Pemkab Sumba Barat Himbau Budaya Potong Hewan Dibatasi

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) menghimbau kepada masyarakat Sumba Barat dalam melakukan acara pernikahan atau kematian membatasi pemotongan hewan.

Pemotongan hewan bagi masyarakat Sumba Barat adalah budaya dalam melaksanakan acara adat atau ritual namun budaya itu dihimbau agar dapat dibatasi.

“Kita lihat saja kalau ada acara pernikahan atau kematian pasti banyak hewan yang di potong, itu artinya tradisi untuk memberikan makanan kepada tamu yang datang sebagai penghormatan pihak keluarga,” kata Umbu Yammi, Bagian Humas Kabupaten Sumba Barat ketika ditemui, Senin (16/10).

Bupati Sumba Barat, Agustinus Niga Dapawole menuturkan, budaya pemotongan hewan bagi masyarakat Sumba Barat setiap mengadakan acara adat sangat memprihatinkan, sebab hewan yang dipotong tidak ada batasannya.

“Pembatasan pemotongan hewan ini kami sudah pernah terapkan dan mensosialisasikan dan tahun ini juga kami terus menghimbau agar pemotongan hewan dapat dibatasi,” tandasnya.

Niga mengatakan pihaknya selalu menghimbau kepada masyarakat Sumba Barat agar pemotongan hewan dapat dibatasi jika ingin hidup hemat.

“Jadi kalau kita ingin hidup hemat, mari kita batasipemotongan hewan saat acara adat, tidak perlu berlebihan,” pungkasnya. (Habibudin/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER