Gubernur BI: Wakatobi Harus Jadi Inspirasi Pembangunan Kepariwisataan di Sulawesi

KENDARI, SERUJI.CO.ID – Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjio menegaskan Wakatobi ‘yang kini ditetapkan sebagai salah satu dari 10 ‘Bali Baru’ di tanah air harus menjadi inspirasi pembangunan kawasan wisata bahari di daerah Sulawesi.

Oleh karena itu, Perry berharap Wakatobi yang saat ini sedang gencar gencarnya membangun berbagai sarana infrastruktur, keberadaannya dijaga dan dirawat semua pihak, agar pesona Wakatobi akan terus abadi sehingga bisa menjadi kebanggaan generasi mendatang.

Alhamdulilah saya sudah menikmati pesona alam Wakatobi. Saya juga sudah menyaksikan secara langsung pesona bawah laut Wakatobi, dan karena pesonanya yang luar biasa itu saya kembali liburan di Wakatobi. Puas, betul betul puas…,” ujar Perry Warjio kepada SERUJI di Bandara Halu Oleo, Kendari, Ahad (7/4).

Manfaat Ditetapkannya Wakatobi Sebagai “Bali Baru” Diantaranya Pengembangan Potensi Usaha

Salah satu pesona alam wisata pantai di Kapota, Wakatobi yang membuat Gubernur Bank Indonesia takjub melihat daerah ini. (Foto: AH/Seruji)

Menurut Gubernur Bank Indonesia — yang baru menuntaskan libur pendeknya dengan menyelami pesona bawah laut Pulau Hoga Wakaatobi — salah satu manfaat yang bisa dinikmati masyarakat Sulawesi Tenggara dengan penetapan Wakatobi sebagai salah satu ‘Bali Baru’ adalah bagaimana masyarakat industri pariwisata bisa memberdayakan potensi usaha yang ada.

Penetapan Wakatobi sebagai destinasi wisata unggulan, kata Perry Warjio, membutuhkan banyak usaha home industri, kuliner, cinderamata, sampai sarana transportasi ke lokasi wisata dan banyak turunan usaha kepariwisataan lainnya, termasuk perbankan.

Bank Akan Dukung Pengembangan Usaha Pariwisata di Wakatobi

bank
Perbankan. (ilustrasi)

Untuk semua itu, lanjut Perry, pemerintah akan memfasilitasi masyarakat yang berminat mengembangkan usaha industri kepariwisataan. Pihak bank juga akan mendukung dengan memberikan bantuan Kredit Usaha Rakyat bidang kepariwisataan.

“Usaha semacam itu sudah dijalankan banyak warga penerima KUR Pariwisata di Belitung, di Nusa Tenggara Barat, di Banten dan daerah lain yang kebetulah daerahnya ditetapkan pemerintah sebagai destinasi wisata unggulan atau yang populer disebuf ‘Bali Baru’,” ujar Perry.

Inilah 10 Destinasi Wisata Yang Ditetapkan Jadi “Bali Baru”

Perairan Wakatobi.

Dalam catatan SERUJI, ada 10 kawasan wisata di tanah air yang ditetapkan Pemerintah menjadi 10 ‘Bali Baru’, yakni; Danau Toba di Sumatera Utara, kawasan wisata Tanjung Kelayang Belitung, kawasan wisata Tanjung Lesung Banten, kawasan wisata Pulau Seribu Jakarta, kawasan wisata Borobudur Jateng.

Kawasan wisata Bromo Tengger Jatim, kawasan wisata Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat, kawasan wisata Komodo dan Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, kawasan wisata Morotai di Maluku Utara dan kawasan wisata Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Inilah Tanda Bayi Terkena Penyakit Demam Berdarah

Kenali Demam Berdarah, waspada terhadap anak anda