Terkait Rangkap Jabatan Airlangga, Pengamat: Dimaklumi Jokowi Suka Ingkar Janji

60
722
Presiden Jokowi (kanan) dan Luhut Binsar Panjaitan (kiri)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Pengamat politik dari Network for South East Asian Studies (NSEAS) Muchtar Effendi Harahap mengatakan bahwa belum jelasnya sikap Presiden Jokowi terkait rangkap jabatan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang juga Ketua Umum Partai Golkar, merupakan kebiasaan Jokowi yang sering ingkar janji.

“Kalau melihat perkembangan sejarahnya memimpin negara, mencopot Pak Airlangga menjadi tidak harus, karena kebanyakan janji lisan dia ingkari. Kecuali, kalau janjinya itu mengikat secara hukum, maka pasti dia laksanakan. Karena seringnya Pak Jokowi ingkar janji, jadi tidak harus lagi dicopot, sudah harus dimaklumi,” ujar Muchtar kepada media, di Jakarta, Sabtu (12/1).

Menurut Muchtar janji yang pernah diucapkan Jokowi saat awal menjabat Presiden tersebut hanya lisan saja, tidak tercantum dalam Nawacita.

“Itu kan janji lisan dan bukan tertulis, tidak ada dalam Nawacita. Meski secara lisan memang Pak Jokowi menyebut tidak akan membuat kabinet gemuk, dan tidak memperbolehkan ada menteri yang rangkap jabatan di parpol. Tapi ini kan janji dia secara lisan,” ujarnya.

Oleh karena itulah, menurut Muchtar, menjadi tidak mengherankan lagi jika Jokowi mengingkari janjinya dengan tidak mencopot Airlangga Hartarto yang rangkap jabatan.

Muchtar menjelaskan, alasan pemakluman kepada Jokowi karena hampir semua janji kampanyenya pun diingkari. Sehingga hal itu, seolah bukan menjadi masalah lagi.

“Kalau dari awal Jokowi menepati janjinya, pasti tidak akan ada masalah politik terkait ini,” jelasnya.

Selain itu, lanjut Muchtar, Jokowi tidak menepati janji khusus untuk Airlangga, karena memang Jokowi berkepentingan kepada Airlangga.

“Jadi wajar Pak Airlangga tetap dipertahankan sebagai Menteri dan sebagai Ketum Golkar. Karena Golkar bukan partainya, sehingga perlu bagi Jokowi untuk mengendalikan Golkar, untuk mendukung semua kebijakannya mendatang, maupun yang sedang berlangsung,” tukasnya. (ARif R/Hrn)

loading...

60 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Wakapolres Labuhanbatu Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Upaya pencarian Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra di perairan Sei Berombang, Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, membuahkan hasil. Namun tim gabungan...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pembawa 20 Kilogram Ganja

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat polisi Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus tersangka pembawa 20 kilogram ganja dari Aceh dengan tujuan hendak dipasarkan di Kota...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pelaku Pembawa Bungkusan Berisi Sabu-Sabu

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat satuan Kepolisian Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus dan mengamankan tersangka yang kedapatan membawa satu bungkusan besar sabu-sabu dari dalam bus...

BI Nilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik. "Domestik baik, didukung investasi dalam...

Polres Lebak Jamin Bebas Miras dan Narkoba

LEBAK, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Lebak menjamin bebas dari minuman keras dan peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang atau narkoba di daerah itu dengan mengoptimalkan...