Kapolda NTT Ingatkan Potensi Konflik Dalam Pilkada 2018

KUPANG, SERUJI.CO.ID – Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Agung Sabar Santoso mengatakan potensi konflik menjelang dan saat hari “H” Pilgub NTT dan pilkada di sejumlah daerah setempat pasti ada, namun aparat keamanan sudah mengantisipasi.

“Kalau bicara soal potensi konflik pasti ada jelang dan saat pilgub dan pilkada nanti, tetapi kita optimis bahwa semaunya akan aman-aman saja,” katanya di Kupang, Selasa (17/10).

Pilkada 2018 di NTT akan diikuti oleh 10 kabupaten di provinsi berbasis kepulauan itu, yakni Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Sikka, Alor, Ende, Manggarai Timur, Nagekeo, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Rote Ndao.

Disamping itu, pada 2018 juga NTT akan mengelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur sehingga menurut Kapolda Agung, berbagai antisipasi sudah dilaksanakan.

“Sejumlah personel sudah kita siapkan tinggal menunggu untuk mengelar pasukan saja,” katanya.

Jenderal polisi berbintang dua tersebut mengatakan jumlah pasukan sudah pasti akan dua per tiga dari total jumlah pasukan yang ada.

Untuk mencegah terjadinya konflik menjelang dan saat pilkada, ia memerintahkan semua kapolres dan kapolsek untuk bersosialisasi dengan masyarakat.

Mereka diperintahkan untuk memberikan pengertian kepada masyarakat terkait dengan usaha menjaga keamanan bersama.

Sejumlah tokoh seperti, tokoh masyarakat, tokoh adat, politik, pemuda, katanya, harus dirangkul sehingga memudahkan pihak kepolisian dalam menjaga keamanan menjelang dan saat pilkada nanti.

“Hal ini bertujuan untuk mengeliminir potensi konflik yang akan terjadi saat pilkada nanti,” kata mantan Kapolda Sulawesi Tenggara itu.

Ia berharap setiap pendukung bakal calon pasangan kepala daerah bisa turut menjaga situasi yang kondusif di NTT, khususnya 10 kabupaten penyelenggara pilkada serta di Kota Kupang yang akan diselenggarakan pilgub. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Terima Kasih Ahok!

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy