Pemkot: Data Statistik BPS Penting untuk Perencanaan Pembangunan

0
140
BPS, Badan Pusat Statistik
kantor BPS (Foto: Istimewa)

TOMOHON, SERUJI.CO.ID – Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Sulawesi Utara Harold V Lolowang mengatakan data Badan Pusat Statistik (BPS) penting untuk merencanakan pembangunan perkotaan.

“Ekspos data yang dilakukan BPS memotret sisi sosial dan perekonomian kota. Ini penting karena data yang dihasilkan akan digunakan dalam perencanaan pembangunan,” kata Lolowang di Tomohon, Jumat (29/9).

Ia pun mengajak semua jajaran Pemerintah Kota Tomohon berkoordinasi dan bekerja sama menghasilkan data yang berkualitas sehingga perencanaan pembangunan dapat disusun dengan tepat sesuai dengan kenyataan yang ada.

“Kami optimistis dengan data akurat akan ikut memberikan dukungan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Asisten bidang administrasi umum periode sebelumnya itu menambahkan bahwa peran BPS penting karena data statistik merupakan rujukan dan pedoman pemerintah memformulasikan kebijakan.

Selain itu, data yang dihasilkan ikut membantu merencanakan pembangunan nasional, sektoral, maupun regional.

“Data yang dihasilkan BPS akan menjadi rujukan melakukan evaluasi, baik itu kebijakan, rencana, program, maupun anggaran yang kita keluarkan,” ujarnya.

Lolowang meyakini data BPS yang memotret sisi sosial dan perkonomian kota berguna untuk telaah sejauh mana pembangunan selama ini.

“Mana yang sudah tepat dan baik, kita pertahankan. Sebaliknya, mana yang masih kurang harus dikoreksi atau diperbaiki,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tema peringatan Hari Statistik Nasional 2017 adalah “Kerja Bersama dengan Data”. Hal ini bermakna bahwa dalam menghasilkan data membutuhkan kerja sama dan saling mengoreksi.

Data statistik, kata dia, bukan hanya data yang ada di BPS. Data statistik ada juga di setiap instansi dan perusahaan. Data-data itu harus dihasilkan dengan akurat, tepat, dan mengedepankan kekinian.

“Ketika data-data ini dikumpulkan, tentu akan bermanfaat bagi banyak sektor,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Prancis juara piala dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018, Setelah Tundukkan Kroasia 4-2

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis menang 4-2 atas Kroasia pada final Piala Dunia di Stadion Luzhniki Moskow pada Ahad (15/7), untuk membuat mereka mengangkat trofi...

Final Piala Dunia 2018, Prancis Unggul 2-1 Atas Kroasia di Babak Pertama

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Prancis memimpin 2-1 atas Kroasia pada babak pertama final Piala Dunia, setelah tersaji 45 menit pertama yang berlangsung menarik di Stadion Luzhniki,...

Ribuan Warga Kota Langsa Nobar Final Piala Dunia

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID – Ribuan Warga Kota Langsa Nonton Bareng (Nobar) final piala dunia yang digelar oleh Pemerintah Kota Langsa di Lapangan Merdeka Kota...

Pencuri Spesialis Angkutan Daring Berhasil Ditangkap Polisi

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resort Kuantan Singingi, Provinsi Riau berhasil menangkap buronan bandit pencurian disertai kekerasan spesialis angkutan daring yang beraksi di jalan lintas...
mahkamah konstitusi

Terdapat 67 Permohonan Sengketa Pilkada Yang Diterima MK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Mahkamah Konstitusi (MK) mencatat sebanyak 67 permohonan Penyelesaian Hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 telah terdaftar pada Ahad (15/7) malam,...