Pelatih Argentina Desak Penggemar Tidak Salahkan Messi

RUSIA, SERUJI.CO.ID –  Pelatih timnas Argentina pada Rabu (20/6) mendesak para penggemar untuk berhenti menyalahkan Lionel Messi ketika pertandingan tidak berjalan sesuai rencana, dan meminta mengapresiasi semua yang telah dilakukan sang kapten untuk tim nasional selama bertahun-tahun.

Messi begitu marah dengan dirinya sendiri karena gagal mencetak gol melalui penalti pada pertandingan pembukaan tim Amerika Selatan itu melawan Islandia, yang berakhir dengan skor imbang 1-1 pada turnamen yang berpeluang besar menjadi kesempatan terakhirnya untuk meniru kesuksesan Diego Maradona menjuarai Piala Dunia untuk Argentina.

“Messi tidak dapat menjadi satu-satunya orang yang disalahkan. Ketika ia mencetak gol, seluruh Argentina merayakannya, maka ketika ia gagal, kami tidak dapat menyalahkan dia sendirian. Itu merupakan cara berpikir yang terlalu mudah,” kata Sampaoli pada malam menjelang pertandingan mereka selanjutnya di Grup D melawan Kroasia.

“Saya katakan kepada dia, “Ini adalah Piala Dunia untuk 40 juta (warga Argentina). Anda melakukan kesalahan, saya melakukan kesalahan, kami semua melakukan kesalahan.Tim akan bersama ketika beberapa hal berjalan dengan baik dan ketika beberapa hal tidak berjalan lancar.”

Berada di bawah tekanan setelah menjalani setahun yang tidak memuaskan saat mengarsiteki Argentina meski memiliki setumpuk talenta nomor satu, Sampaoli dibombardir dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai keputusan kontroversialnya menggunakan tiga bek tengah.

Ia menegaskan bahwa hal itu memberinya fleksibilitas untuk beradaptasi dengan lawan-lawan yang berbeda, namun ia mengakui bahwa Argentina perlu lebih lentur pada permainan mereka.

Lawan mereka berikutnya Kroasia menang mudah 2-0 atas Nigeria pada pertandingan pertama mereka, untuk meletakkan mereka di posisi teratas untuk lolos ke putaran berikutnya.

“Ini akan sulit. Kroasia memiliki generasi pemain yang luar biasa, yang mampu meraih kemenangan,” kata Sampaoli.

Ketika banyak pihak beranggapan bahwa Argentina sangat tergantung kepada bintangnya itu, yang akan berusia 31 tahun pada akhir pekan ini dan mungkin akan tampil di Piala Dunia untuk terakhir kalinya, Sampaoli mengatakan untungnya obsesi terhadap Messi juga mengganggu kubu lawan.

“Ketika ia memiliki dua atau tiga pemain yang berusaha memblok dia, di tempat lain di lapangan seorang rekan setimnya bebas, itulah yang terjadi saat melawan Islandia. Kami dapat mengambil keuntungan dari hal itu,” ucapnya.

Sampaoli juga meminta publik Argentina berhenti berdebat mengenai apakah Messi lebih baik atau lebih buruk daripada Maradona, yang menjuarai Piala Dunia 1986, dan mengapresiasi kontribusi kedua orang itu terhadap sejarah olahraga negara mereka.

“Mereka berbeda. Konteks mereka berbeda,” ucapnya, meminta para penggemar untuk melihat catatan keseluruhan Messi, yang merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Argentina.

“Dengan Leo, Argentina hanya kalah tiga atau empat kali. Ia adalah pahlawan nasional, sebagaimana Diego. Semua orang Argentina memiliki nomor sepuluh Messi dan nomor sepuluh Maradona, itu tidak ternilai.” (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo, Jokowi dan Massa

Bila peristiwa 212 yang penuh makna direvisi pada versi pengkerdilan, sebuah perubahan sosial yang akan terjadi setelahnya sulit diprediksi. Itu seperti terjadi beberapa waktu sebelum keruntuhan rezim Suharto dua dekade lalu.

Al Ghazali dan Dendam Anak-Anak Revolusi

Di masa Orde Baru adalah anak-anak yang bapak/ibunya dibunuh atau dipenjarakan Suharto. Di masa ini mereka adalah anak-anak yang bapaknya dipenjarakan Jokowi karena berbeda pandangan politik.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER