PSM Makassar

PSM Makassar Taklukkan Madura United 6-1

Swiss Pastikan Lolos ke Piala Dunia 2018

Pemkot: Data Statistik BPS Penting untuk Perencanaan Pembangunan

0
28
BPS, Badan Pusat Statistik
kantor BPS (Foto: Istimewa)

TOMOHON, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Sulawesi Utara Harold V Lolowang mengatakan data Badan Pusat Statistik (BPS) penting untuk merencanakan pembangunan perkotaan.

“Ekspos data yang dilakukan BPS memotret sisi sosial dan perekonomian kota. Ini penting karena data yang dihasilkan akan digunakan dalam perencanaan pembangunan,” kata Lolowang di Tomohon, Jumat (29/9).

Ia pun mengajak semua jajaran Pemerintah Kota Tomohon berkoordinasi dan bekerja sama menghasilkan data yang berkualitas sehingga perencanaan pembangunan dapat disusun dengan tepat sesuai dengan kenyataan yang ada.

“Kami optimistis dengan data akurat akan ikut memberikan dukungan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Asisten bidang administrasi umum periode sebelumnya itu menambahkan bahwa peran BPS penting karena data statistik merupakan rujukan dan pedoman pemerintah memformulasikan kebijakan.

Selain itu, data yang dihasilkan ikut membantu merencanakan pembangunan nasional, sektoral, maupun regional.

“Data yang dihasilkan BPS akan menjadi rujukan melakukan evaluasi, baik itu kebijakan, rencana, program, maupun anggaran yang kita keluarkan,” ujarnya.

Lolowang meyakini data BPS yang memotret sisi sosial dan perkonomian kota berguna untuk telaah sejauh mana pembangunan selama ini.

“Mana yang sudah tepat dan baik, kita pertahankan. Sebaliknya, mana yang masih kurang harus dikoreksi atau diperbaiki,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tema peringatan Hari Statistik Nasional 2017 adalah “Kerja Bersama dengan Data”. Hal ini bermakna bahwa dalam menghasilkan data membutuhkan kerja sama dan saling mengoreksi.

Data statistik, kata dia, bukan hanya data yang ada di BPS. Data statistik ada juga di setiap instansi dan perusahaan. Data-data itu harus dihasilkan dengan akurat, tepat, dan mengedepankan kekinian.

“Ketika data-data ini dikumpulkan, tentu akan bermanfaat bagi banyak sektor,” katanya. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...
Pembagian kartu e-tol

Dibuka Awal 2018, Tol Soker Hanya Layani Transaksi Non Tunai

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tol Solo-Kertosono (Soker) mulai dioperasikan pada Januari 2018. Sistem pembayaran tol sepenuhnya akan dilakukan secara nontunai atau menggunakan kartu e-toll. Pembayaran dengan...

KANAL WARGA TERBARU

1

Suami yang Bertanggungjawab

Suami yang Bertanggungjawab Sore itu, saya sedang nemeni anak bermain sambil baca-baca SERUJI . Terdengar suara motor memasuki halaman rumah, sesaat kemudian  seorang bapak-bapak  bicara...
20171119_103818

Empat Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4....
Posyandu

Masuk 10 Besar Kabupaten, Posyandu Dewi Asih Jalani Penilaian Lomba

KLATEN, SERUJI.CO.ID - Posyandu Dewi Asih, Desa Dukuh, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, pada Rabu (25/10), menjalani penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Tim penilai bukan hanya...