Tiga MAN Insan Cendekia Baru, Mulai Beroperasi Tahun Ini

0
86
Para siswa mengikuti sosialisasi MAN Insan Cendekia di Kota Palu. (foto: Pinmas)

JAKARTA – Sukses dengan penyelenggaraan 17 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Kementerian Agama kembali memperluas akses masyarakat dengan membuka tiga madrasah unggulan lagi.

Tahun ini, tiga MAN IC dipastikan akan mulai beroperasi dan menerima peserta didik baru. Ketiga MAN IC tersebut adalah MAN IC Tapanuli Selatan Sumatera Utara, MAN IC Lombok Timur NTB, dan MAN IC Halmahera Barat Maluku Utara.

Direktur Kurikulum, Kelembagaan, Kesiswaan, dan Sarana Prasarana (K3S) M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, penyelenggaraan MAN IC sebagai madrasah berasrama (boarding school) adalah komitmen riil Kementerian Agama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

“Jangan sampai anak-anak bangsa dalam wilayah NKRI ini tidak dapat menemukan madrasah unggul yang menjadi dambaan bagi mereka,” tutur Nur Kholis di Jakarta, Selasa (20/02).

Kehadiran ketiga MAN IC baru ini diharapkan akan mendekatkan akses masyarakat Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara terhadap pendidikan madrasah berkualitas. Menurut M. Nur Kholis, ketiganya telah siap menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini yang dilakukan secara nasional bersama 17 MAN IC lainnya.

“MAN IC Tapanuli Selatan dan Halmahera Utara akan menerima 48 siswa, sedang MAN IC Lombok Timur NTB akan menerima 96 siswa,” ujar Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini sebagaimana dilaporkan Pinmas Kemenag.

Lebih lanjut dikatakan Nur Kholis, ikhtiar membangun MAN IC juga bertujuan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Pada tahun 2017, Ditjen Pendidikan Islam akan menerima 1.916 siswa/i pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan ditempatkan di 20 MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

PPDB MAN IC yang dilakukan dengan proses seleksi ketat, diharapkan akan menjaring peserta didik yang berpotensi unggul baik dari sisi akademik, kepribadian, keimanan, dan kesehatan. “Calon peserta didik harus memiliki potensi akademik yang baik, memiliki daya juang tinggi, dan rekam potensi belajar yang baik,”ujarnya.

Sekretaris Pendidikan Menengah Universal (PMU) MAN IC Suwardi mengatakan pelaksanaan PPDB MAN IC diselenggarakan secara nasional. Pendaftaran secara online sudah berjalan sejak 1 Februari lalu sampai dengan 25 Februari mendatang. Dapun test tertulis rencananya dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017. Hasil dari tes seleksi ini akan dimumkan pada tanggal 10 April 2017.

Adapun 17 MAN IC yang telah eksis lebih dulu adalah MAN IC Serpong Tangerang Selatan, Gorontalo, Jambi, Aceh Timur, Aceh, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Siak Riau, Paser Kalimantan Timur, Kota Pekalongan, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Padang Pariaman Sumatera Barat, Bengkulu Tengah Bengkulu, Kota Batam Kepulauan Riau, Tanah Laut Kalimantan Selatan, Sambas Kalimantan Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Kota Palu Sulawesi Tengah, dan MAN IC Sorong Papua Barat.

EDITOR: Yus Arza

 

 

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Kemkominfo Blokir Laman Nikahsirri.com

PALEMBANG - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika menyatakan pihaknya memblokir situs nikahsirri.com karena telah meresahkan masyarakat. Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala...
Yohana Yambise

Muncul Situs Kawin Kontrak-Lelang Perawan, Menteri Yohana Angkat Mengecam

JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise melarang lelang perawan dan kawin kontrak seperti penawaran yang beredar melalui situs nikahsirri.com. Dia mengatakan...

Kirim Bantuan ke Rohingya di Myanmar, Pekerja Sosial Hadapi Rintangan Berat

SITTWE - Lembaga-lembaga bantuan yang berusaha keras untuk mencapai ratusan ribu Muslim Rohingya yang terlantar akibat kekerasan di bagian barat laut Myanmar menghadapi permusuhan...

Jaringan Kabel Listrik Jembatan Suramadu Terbakar

SURABAYA - Jaringan kabel listrik jembatan Surabaya-Madura terbakar sehingga petugas mengalihkan arus lalu lintas di jembatan tersebut. "Yang kami alihkan adalah arus kendaraan roda yang menuju...

Rumah Doa Anak Yatim Pelihara Ratusan Ternak

BOGOR - Rumah Doa Anak Yatim yang terletak di Desa Cibuntu, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat memiliki aset ratusan ekor tenak mulai dari...
ott, korupsi

Basaria: Kasus Suap Wali Kota Cilegon Mengecewakan

JAKARTA - Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan kekecewaannya dengan kasus dugaan suap senilai Rp1,5 miliar terhadap Wali Kota Cilegon Tubagus Imam Ariyadi terkait...