Percepat Pengentasan Kemiskinan, Pemerintah Akan Tarik Zakat 2,5% dari ASN

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Untuk pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi di Indonesia, Presiden Jokowi meminta dilakukannya reformasi pengelolaan zakat dan wakaf sehingga mendukung program pengentasan kemiskinan serta mengurangi ketimpangan.

Hal itu disampaikan Presiden saat menyampaikan sambutan dalam Rapat Pleno Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin (5/2).

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro usai Rapat Pleno tersebut mengatakan pengelolaan dana sosial seperti wakaf dan zakat, digunakan untuk mengurangi kemiskinan di masyarakat dengan memberikan bantuan modal usaha melalui bank wakaf mikro di sejumlah pesantren.

“Zakat juga akan diarahkan untuk langsung ikut menanggulangi masalah kemiskinan di Indonesia,” kata Bambang yang menjelaskan pengumpulan zakat akan lebih diintensifkan.

Sementara itu, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan rencana pemerintah mengumpulkan zakat dari pendapatan Aparatur Sipil Negara(ASN) sebesar 2,5 persen tanpa paksaan.

Menag mengatakan Pemerintah sedang menyiapkan payung hukum untuk mengatur pengelolaan zakat tersebut.

Nantinya, zakat yang terkumpul dapat diserahkan kepada Badan Amil Zakat Nasional untuk didistribusikan secara nasional mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi dengan cara seperti ini kita berharap potensi zakat yang hakekatnya sangat besar ini bisa lebih didayagunakan untuk hal-hal yang jauh lebih produktif dan untuk kemaslahatan bersama,” jelas Lukman, Senin (5/2). (ARif R/Hrn)

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER