Indonesia Gagas KTT Cendekiawan Muslim Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Utusan Khusus Presiden RI untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin menyatakan Indonesia menjadi negara yang menggagas Konsultasi Tingkat Tinggi (KTT) Ulama dan Cendekiawan Muslim Dunia guna membahas Islam jalan tengah (Wasatiyat Islam).

“KTT ini digagas Indonesia untuk mengembangkan dan mempromosikan konsep Wasatiyat Islam,” kata Din di Jakarta, Selasa (24/4).

Din menuturkan para ulama dan cendekiawan muslim dari seluruh negara akan bertemu membahas Islam jalan tengah sebagai peradaban bagi dunia Islam secara nasional maupun global.

Ia mengatakan KTT itu akan dihadiri 100 peserta dari kalangan ulama dan cendekiawan Muslim dari seluruh negara termasuk 50 ulama dunia.

Sejumlah cendekiawan dunia yang dipastikan hadir yakni Syekh Besar Universitas Al Azhar Kairo Mesir Prof Ahmad Muhammad Ath-Thayyib dan Presiden Forum Promosi Perdamaian Masyarakat Muslim Prof Abdullah bin Bayyah yang juga Presiden Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional.

Selama ini, menurut Din, banyak konsep dalam berbagai literatur buku dan kitab tafsir mengenai Islam sebagai jalan tengah namun sasaran KTT tersebut untuk merealisasikan konsep Wasatiyat Islam menjadi peradaban utama Islam.

Diungkapkan Din, KTT tersebut juga diharapkan menjadi ciri dan identitas umat Muslim pada tingkat nasional setiap negara maupun secara global.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jakarta Prof Syaiful Bakhri mengungkapkan peradaban Islam dunia yang modern diharapkan menjadi model bagi kaum Muslim untuk mengembangkan konsep perdamaian dunia.

Syaiful juga mengharapkan KTT yang akan digelar di Bogor Jawa Barat pada 1-3 Mei 2018 itu melahirkan satu kesepakatan tentang konsep Islam yang sentral dan menawarkan peradaban dunia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER