Sambut Kedatangan Menteri Haji Saudi, Kemenag Siapkan MoU Haji

JAKARTA– Kementerian Agama saat ini tengah mempersiapkan draft Nota Kesepahaman (MoU) terkait penyelenggaraan haji. MoU ini rencananya akan dibahas bersama dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi yang dijadwalkan akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat ini mendampingi kunjungan Khadimul Haramain, Raja Salman.

Pembahasan draft MoU ini dilakukan jajaran Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah beserta Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Luar Negeri, serta dipimpin langsung oleh Menag Lukman Hakim Saifuddin.

Sebagai draft awal, ada kurang lebih 14 item poin pokok yang dibahas dan didiskusikan secara mendalam. Ke-14 artikel tersebut berisi hal-hal berkenaan dengan penyelenggaraan Haji dan Umrah di Tanah suci, seperti kemungkinan pemasaran produk-produk bahan baku makanan untuk kebutuhan konsumsi, penyembelihan hewan kurban yang sesuai syariah dengan harga terjangkau, perumahan bagi jamaah, serta peningkatan kinerja petugas haji dan lain sebagainya.

Menag berharap, draft MoU ini dapat diselesaikan secepatnya, untuk kemudian dikomunikasikan dengan beberapa kementerian terkait, seperti Kemenlu dan lain sebagainya. Draft MoU yang sudah final ini nantinya akan dibahas bersama dengan draft yang juga disiapkan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi.

“Nanti kita kirim sesuai prosedur yang ada, biar mereka pelajari dulu. Jika dirasa kurang, biar mereka tambahi, atau jika kelebihan, biar mereka kurangi. Kita juga sedang menunggu draft MoU dari sana, untuk kita pelajari dan padukan,” terang Menag di Kantor Kemenag Jl MH Thamrin, Jakarta, Selasa (14/02).

Menag berharap, draft yang ada mudah dipahami dan tidak multitafsir, biar mudah dan jelas implementasinya. “Semoga draft ini bisa mengikat dua kementerian untuk saling bekerja sama untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi bagi jamaah haji, khususnya jamaah haji kita,” ucap Menag

EDITOR: Yus Arza

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.