Menristekdikti Targetkan Satu PTS Akreditasi A di Tiap Provinsi

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menargetkan minimal ada satu perguruan tinggi swasta terakreditasi A di tiap provinsi.

“Berdasarkan data dari 4.500 perguruan tinggi yang ada di Tanah Air hanya 68 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 23 perguruan tinggi swasta (PTS) yang terakreditasi A,” kata Menristekdikti pada acara pembukaan Rapat Kerja Pimpinan PTS se-Kopertis Wilayah II Sumbagsel, di Griya Agung Palembang, Jumat (6/4) malam.

Menurut dia, melihat data minimnya perguruan tinggi yang terakreditasi A, pihaknya berupaya melakukan pendataan dan pembinaan terutama terhadap PTS yang telah terakreditasi B memungkinkan segera ditingkatkan akreditasinya.

Perguruan tinggi swasta yang dinilai memungkinkan untuk difasilitasi mendapatkan akreditasi A, akan dilakukan pendampingan menyiapkan persyaratan secara administrasi serta sarana dan prasarana pendukung.

Melalui upaya tersebut diharapkan mulai 2018 secara bertahap bisa direalisasikan target minimal satu provinsi terdapat satu PTS yang terbaik dengan nilai akreditasi A.

Untuk meningkatkan akreditasi perguruan tinggi di Tanah Air agar bisa menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi akan dilakukan perbaikan sistem penilaian dan pembinaan.

Dengan melakukan perbaikan sistem tersebut, diharapkan dapat memotivasi pimpinan perguruan tinggi di negara ini lebih semangat memperbaiki kualitas.

Perguruan tinggi yang secara umum memenuhi persyaratan untuk ditingkatkan akreditasinya menjadi A, akan didorong bergerak cepat mengajukan akreditasi ulang sehingga bisa memotivasi perguruan tinggi lainnya berlomba-lomba meningkatkan akreditasinya, ujar Menristekdikti. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Penegakan Hukum Yang Kaya Kezaliman dan Miskin Rasa Keadilan

Bercermin kepada praktek penegakan hukum di Indonesia beberapa tahun tarakhir, khususnya di era Rezim Pemerintahan saat ini, tentunya kita melihat banyaknya praktek-praktek penanganan kasus hukum yang masih jauh dari apa yang diharapkan.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER