Gelar Budaya Rakyat Untuk Syukuri Pelantikan Gubernur DIY

0
29
Gelar Budaya di Pagelaran Keraton Yogyakarta
Gelar Budaya di Pagelaran Keraton Yogyakarta pada Ahad (22/10) malam. (Foto: Arif Kusuma Fadholy/SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Sekretariat Bersama Keistimewaan DI Yogyakarta beserta masyarakat Yogyakarta mengadakan Gelar Budaya Rakyat Mahayubagyo Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY Periode 2017-2022. Pelaksanaan tersebut diadakan di Pagelaran Keraton Yogyakarta pada Ahad (22/10) malam hingga Senin dini hari.

Acara gelar budaya tersebut dimeriahkan oleh 366 seniman DI Yogyakarta. Mereka terdiri dari 10 grup penampil, di antaranya dari Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul, dan Kota Yogyakarta.

Sebelum acara, ada prosesi pemotongan tumpeng oleh Gusti Kanjeng Ratu Hayu yang mewakili Keraton Yogyakarta. Kemudian potongan tumpeng tersebut dibagikan kepada perwakilan pementas atau seniman yang tampil pada acara tersebut.

Koordinator Sekber Keistimewaan Yogyakarta, Widihasto Wasana Putra (Hasto) mengatakan gelar budaya ini merupakan bentuk rasa syukur karena telah berjalan yang telah berlaku.

“Gelar budaya di Pagelaran Keraton menandakan Golong Gilig yang menyatukan pemerintahan dan rakyat untuk mengisi kebudayaan di DIY,” katanya dalam sambutan.

Hasto berharap, pemerintahan Gubernur dan wakil Gubernur periode 2017-2022 lebih baik dari sebelumnya.

“Semoga lebih mensejahterakan dan lebih membahagiakan rakyat,” ujarnya.

Gelar Budaya di Pagelaran Keraton Yogyakarta
Prosesi pemotongan tumpeng oleh Gusti Kanjeng Ratu Hayu yang mewakili Keraton Yogyakarta. (Foto: Arif Kusuma Fadholy/SERUJI)

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) DIY, Umar Priyono mengatakan, melihat rakyat punya semangat seperti itu, pihaknya berharap, baik birokrasi dan masyarakat akan mampu mewujudkan spirit terkait visi-misi gubernur.

“Provinsi DIY tidak lepas dari dimensi budaya. Budaya bisa merekatkan pemerintah dengan masyarakat, serta masyarakat dengan masyarakat,” ujar Umar.

Gelar Budaya di Pagelaran Keraton Yogyakarta
Gelar Budaya di Pagelaran Keraton Yogyakarta pada Ahad (22/10) malam. (Foto: Arif Kusuma Fadholy/SERUJI)

Umar menambahkan, dengan masyarakat mengggelar seni budaya, merupakan cara strategis untuk meneguhkan aspek pembangunan terkait visi-misi gubernur. Menurutnya, partisipasi semua pihak sangatlah penting.

Gelar budaya tersebut juga menyediakan empat angkringan gratis untuk siapapun yang datang. Semakin malam, pengunjung semakin ramai berdatangan. (ArifKF/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Munas ke-10 KAHMI

Kamrussamad Raih Suara Terbanyak Pada Pemilihan Presidium KAHMI

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Ketua Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (BPP HIPKA) Kamrussamad meraih suara terbanyak pada Pemilihan Presidium Majelis Nasional...
Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...