Bagi-bagi Sertifikat Tanah, Fahri: Jokowi Ambil Alih Pekerjaan Lurah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah mengkritik aksi Presiden Jokowi yang melakukan seremoni bagi-bagi Sertifikat Tanah kepada masyarakat secara langsung.

Menurut Fahri, kegiatan pembagian Sertifikat Tanah itu adalah pekerjaan pelayanan publik yang seharusnya dilakukan oleh lurah, kepala desa, camat atau maksimal kepala daerah.

“Presiden itu kerjaannya politik untuk mengurangi monopoli kepemilikan tanah oleh kapitalis,” kata Fahri lewat akun Twitternya @Fahrihamzah, Kamis (22/3).

Diungkapkan juga oleh Fahri, bahwa kepemilikan tanah di Indonesia menyimpang, dimana 1 persen orang kaya Indonesia, menguasai 80 persen tanah.

“Kepitalis semakin merajalela menguasai tanah, termasuk tanah ulayat,” ungkap Fahri.

Dengan kebiasaan Jokowi membagikan sertifikat, alih-alih memperhatikan ketimpangan penguasaan tanah, Fahri melihat Presiden malah mengambil alih pekerjaan lurah.

“Pekerjaan lurah dan Pemda diambil Presiden, dan pekerjaan Presiden diambil kapitalis,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi kerap dalam berbagai kunjungannya ke daerah membagi-bagikan Sertifikat Kepemilikan Tanah kepada rakyat. Pembagian Sertifikat ini dikatakan adalah salah satu program Nawacita terkait reformasi agraria. Tahun 2018 ini Pemerintah mentargetkan 7 juta Sertifikat Tanah milik rakyat bisa dibagikan.

(ARif R/Hrn)

11 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengkritisi Strategi Anti-Korupsi Para Capres

Debat capres putaran pertama telah usai. Terlepas paslon mana yang akan keluar sebagai juara dan berhak memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan, tulisan ini ingin mengkritisi ide dan gagasan para paslon seputar pemberantasan korupsi.

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy