Tiga MAN Insan Cendekia Baru, Mulai Beroperasi Tahun Ini

JAKARTA – Sukses dengan penyelenggaraan 17 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Kementerian Agama kembali memperluas akses masyarakat dengan membuka tiga madrasah unggulan lagi.

Tahun ini, tiga MAN IC dipastikan akan mulai beroperasi dan menerima peserta didik baru. Ketiga MAN IC tersebut adalah MAN IC Tapanuli Selatan Sumatera Utara, MAN IC Lombok Timur NTB, dan MAN IC Halmahera Barat Maluku Utara.

Direktur Kurikulum, Kelembagaan, Kesiswaan, dan Sarana Prasarana (K3S) M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, penyelenggaraan MAN IC sebagai madrasah berasrama (boarding school) adalah komitmen riil Kementerian Agama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

“Jangan sampai anak-anak bangsa dalam wilayah NKRI ini tidak dapat menemukan madrasah unggul yang menjadi dambaan bagi mereka,” tutur Nur Kholis di Jakarta, Selasa (20/02).

Kehadiran ketiga MAN IC baru ini diharapkan akan mendekatkan akses masyarakat Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara terhadap pendidikan madrasah berkualitas. Menurut M. Nur Kholis, ketiganya telah siap menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini yang dilakukan secara nasional bersama 17 MAN IC lainnya.

“MAN IC Tapanuli Selatan dan Halmahera Utara akan menerima 48 siswa, sedang MAN IC Lombok Timur NTB akan menerima 96 siswa,” ujar Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini sebagaimana dilaporkan Pinmas Kemenag.

Lebih lanjut dikatakan Nur Kholis, ikhtiar membangun MAN IC juga bertujuan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Pada tahun 2017, Ditjen Pendidikan Islam akan menerima 1.916 siswa/i pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan ditempatkan di 20 MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

PPDB MAN IC yang dilakukan dengan proses seleksi ketat, diharapkan akan menjaring peserta didik yang berpotensi unggul baik dari sisi akademik, kepribadian, keimanan, dan kesehatan. “Calon peserta didik harus memiliki potensi akademik yang baik, memiliki daya juang tinggi, dan rekam potensi belajar yang baik,”ujarnya.

Sekretaris Pendidikan Menengah Universal (PMU) MAN IC Suwardi mengatakan pelaksanaan PPDB MAN IC diselenggarakan secara nasional. Pendaftaran secara online sudah berjalan sejak 1 Februari lalu sampai dengan 25 Februari mendatang. Dapun test tertulis rencananya dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017. Hasil dari tes seleksi ini akan dimumkan pada tanggal 10 April 2017.

Adapun 17 MAN IC yang telah eksis lebih dulu adalah MAN IC Serpong Tangerang Selatan, Gorontalo, Jambi, Aceh Timur, Aceh, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Siak Riau, Paser Kalimantan Timur, Kota Pekalongan, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Padang Pariaman Sumatera Barat, Bengkulu Tengah Bengkulu, Kota Batam Kepulauan Riau, Tanah Laut Kalimantan Selatan, Sambas Kalimantan Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Kota Palu Sulawesi Tengah, dan MAN IC Sorong Papua Barat.

EDITOR: Yus Arza

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER