Hama Serang Tanaman di Sikka, Buah Kakao Membusuk

0
93
Buah Kakao diserang hama
Buah Kakao yang membusuk akibat serangan hama di Sikka (Foto: Habibudin/SERUJI)    

SIKKA, SERUJI.CO.ID – Hama kembali menyerang tanaman di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang menyebabkan sebagian tanaman kakao milik petani membusuk, dan hingga saat ini belum dapat diatasi oleh petani maupun pemerintah daerah.

“Serangan hama itu banyak menyerang tanaman kakao milik petani di tiga kecamatan di Sikka. Ini sudah hampir lima tahun tapi sampai saat ini belum bisa diatasi, kakao pun banyak membusuk pada buahnya,” kata petani kakao Dominikus Valen di Kecamatan Mapitara, Kabupaten Sikka ketika dikonfirmasi, Kamis (7/12).

Dijelaskannya, tanaman kakao yang menyerang tiga kecamatan yakni, Kecamatan Mapitara, Doreng dan Hewoklo.

Menurut dia, bila dilihat tanaman kakao yang diserang hama umumnya buah yang sedang berkembang, buahnya mengering dan membusuk di pohon sebelum matang.

“Akibat serangan hama yang menyebabkan tanaman kakao membusuk, banyak petani yang mengeluh dan putus asa sehingga menebang pohon kakao, dan menggantikannya dengan tanaman lain,” ungkapnya.

Senada dengan petani kakao Kecamatan Hewoklo, Jumaidin mengaku, dalam beberapa tahun terakhir ini tanaman kakao milik petani banyak terserang hama akibatnya tiga kecamatan itu tidak dapat berproduksi lagi karena buah kakao yang awalnya bagus lama kelamaan membusuk.

“Jadi kejadian ini sudah berulang kali. Kami juga sudah melakukan peremajaan dengan pendampingan dari pihak Dinas Pertanian melalui penyemprotan obat hama, namun tetap saja hama menyerang,” terangnya.

Dia menuturkan, kejadian yang merugikan petani kakao di tiga kecamatan itu diharapkan ada upaya dari pemerintah setempat untuk melakukan antisipasi pencegahan dan pembasmian hama yang menyerang tanaman kakao di Kabupaten Sikka. (Habibudin/SU02)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama