HMI Gelar Latihan Kader Tingkat II se-Nusantara di Madura

PAMEKASAN – Organisasi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mengadakan Latihan Kader tingkat dua (LK II) se-Nusantara di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang dijadwalkan berlangsung dari tanggal 22-29 April 2017.

Menurut Ketua Umum HMI Cabang Kabupaten Pamekasan Chairul Umam, jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti LK-II HMI Se-Nusantara itu sebanyak 46 orang, namun yang dinyatakan layak mengikuti pelatihan hanya 33 orang.

“Jadi, ada 13 calon peserta LK-II yang terpaksa dipulangkan karena tidak lulus screening,” kata Chairul di Pamekasan, Sabtu (22/4) malam.

Chairul menjelaskan, sistem perkaderan di HMI sangat ketat, karena pola perkaderan organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia tersebut memang lebih mengedepankan kualitas, kedisiplinan dan kader harus memiliki keinginan kuat untuk maju dan berkembang.

“Materi screening meliputi sejarah, mission HMI, Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi (KMO), dan uji makalah,” jelasnya.

Masing-masing calon peserta harus membuat makalah yang temanya sudah ditentukan oleh panitia pelaksana, dan kebanyakan peserta yang tidak lulus itu, yang tidak bisa mempertanggungjawabkan makalah yang telah diserahkan ke panitia.

“Makalah yang disampaikan kepada panitia itu kan dites. Jika mereka tidak bisa mempertanggung jawabkan isi makalahnya, harus legowo pulang,” ungkap Chairul.

Screening calon peserta berlangsung selama tiga hari, yakni mulai tanggal 19 hingga 21, sedangkan pelatihan akan berlangsung mulai 22 hingga 29 April 2017. “Tadi pagi pembukaan, dan mulai siang hingga malam ini materi pelatihan,” terang Chairul.

Ketua Umum Pengurus Besar HMI Mulyadi P Tapsir dijadwalkan hadir menjadi pemateri pada LK-II Se-Nusantara yang bertema “Mempertegas Komitmen Keummatan dan Kebangsaan HMI Ditengah Ancaman Disintegrasi Bangsa” itu.

Tokoh nasional lainnya yang akan hadir adalah mantan Presidium Kahmi Akbar Tanjung, dan anggota DPR RI Ahmad Baidawi.

Pembukaan LK-II se-Nusantara yang berlangsung hari ini, dilakukan oleh Badan Koordinasi (Badko) HMI Jatim, dan dihadiri oleh Presidium Kahmi Jawa Timur Dr Ahmad Noer Fuad.

HMI merupakan organisasi kader yang didirkan pada 5 Februari 1947 di Yogyakarta oleh Lafran Pane dengan tujuan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dan menyebar luaskan ajaran agama Islam.

Organisasi ini merupakan organisasi independen dan tidak berafiliasi dengan ormas ke-Islam-an manapun, sehingga para aktivis yang ada di organisasi itu dari berbagai kelompok keagamaan, seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al-Irsyad dan Hidayatullah. Organisasi ini bersifat independen, berperan sebagai organisasi kader dan berfungsi sebagai organisasi perjuangan.

HMI sempat menjadi target PKI untuk dibubarkan, akan tetapi tetap berhasil dipertahankan berkat perlindungan Presiden RI pertama Soekarno.

 

EDITOR: Harun S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reposisi Sekolah Demi Pendidikan

Menempatkan sekolah sebagai lembaga yang paling membentuk keterpelajaran seseorang adalah mitos dan tahayul, kalau tidak bisa disebut hoaks.

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.