FMM Tolak Pemberian Honoris Causa Kepada Megawati

3
332
  • 139
    Shares
Megawati Soekarno Putri
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri

PADANG – Forum Masyarakat Minangkabau (FMM), Sumatera Barat menolak rencana Universitas Negeri Padang (UNP) memberikan gelar Doktor Honoris Causa kepada Presiden Republik Indonesia ke lima Megawati Soekarnoputri yang rencananya digelar pada Rabu (27/9).

“Kita menolak pemberian gelar itu karena dalam aturan Permendikbud 21 tahun 2013 dalam pasal 4 huruf a dan b mengatakan penerima gelar kehormatan Honoris Causa harus memiliki gelar akademik paling rendah strata 1, sedangkan Megawati belum meraih gelar tersebut,” kata Ketua FMM Irfianda Abidin saat mendatangi kantor DPRD Sumbar di Padang, Jumat (22/9).

Menurut dia hal ini tentu bertentangan dengan aturan tersebut, selain itu alasan UNP yang menyebutkan Megawati memiliki andil dalam bidang pendidikan berupa mengeluarkan UU Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional itu tidak tepat. Karena yang memiliki andil dalam pembuatan Undang-undang adalah DPR RI dan Kementerian Pendidikan.

Kemudian alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBN merupakan amanat Undang-Undang 1945 dalam pasal 31 yang kembali diperkuat oleh Undang-Undang Nomor 20/2003 tersebut. Jadi itu bukanlah merupakan jasa seorang presiden di saat itu.

Ia mengatakan pihaknya akan membicarakan hal ini dengan pimpinan DPRD Sumbar dan mendatangi Rektor UNP untuk mempertanyakan pemberian gelar kehormatan tersebut.

“Apabila mereka tetap memberikan gelar itu pada Rabu (27/9) 2017, maka kami akan melakukan aksi unjuk rasa dan menutup segala akses jalan masuk ke Kota Padang,” kata Irfianda menegaskan.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

3 KOMENTAR

  1. Beginilah kalau dunia pendidikan sudah memandang terlalu rendah nilai-nilai pendidikan.
    Setingkat doktor mau diberikan “sia-sia”.
    Sungguh politik keterlaluan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU