan peristiwa netral.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close