Gubernur BI: Wakatobi Harus Jadi Inspirasi Pembangunan Kepariwisataan di Sulawesi

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjio menegaskan Wakatobi ‘yang kini ditetapkan sebagai salah satu dari 10 ‘Bali Baru’ di tanah air harus menjadi inspirasi pembangunan kawasan wisata bahari di daerah Sulawesi.

Oleh karena itu, Perry berharap Wakatobi yang saat ini sedang gencar gencarnya membangun berbagai sarana infrastruktur, keberadaannya dijaga dan dirawat semua pihak, agar pesona Wakatobi akan terus abadi sehingga bisa menjadi kebanggaan generasi mendatang.

Alhamdulilah saya sudah menikmati pesona alam Wakatobi. Saya juga sudah menyaksikan secara langsung pesona bawah laut Wakatobi, dan karena pesonanya yang luar biasa itu saya kembali liburan di Wakatobi. Puas, betul betul puas…,” ujar Perry Warjio kepada SERUJI di Bandara Halu Oleo, Kendari, Ahad (7/4).

Manfaat Ditetapkannya Wakatobi Sebagai “Bali Baru” Diantaranya Pengembangan Potensi Usaha

Salah satu pesona alam wisata pantai di Kapota, Wakatobi yang membuat Gubernur Bank Indonesia takjub melihat daerah ini. (Foto: AH/Seruji)

Menurut Gubernur Bank Indonesia — yang baru menuntaskan libur pendeknya dengan menyelami pesona bawah laut Pulau Hoga Wakaatobi — salah satu manfaat yang bisa dinikmati masyarakat Sulawesi Tenggara dengan penetapan Wakatobi sebagai salah satu ‘Bali Baru’ adalah bagaimana masyarakat industri pariwisata bisa memberdayakan potensi usaha yang ada.

Penetapan Wakatobi sebagai destinasi wisata unggulan, kata Perry Warjio, membutuhkan banyak usaha home industri, kuliner, cinderamata, sampai sarana transportasi ke lokasi wisata dan banyak turunan usaha kepariwisataan lainnya, termasuk perbankan.

Bank Akan Dukung Pengembangan Usaha Pariwisata di Wakatobi

bank
Perbankan. (ilustrasi)

Untuk semua itu, lanjut Perry, pemerintah akan memfasilitasi masyarakat yang berminat mengembangkan usaha industri kepariwisataan. Pihak bank juga akan mendukung dengan memberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat bidang kepariwisataan.

“Usaha semacam itu sudah dijalankan banyak warga penerima KUR Pariwisata di Belitung, di Nusa Tenggara Barat, di Banten dan daerah lain yang kebetulah daerahnya ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata unggulan atau yang populer disebuf ‘Bali Baru’,” ujar Perry.

Inilah 10 Destinasi Wisata Yang Ditetapkan Jadi “Bali Baru”

Perairan Wakatobi.

Dalam catatan SERUJI, ada 10 kawasan wisata di tanah air yang ditetapkan Pemerintah menjadi 10 ‘Bali Baru’, yakni; Danau Toba di Sumatera Utara, kawasan wisata Tanjung Kelayang Belitung, kawasan wisata Tanjung Lesung Banten, kawasan wisata Pulau Seribu Jakarta, kawasan wisata Borobudur Jateng.

Kawasan wisata Bromo Tengger Jatim, kawasan wisata Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat, kawasan wisata Komodo dan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, kawasan wisata Morotai di Maluku Utara dan kawasan wisata Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi