Recovery Pendidikan Pasca Bencana, Sekolah Inisiatif Mulai Dibangun


SIGI, SERUJI.CO.ID – Realisasikan program recovery pasca gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah, PKPU Human Initiative (PKPU HI) merehabilitasi sekolah terdampak akibat bencana yang terjadi akhir Oktober 2018 lalu itu.

Sekolah pertama yang menjadi tujuan rehabilitasi adalah SD Inpres Jono Oge, Kec. Sigi Biromaru, Kab. Sigi. Sekolah tersebut merupakan salah satu bangunan yang dampak kerusakannya cukup parah.

Pada Jumat (16/11), peletakan batu pertama pembangunan ulang sekolah tersebut dilakukan. Presiden PKPU HI, Agung Notowiguno, hadir untuk melakukan prosesi peletakan batu pertama bangunan yang disebut “Sekolah Inisiatif” itu.

“Sekolah ini diberi nama ‘Sekolah Inisiatif’. Sekolah sementara ini nantinya akan dapat bertahan bertahun-tahun hingga sekolah permanen selesai dibangun,” ungkap Agung dalam sambutannya.

Sementara itu, salah satu Tim Pendamping Program Sekolah Inisiatif Aldy Surya menerangkan rencana pembangunan ulang sekolah di lokasi tersebut, memang hasil diskusi dan persetujuan dengan Kepala Seksi Dinas Pendidikan Kab. Sigi dan Kepala SD Inpres Jono Oge yang juga hadir dalam prosesi peletakan batu pertama tersebut.

“Artinya sekolah ini menjadi sasaran yang tepat untuk dibangunkan Sekolah Inisiatif (sementara),” ungkap Aldy.

Aldy juga menerangkan bahwa untuk permulaan jumlah kelas yang akan dibangun sekitar 6 unit di lokasi tersebut. Sementara total Sekolah Inisiatif yang akan dibangun PKPU Human Initiative sekitar 38 unit kelas yang tersebar di beberapa lokasi sekolah terdampak lainnya.

Peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Inisiatif pasca gempa Sulteng di Sigi, Jumat (16/11/2018).

Meski dalam pelaksanaan program recovery, PKPU Human Initiative juga masih membagikan bantuan makanan berupa paket sembako khususnya kepada keluarga siswa dan guru-guru penerima Sekolah Inisiatif.

Tidak hanya itu, dalam rangkaian acara tersebut PKPU Human Initiative juga melakukan aksi psikososial kepada 150 siswa yang terkumpul. Pasalnya, sebelum kejadian bencana siswa yang terdaftar sebanyak 275 siswa, menurut keterangan Selvy, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Inpres Jono Oge.

“Apresiasi diberikan kepada PKPU HI yang telah membantu sekolah kami, setelah kami nanti mendapat bantuan sekolah permanen, gedung sekolah inisiatif ini akan terus dapat dimanfaatkan sebagai lab atau aula pertemuan,” ungkap Selvy.

PKPU Human Initiative terus mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi #SolusiPeduli dalam upaya memberikan bantuan, baik pemenuhan kebutuhan makanan maupun program rehabilitasi fisik bangunan, agar Sulawesi Tengah dapat pulih kembali. (PKPU HI/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pemimpin Belum Lulus

Penegakan Hukum Yang Kaya Kezaliman dan Miskin Rasa Keadilan

Bercermin kepada praktek penegakan hukum di Indonesia beberapa tahun tarakhir, khususnya di era Rezim Pemerintahan saat ini, tentunya kita melihat banyaknya praktek-praktek penanganan kasus hukum yang masih jauh dari apa yang diharapkan.

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

close