Hadirkan Republika, GMKM Banten Adakan Pelatihan Jurnalistik

SERPONG – Menghadirkan narasumber dari harian Republika, Gerakan Muslim Kuasai Media (GMKM) mengadakan pelatihan Jurnalistik di Wisma Tamu Puspitek Serpong, Kota Tangerang. Diantara narasumber dalam pelatihan yang diadakan dari Sabtu (25/2) sampai Ahad (26/2) tersebut adalah redaktur pelaksana Republika, Subroto Kardjo.

Acara yang bertemakan “Menjadikan Seruji Sarang Jurnalis Andal dan Amanah” adalah bagian dari agenda SERUJI.CO.ID -sebuah portal dari GMKM yang dikelola Koperasi (pers) Swamedia Mitra Bangsa (SMB), untuk mencari bibit-bibit jurnalis yang handal.

“Diharapkan nantinya alumni pelatihan ini bisa menjadi jurnalis yang bisa menangkal ketika ada media-media yang menyudutkan Islam,” ucap Haerul Umam ketua pelaksana Pelatihan,

Umam menambahkan bahwa diadakannya acara tersebut juga didasari oleh rasa keprihatinan terhadap berita-berita yang ada mengenai Islam.

“Di media, Islam hampir tidak punya tempat untuk bersuara, Islam saat ini selalu tersudut oleh opini-opini yang beredar melalu media. Diharapkan nantinya alumni perserta pelatihan jurnalistik ini bisa membantu hadirnya media yang mendukung gerakan umat Islam,” tambahnya.

Salah satu peserta pelatihan Endang (39) dari Serikat Pekerja Nasional (SPN) mengatakan bahwa pelatihan tersebut sangat membuka wawasan perihal bagaimana seorang jurnalis dan media bekerja.

Peserta sedang menyimak materi pelatihan

“Acaranya menarik, cukup membuat saya paham bagaimana seharusnya seorang jurnalis dan media bekerja menghadirkan berita yang harus sesuai fakta dilapangan,” ungkapnya.

Pelatihan jurnalistik tersebut terbagi dua sesi. Sesi pertama peserta akan diberikan berbagai macam materi jurnalistik, dan sesi kedua peserta akan diajak langsung praktek dilapangan bagaimana cara membuat berita.

REPORTER: Adi Fikri Humaidi
EDITOR: Harun S

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER