Tiga MAN Insan Cendekia Baru, Mulai Beroperasi Tahun Ini

0
280
Para siswa mengikuti sosialisasi MAN Insan Cendekia di Kota Palu. (foto: Pinmas)

JAKARTA – Sukses dengan penyelenggaraan 17 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Kementerian Agama kembali memperluas akses masyarakat dengan membuka tiga madrasah unggulan lagi.

Tahun ini, tiga MAN IC dipastikan akan mulai beroperasi dan menerima peserta didik baru. Ketiga MAN IC tersebut adalah MAN IC Tapanuli Selatan Sumatera Utara, MAN IC Lombok Timur NTB, dan MAN IC Halmahera Barat Maluku Utara.

Direktur Kurikulum, Kelembagaan, Kesiswaan, dan Sarana Prasarana (K3S) M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, penyelenggaraan MAN IC sebagai madrasah berasrama (boarding school) adalah komitmen riil Kementerian Agama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

“Jangan sampai anak-anak bangsa dalam wilayah NKRI ini tidak dapat menemukan madrasah unggul yang menjadi dambaan bagi mereka,” tutur Nur Kholis di Jakarta, Selasa (20/02).

Kehadiran ketiga MAN IC baru ini diharapkan akan mendekatkan akses masyarakat Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara terhadap pendidikan madrasah berkualitas. Menurut M. Nur Kholis, ketiganya telah siap menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini yang dilakukan secara nasional bersama 17 MAN IC lainnya.

“MAN IC Tapanuli Selatan dan Halmahera Utara akan menerima 48 siswa, sedang MAN IC Lombok Timur NTB akan menerima 96 siswa,” ujar Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini sebagaimana dilaporkan Pinmas Kemenag.

Lebih lanjut dikatakan Nur Kholis, ikhtiar membangun MAN IC juga bertujuan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Pada tahun 2017, Ditjen Pendidikan Islam akan menerima 1.916 siswa/i pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan ditempatkan di 20 MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

PPDB MAN IC yang dilakukan dengan proses seleksi ketat, diharapkan akan menjaring peserta didik yang berpotensi unggul baik dari sisi akademik, kepribadian, keimanan, dan kesehatan. “Calon peserta didik harus memiliki potensi akademik yang baik, memiliki daya juang tinggi, dan rekam potensi belajar yang baik,”ujarnya.

Sekretaris Pendidikan Menengah Universal (PMU) MAN IC Suwardi mengatakan pelaksanaan PPDB MAN IC diselenggarakan secara nasional. Pendaftaran secara online sudah berjalan sejak 1 Februari lalu sampai dengan 25 Februari mendatang. Dapun test tertulis rencananya dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017. Hasil dari tes seleksi ini akan dimumkan pada tanggal 10 April 2017.

Adapun 17 MAN IC yang telah eksis lebih dulu adalah MAN IC Serpong Tangerang Selatan, Gorontalo, Jambi, Aceh Timur, Aceh, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Siak Riau, Paser Kalimantan Timur, Kota Pekalongan, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Padang Pariaman Sumatera Barat, Bengkulu Tengah Bengkulu, Kota Batam Kepulauan Riau, Tanah Laut Kalimantan Selatan, Sambas Kalimantan Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Kota Palu Sulawesi Tengah, dan MAN IC Sorong Papua Barat.

EDITOR: Yus Arza

 

 

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...

Tahan Imbang Brazil 1-1, Pelatih: Jangan Remehkan Swiss

ROSTOV ON DON, SERUJI.CO.ID - Pelatih Swiss Vladimir Petkovic mengatakan timnya sepantasnya mendapatkan pengakuan lebih banyak setelah berhasil menahan imbang juara lima kali Brazil 1-1...

Jepang Diguncang Gempa, 2 Orang Tewas

TOKYO, SERUJI.CO.ID -  Seorang pria tua dan gadis muda tewas, dengan beberapa orang lain juga akibat henti jantung , setelah bangunan-bangunan runtuh dalam gempa berkekuatan...