Lurah Duren Sawit Prakarsai Dibentuknya Konsorsium Dewan Kemakmuran Masjid

0
320
Pengurus DKM se-Duren Sawit berkumpul di Masjid Jami Baiturrahman, Selasa, 10/10/2017. (Foto:Gzl/SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Lurah Duren Sawit, Didik Diarjo, mendorong penuh upaya pembentukan ‘Konsorsium Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Duren Sawit’ yang akan menjadi forum kerjasama antar warga Muslim di Kelurahan Duren Sawit.

Bertempat di Aula Ar-Rahman Masjid Jami Baiturrahman Duren Sawit, Lurah muda yang masih lajang itu mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh pengurus DKM.

“Kelurahan Duren Sawit adalah salah satu kelurahan terbesar di Jakarta Timur dengan sekitar 60,000 warga. Di sini terdapat 26 masjid, dan puluhan musholla,” jelas Didik, Selasa (10/10) malam.

M Noor Aman, salah satu penggagas ‘Konsorsium Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Duren Sawit’ menjelaskan terkait didirikannya konsorsium tersebut.

Lurah Duren Sawit, Didik Diarjo, (kiri) didampingi ketua Yayasan Baiturrahman Duren Sawit, M Noor Aman. (foto:Gzl/SERUJI)

“Konsorsium DKM ini menjadi forum komunikasi antara pemerintah daerah diwakili Lurah dan jajarannya sampai ke tingkat RT/RW sebagai kaum umara/pemimpin, para cendekiawan dan tokoh masyarakat sebagai kaum ulama, dan para dermawan atau donatur sebagai kaum aghniya,” jelas Noor Aman.

Lebih lanjut Noor Aman menjelaskan bahwa konsorsium DKM akan mendorong upaya-upaya kebersamaan umat muslim di kelurahan Duren Sawit baik dari kegiatan peribadatan maupun kegiatan pemberdayaan ekonomi, dan tidak menutup kemungkinan nantinya akan berkembang ke cakupan yang lebih luas yaitu Kecamatan.

Acara malam itu dihadiri oleh perwakilan dari 13 DKM se-Duren Sawit dan beberapa ketua RT/RW yang berada di kelurahan tersebut.

Sebagai tindak lanjut pembentukan konsorsium ini, telah dibentuk sebuah formatur yang terdiri atas 9 orang ketua DKM untuk menentukan struktur organisasi.

Jalinan kerjasama antar-DKM dalam bidang peribadatan telah dimulai dengan kegiatan sholat subuh berjamaah gabungan di Masjid Jami’ Baiturrahman 2 pekan lalu (30/9), yang dihadiri sekitar 400 jamaah se-kelurahan. Sholat subuh berjamaah gabungan ini rencananya akan dilakukan tiap 2 pekan dan bergantian di seluruh masjid di wilayah Duren Sawit.

Dari segi perekonomian rakyat, beberapa perwakilan DKM telah menyepakati pembentukan suatu komunitas syariah yang nantinya menjadi penggerak ekonomi. Komunitas ini dapat mencantol ke koperasi syariah ber-skala nasional, seperti Koperasi Syariah 212 (KS212) yang sudah berjalan. Dari situ dapat dibentuk badan hukum untuk pembukaan gerai gerai retail.

“Gubernur baru terpilih Anies-Sandi sangat peduli terhadap ekonomi kerakyatan, jadi saya menyarankan, apabila ide ini dapat terwujud, gerai-gerai tersebut dapat mewadahi hasil-hasil lokal kerakyatan yang  khas di Duren Sawit seperti dodol Betawi, sagon dan lainnya,” usul Lurah, yang disambut dengan anggukan para hadirin. (Gzl/Hrn)

Komentar

BACA JUGA

Disdik Jateng Fasilitasi Pindah Sekolah Siswa Yang Dikeluarkan SMAN 1 Semarang

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah memfasilitasi dua siswa yang dikeluarkan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang untuk melanjutkan pendidikan di SMA...

Terkait Siswa Yang Dikeluarkan, Disdik Anggap SMAN 1 Semarang Sesuai Prosedur

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan langkah yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dengan mengeluarkan dua siswanya sudah sesuai prosedur. "Setiap...

Berikut Kronologi dari Orang Tua Yang Anaknya Dipaksa Mundur dari Sekolah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dikeluarkan dari sekolah karena tuduhan menganiaya junior saat pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan. "Kebetulan,...

Dikeluarkan dari Sekolah Karena Diduga Aniaya Adik Kelas, Siswa Ini Mengadu ke Ombudsman

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Siswa SMAN I Kota Semarang yang dikeluarkan dari sekolah atas dugaan penganiayaan terhadap adik kelasnya akan mengadu...
Orang tenggelam

Terjatuh di Sungai Dekat Kampus, 2 Mahasiswa IPB Tewas Tenggelam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, meninggal dunia akibat tenggelam di aliran sungai yang berada di lingkungan kampus, Ahad...
loading...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...