Pemerintah Janjikan Listrik dan BBM Tidak Naik

14
163
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Ignaius Jonan didampingi jajaran rektorat saat memantau pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Sengkaling milik UMM. (Foto: Rino/UMM)

JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berjanji bahwa pemerintah tidak akan menaikan tarif dasar listrik nonsubsidi dan bahan bakar minyak (BBM) yang dikelola pemerintah pada bulan April sampai Juni.

“April sampai dengan Juni tarifnya tidak akan berubah, listrik dan BBM,” tegas Jonan seusai diskusi terkait masa depan Migas Indonesia di Jakarta, Jumat (24/3).

Tidak adanya kenaikan tersebut, jasl Jonan, karena keberhasilan Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan penghematan energi dengan cara efisiensi.

“Efisiensinya apa, kalau pingin tahu lebih jelasnya itu PLN yang dapat memberitahukan,” kata Jonan, sebagaimana di lansir Antara.

Sementara itu untuk BBM, ia mengatakan bahwa tidak akan ada kenaikan sampai bulan Juni. Untuk mewujudkan hal tersebut, Jonan meminta selalu memaksimalkan efisiensi.

Industri Migas diminta lebih kompetitif baik di kancah nasional dan internasional, guna turut meningkatkan perekonomian Indonesia. Jonan juga mencontohkan negara Jepang, yang tidak mempunyai sumber daya alam namun mampu meningkatkan potensi perekonomian negara.

“Untuk harga kepada konsumen kami yang mengatur, jadi jangan mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena harga bahan memang pasar yang menentukan,” katanya.

Jonan menambahkan apalagi semakin lama harga gas dan BBM untuk penunjang energi listrik semakin berkurang, sehingga penghematan serta jaminan jangka panjang juga harus diperhitungkan.

“Jika memang harga gas di dalam negeri lebih mahal, ya mau tidak mau harus impor gasnya, demi mencapai lebih efisien,” kata Jonan.

Mantan Menteri Perhubungan tersebut dalam berbagai kesempatan selalu menekankan pentingnya efisiensi dalam industri kelola minyak dan gas bumi (migas).

EDITOR: Harun S

loading...

14 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polisi Temukan Dua Kardus Miras di Pelabuhan Tahuna

MANADO, SERUJI.CO.ID - Polisi menemukan dua dus sekitar 46 botol minuman keras (miras) beralkohol jenis captikus pada sebuah kapal yang berlabuh di Pelabuhan Tahuna,...

Pakde Karwo Pastikan Sanksi ASN Yang Berfoto Tunjukkan Dukungan ke Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Gubernur Jatim Soekarwo memastikan telah memberi sanksi terhadap ASN (Aparatur Sipil Negara) yang tidak netralan di Pilgub Jatim 2018, dengan berfoto...
Korban Miras Oplosan

Korban Miras Oplosan di RSUD Dr Soetomo Kian Bertambah

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Korban akibat menenggak minuman keras kian bertambah di Surabaya. Hingga kini terhitung sudah puluhan korban miras merasakan pesakitan di Rumah Sakit,...

Menangkan Pemilu 2019, Gerindra Bentuk Laskar Merah Putih

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra Jatim tampaknya tak setengah-setengah dalam mengejar target Pemilu 2019 mendatang. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut menargetkan sebanyak-banyaknya perolehan pemilu...

IFC: Indonesia Diharapkan Jadi Mode Busana Muslim Dunia

BOGOR, SERUJI.CO.ID - National Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma mengatakan pertemuan dengan Presiden Jokowi menawarkan program konkrit membawa dunia ke Indonesia untuk...