Ndiaye Pesepak Bola Mahir Tiga Bahasa

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Sriwijaya FC pada musim ini memboyong pemain berkualitas “duo Mali” Makan Konate (27) dan Mohamadou Ndiaye (27) untuk memenuhi ambisi kembali ke jalur juara pada musim mendatang.

Kehadiran dua pemain ini mendapatkan sambutan hangat dari fans setia, apalagi Kanote sempat merumput bersama Persib Bandung pada musim kompetisi 2014 yang kala itu telah memikat pencinta sepak bola Tanah Air.

Berbeda dengan Konate, Ndiaye lebih terlihat kalem saat latihan perdana, Jumat (8/12). Saat Konate bercerita panjang lebar ke awak media perihal keputusannya memperkuat Sriwijaya FC menggunakan bahasa Indonesia yang bisa dikatakan cukup lancar, Ndiaye justru mencari cara untuk menghindar.

Bahkan, salah seorang ofisial tim buru-buru membawanya ke ruang ganti. Alasannya sangat sederhana karena Ndiaye diketahui tidak bisa berbahasa Inggris.


Pertanyaan pun muncul. Bagaimana mungkin seorang pemain profesional yang katanya merumput di Eropa sejak usia belia tapi tidak bisa berbahasa Inggris. Usut punya usut, rupanya Ndiaye merambah negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris.

Pada usia 16 tahun, ia sudah meninggalkan kota kelahirannya Bamako, Mali untuk menjajal kompetisi di Maroko. (Maroko merupakan salah satu wakil Asia berlaga di Piala Dunia 2018). Di sana selama empat tahun, membuat Ndiaye pandai berbahasa Arab.

Lalu setelah meninggalkan Klub Wydad Casablanca asal Maroko pada 2010, Ndiaye mengepakkan sayapnya ke Portugal dengan memilih Victoria SC. Selama tiga tahun di sana, membuatnya piawai berbahasa Portugal.

Kemudian, kehidupan sebagai pesepak bola pun membawanya ke Prancis dengan memperkuat ke klub Liga 2 yakni Troyes. Tiga tahun bersama klub membuatnya mahir berbahasa Prancis dan sekaligus membawa klub ini terpromosi ke Liga 1 Prancis.

Lantas, bagaimanakah kiranya ketika Ndiaye bermain di Indonesia, yakni negara pertama tempatnya hijrah bermain di Asia. “Saya akan belajar juga Bahasa Indonesia,” kata Ndiaye melalui rekannya Konate, yang diwawancarai di suatu kesempatan.

Agen Worldfood Agency, Doucoure Mahamadou mengatakan Ndiaye merupakan sosok pemain yang cerdas dan sekaligus dewasa karena sudah ditempa untuk hidup mandiri sejak usia belasan.

“Sriwijaya sangat beruntung mendapatkannya. Bukan karena skill-nya saja yang di atas rata-rata tapi secara personal juga sangat baik orangnya. Dia juga sangat religius,” ujar agennya.

Bahasa merupakan media paling efektif untuk berkomunikasi, namun dalam sepak bola, penyampaian ini tidak mesti dengan kata-kata karena ketika di lapangan sejatinya setiap pemain sudah paham dengan peran dan fungsinya masing-masing.

Namun, pencinta sepak bola juga tidak perlu heran karena tidak sedikit pemain asing yang merumput di Tanah Air sangat lancar ketika berbahasa Indonesia, seperti Christian Gonzales, Alberto Goncalves, Hilton Moreira, dan satu lagi Pelatih Barito Putera Jacksen F Thiago.

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan mengatakan bahwa bahasa sejauh ini tidak menjadi kendalanya dalam berkomunikasi dengan Ndiaye ketika latihan karena ada Makan Kanote yang sudah lancar berbahasa Indonesia. Pemain ini sempat bersama Maung Bandung selama satu musim.

“Iya memang dia tidak bisa bahasa Inggris, jadi agak susah sedikit. Tapi saya bisa minta tolong ke Kanote menjelaskan. Sejauh ini lancar-lancar saja, dan pada dasarnya dia anak yang cerdas. Saya yakin tak berapa lama lagi bisa bahasa Indonesia,” kata dia.

Umumnya, pada tahun pertama memperkuat tim, para pemain asing ini sudah bisa lancar berbahasa Indonesia. (Ant/SU04)

KONSULTASI

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Menang Hadapi Persidago, Pelatih: Persebaya Masih Perlu Banyak Pembenahan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman menilai permainan timnya...

Pernah Ditertibkan, APK di Jalan Utama Payakumbuh Masih Langgar Aturan

PAYAKUMBUH, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu Payakumbuh, Sumatera Barat,...

Warga NU Yang Tak Pilih Kyai Ma’ruf di Pilpres 2019, Habib Hasan: Keterlaluan

PURWOREJO, SERUJI.CO.ID - Rais Suriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama...

Lukman Edy Tuding Puisi Neno Warisman Sesat dan Puncak Kebohongan Kubu Prabowo

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Politikus PKB Lukman Edy menilai puisi...

Lawan Indonesia, Vietnam Yakini Semifinal Selesai Dalam 90 Menit

KAMBOJA, SERUJI.CO.ID - Pelatih Tim Nasional Vietnam U-22 Nguyen...

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Menteri Pariwisata Panen Omelan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga tiket pesawat hingga kini ternyata...

Survei IndEX: Elektabilitas PDIP Terus Anjlok Jelang Hari Pemilihan

Kembali elektabilitas PDIP diprediksi terpuruk pada Pemilu 2019 ini.

Bantah Tudingan Berkhianat, Begini Alasan PBB Akhirnya Dukung Jokowi

Menolak disebut berkhianat, ini alasan PBB dukung Jokowi

TERPOPULER

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Bantah Tudingan Berkhianat, Begini Alasan PBB Akhirnya Dukung Jokowi

Menolak disebut berkhianat, ini alasan PBB dukung Jokowi

Survei LSI: Elektabilitas Gerindra Makin Cemerlang, Pepet PDI Perjuangan

Partai besutan capres Prabowo Subianto makin cemerlang menuju hari pencoblosan 17 April. Simak elektabilitasnya..

Harga Tiket Pesawat Melambung, Inilah Dampak Bagi PT. Pelni

Kapal Pelni mendapat berkah dari kenaikan harga tiket pesawat.