Kasus Pencabulan Siswa, Sekolah Dinilai Tidak Peka Terhadap Aduan Orang Tua Korban

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Kasus pencabulan pada siswa yang terjadi di sekolah swasta di Surabaya, sebenarnya bisa diatasi sejak awal jika pihak sekolah peka terhadap aduan orang tua korban. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pendidikan Surabaya, Martadi.

“Pihak sekolah seharusnya peka dengan segala aduan dan keluhan orang tua untuk segera menindak lanjuti agar kasus itu bisa diatasi, bukan menunggu dilaporkan,” kata Martadi saat dikonfirmasi SERUJI, Jumat (23/2).

Diungkapkan oleh Martadi, bawah kasus tersebut sudah terjadi sejak akhir tahun 2017, namun pihak sekolah tidak segera mengambil langkah untuk menyelesaikan masalah.

“Setelah ditelusuri lebih jauh maka muncul kasus yang sebenarnya terjadi,” katanya.

Dewan Pendidikan Surabaya (DPS), kata Martadi telah memberikan rekomendasi kepada pihak terkait. Dintara rekomendasi tersebut adalah pemberian sanksi kepada pihak sekolah yang tidak responsif.

Baca juga: Prihatin Kasus Pencabulan Guru ke Siswa, Berikut Rekomendasi Dewan Pendidikan Surabaya

“Selain memberi sanksi pemberhentian pada pelaku, juga melakukan klarifikasi ke sekolah kenapa tidak responsif atas aduan orang tua dan memberikan sanksi ke sekolah sesuai peraturan yang berlaku,” tukas Martadi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, terungkan seorang guru di sebuah sekolah SD swasta di Surabaya yang berinisial, MSH, telah melakukan pencabulan kepada siswanya. Berdasarkan data pengaduan yang masuk ke Polda Jawa Timur, tercatat ada 65 korban. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Segarkan Wajah dengan A I U E O