Tiga MAN Insan Cendekia Baru, Mulai Beroperasi Tahun Ini

JAKARTA – Sukses dengan penyelenggaraan 17 Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Kementerian Agama kembali memperluas akses masyarakat dengan membuka tiga madrasah unggulan lagi.

Tahun ini, tiga MAN IC dipastikan akan mulai beroperasi dan menerima peserta didik baru. Ketiga MAN IC tersebut adalah MAN IC Tapanuli Selatan Sumatera Utara, MAN IC Lombok Timur NTB, dan MAN IC Halmahera Barat Maluku Utara.

Direktur Kurikulum, Kelembagaan, Kesiswaan, dan Sarana Prasarana (K3S) M. Nur Kholis Setiawan mengatakan, penyelenggaraan MAN IC sebagai madrasah berasrama (boarding school) adalah komitmen riil Kementerian Agama dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing.

“Jangan sampai anak-anak bangsa dalam wilayah NKRI ini tidak dapat menemukan madrasah unggul yang menjadi dambaan bagi mereka,” tutur Nur Kholis di Jakarta, Selasa (20/02).

Kehadiran ketiga MAN IC baru ini diharapkan akan mendekatkan akses masyarakat Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Maluku Utara terhadap pendidikan madrasah berkualitas. Menurut M. Nur Kholis, ketiganya telah siap menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini yang dilakukan secara nasional bersama 17 MAN IC lainnya.

“MAN IC Tapanuli Selatan dan Halmahera Utara akan menerima 48 siswa, sedang MAN IC Lombok Timur NTB akan menerima 96 siswa,” ujar Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini sebagaimana dilaporkan Pinmas Kemenag.

Lebih lanjut dikatakan Nur Kholis, ikhtiar membangun MAN IC juga bertujuan menyiapkan calon pemimpin masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai daya juang tinggi, kreatif, inovatif, proaktif, dan mempunyai landasan iman dan takwa kepada Allah SWT.

Pada tahun 2017, Ditjen Pendidikan Islam akan menerima 1.916 siswa/i pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang akan ditempatkan di 20 MAN Insan Cendekia se-Indonesia.

PPDB MAN IC yang dilakukan dengan proses seleksi ketat, diharapkan akan menjaring peserta didik yang berpotensi unggul baik dari sisi akademik, kepribadian, keimanan, dan kesehatan. “Calon peserta didik harus memiliki potensi akademik yang baik, memiliki daya juang tinggi, dan rekam potensi belajar yang baik,”ujarnya.

Sekretaris Pendidikan Menengah Universal (PMU) MAN IC Suwardi mengatakan pelaksanaan PPDB MAN IC diselenggarakan secara nasional. Pendaftaran secara online sudah berjalan sejak 1 Februari lalu sampai dengan 25 Februari mendatang. Dapun test tertulis rencananya dilaksanakan pada tanggal 18 Maret 2017. Hasil dari tes seleksi ini akan dimumkan pada tanggal 10 April 2017.

Adapun 17 MAN IC yang telah eksis lebih dulu adalah MAN IC Serpong Tangerang Selatan, Gorontalo, Jambi, Aceh Timur, Aceh, Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, Siak Riau, Paser Kalimantan Timur, Kota Pekalongan, Bangka Tengah Kepulauan Bangka Belitung, Padang Pariaman Sumatera Barat, Bengkulu Tengah Bengkulu, Kota Batam Kepulauan Riau, Tanah Laut Kalimantan Selatan, Sambas Kalimantan Barat, Kota Kendari Sulawesi Tenggara, Kota Palu Sulawesi Tengah, dan MAN IC Sorong Papua Barat.

EDITOR: Yus Arza

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.

Makan Dikit, Perut Kok Buncit?