HMI Gelar Latihan Kader Tingkat II se-Nusantara di Madura

0
85

PAMEKASAN – Organisasi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengadakan Latihan Kader tingkat dua (LK II) se-Nusantara di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 22-29 April 2017.

Menurut Ketua Umum HMI Cabang Kabupaten Pamekasan Chairul Umam, jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti LK-II HMI Se-Nusantara itu sebanyak 46 orang, namun yang dinyatakan layak mengikuti pelatihan hanya 33 orang.

“Jadi, ada 13 calon peserta LK-II yang terpaksa dipulangkan karena tidak lulus screening,” kata Chairul di Pamekasan, Sabtu (22/4) malam.

Chairul menjelaskan, sistem perkaderan di HMI sangat ketat, karena pola perkaderan organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia tersebut memang lebih mengedepankan kualitas, kedisiplinan dan kader harus memiliki keinginan kuat untuk maju dan berkembang.

“Materi screening meliputi sejarah, mission HMI, Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (KMO), dan uji makalah,” jelasnya.

Masing-masing calon peserta harus membuat makalah yang temanya sudah ditentukan oleh panitia pelaksana, dan kebanyakan peserta yang tidak lulus itu, yang tidak bisa mempertanggungjawabkan makalah yang telah diserahkan ke panitia.

“Makalah yang disampaikan kepada panitia itu kan dites. Jika mereka tidak bisa mempertanggung jawabkan isi makalahnya, harus legowo pulang,” ungkap Chairul.

Screening calon peserta berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 19 hingga 21, sedangkan pelatihan akan berlangsung mulai 22 hingga 29 April 2017. “Tadi pagi pembukaan, dan mulai siang hingga malam ini materi pelatihan,” terang Chairul.

Ketua Umum Pengurus Besar HMI Mulyadi P Tapsir dijadwalkan hadir menjadi pemateri pada LK-II Se-Nusantara yang bertema “Mempertegas Komitmen Keummatan dan Kebangsaan HMI Ditengah Ancaman Disintegrasi Bangsa” itu.

Tokoh nasional lainnya yang akan hadir adalah mantan Presidium Kahmi Akbar Tanjung, dan anggota DPR RI Ahmad Baidawi.

Pembukaan LK-II se-Nusantara yang berlangsung hari ini, dilakukan oleh Badan Koordinasi (Badko) HMI Jatim, dan dihadiri oleh Presidium Kahmi Jawa Timur Dr Ahmad Noer Fuad.

HMI merupakan organisasi kader yang didirkan pada 5 Februari 1947 di Yogyakarta oleh Lafran Pane dengan tujuan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan menyebar luaskan ajaran agama Islam.

Organisasi ini merupakan organisasi independen dan tidak berafiliasi dengan ormas ke-Islam-an manapun, sehingga para aktivis yang ada di organisasi itu dari berbagai kelompok keagamaan, seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al-Irsyad dan Hidayatullah. Organisasi ini bersifat independen, berperan sebagai organisasi kader dan berfungsi sebagai organisasi perjuangan.

HMI sempat menjadi target PKI untuk dibubarkan, akan tetapi tetap berhasil dipertahankan berkat perlindungan Presiden RI pertama Soekarno.

 

EDITOR: Harun S

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...