MENU

DPR Minta Polisi Ungkap Dalang Pengedar Pil PCC

JAKARTA – Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati menginginkan pemerintah dengan melalui kepolisian dapat mengungkap siapa dalang yang menjadi pengedar obat Paracetamol Caffein Carisoprodol (PCC) agar korban tidak lagi berjatuhan ke depannya.

“Ini bukan peristiwa biasa, karena merujuk banyaknya korban yang berjatuhan dalam waktu yang hampir bersamaan,” kata Okky Asokawati dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/9).

Menurut dia, dalam kasus itu tampak “mandul”-nya peran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam mengawasi peredaran obat-obatan di tengah masyarakat.

Politisi PPP itu juga menyesalkan BPOM tidak memiliki uji klinis atas obat yang beredar dan cenderung hanya melakukan pengecekan dokumen saja.

“Tradisi seperti ini harus diubah. Peran BPOM harus dipastikan hadir mulai dari hulu produksi obat hingga hilir ke konsumen,” tegasnya.

Okky juga menginginkan mekanisme Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) yang disusun oleh BPOM mestinya tidak hanya berlaku di atas kertas tetapi benar-benar dipastikan penerapannya di lapangan.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto juga menyatakan, BPOM harus bekerja lebih keras agar tidak kecolongan lagi terkait dengan kasus peredaran obat seperti PCC.

Sebagaimana diberitakan, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K Lukito menduga penyebaran produk tablet yang berlabel PCC di Kendari merupakan bentuk perlawanan mafia pengedar obat-obatan atas program yang sedang digalakan BPOM.

Ingin mengabarkan peristiwa atau menulis opini? Silahkan tulis di kanal WARGA SERUJI dengan klik link ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BERITA TERBARU

TERPOPULER