Ikuti Instruksi Panglima TNI, Kodim Dumai Akan Gelar Nobar Film G30S/PKI

1
211
gatot nurmatyo
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo perintahkan pemutaran film G30S/PKI di lingkup internal institusinya, saat berziarah di Makam Bung Karno, Blitar, pada Senin, 18/9/2017. (Foto: Istimewa)

DUMAI – TNI Angkatan Darat Komando Distrik Militer (Kodim) 0320 Dumai berencana memutar film penumpasan G30S/PKI dengan menggelar nonton bareng atau “nobar”, namun kini masih tahap koordinasi bersama pemerintah daerah.

Komandan Kodim 0320 Dumai Letkol (Kav) Rendra Siagian di Dumai, Senin, mengatakan rencana pemutaran dan nonton bareng film yang diproduksi tahun 1984 tersebut sesuai perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Ada rencana, dan nanti akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah,” kata Dandim Rendra kepada wartawan, Senin (18/9).

Disebutkan, penayangan film G30S/PKI disutradai Arifin C Noer ini belum dapat dipastikan waktunya, namun lokasi diusulkan dua tempat, yaitu gedung daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung dan halaman kantor bersama Pemkot Dumai di Jalan HR Subrantas.

Film pada zaman orde baru kerap ditayangkan setiap 30 September atau bertepatan momen Hari Kesaktian Pancasila ini segera akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah setempat.

“Jadwalnya belum bisa dibeberkan karena masih dikoordinasikan dengan pemerintah,” sebutnya.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di Blitar menegaskan acara nonton bareng film kontroversial itu memang perintahnya.

“Iya itu memang perintah saya, mau apa? Yang bisa melarang saya hanya pemerintah,” kata Jenderal Gatot di Makam Bung Karno (MBK), Bendogerit, Blitar, Senin (18/9).

Gatot menyatakan, Mendagri sudah mengizinkan dia memerintahkan seluruh anggotanya menonton film tersebut, dan upaya meluruskan sejarah.

Rencana TNI menggelar acara nonton bareng film G30S/PKI memang menjadi polemik. Ada yang menilai film itu tak pantas ditonton lagi. Namun ada juga yang mendukung rencana TNI sebagai upaya mengingatkan sejarah kelam bangsa ini. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Munas ke-10 KAHMI

Kamrussamad Raih Suara Terbanyak Pada Pemilihan Presidium KAHMI

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (BPP HIPKA) Kamrussamad meraih suara terbanyak pada Pemilihan Presidium Majelis Nasional...
Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...