Mendikbud: Orangtua Harus Beri Contoh Membaca


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan orang tua harus memberi contoh membaca yang baik untuk menumbuhkan minat baca anak.

“Literasi memiliki banyak dimensi mulai dari literasi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jadi untuk menumbuhkan minat baca tidak hanya melalui sekolah tetapi juga dari keluarga,” ujar Mendikbud di Jakarta, Sabtu (5/5).

Keluarga, kata dia, memiliki kesempatan untuk memberikan contoh yang baik pada anak.

Orang tua yang terbiasa membacakan buku pada anak merupakan contoh baik, yang bisa diterapkan di tiap keluarga. Bahkan jika perlu, para orang tua dapat dilatih membacakan buku cerita pada anak.

Menurut Mendikbud, orang tua jangan sekadar membacakan cerita tetapi dapat memahami kandungan cerita yang ada di dalamnya.

“Jadi membaca berbeda dengan mengenal huruf-huruf, tetapi membaca adalah memahami setiap kalimat yang dibaca,” katanya.

Melalui Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku), Mendikbud berharap minat baca anak semakin meningkat. Melalui gerakan itu pula diharapkan dapat terwujud pembiasaan baik yang mendorong peningkatan minat baca anak.

“Gerakan ini juga menambah ikatan emosional anak dan orang tua,” katanya.

Sasaran Gernas Baku adalah orang tua, warga sekolah, dan masyarakat. Gernas Baku dapat dilakukan diberbagai satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), rumah dan komunitas.

Gernas Baku merupakan bagian dari gerakan literasi nasional untuk menumbuhkan minat baca yang ditujukan untuk anak usia dini.

Orang tua harus menyiapkan bahan-bahan bacaan untuk anak sesuai usianya. Bahkan jika perlu menyediakan pojok baca di rumah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pemimpin Belum Lulus

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

close