Program Sertifikasi Amil Zakat Dinilai Tingkatkan Kualitas Lembaga Zakat

0
109
amil zakat
Rajin Abdul Aziz (kiri) dan Prasetyo Wibowo (kanan) dalam Seminar Sosialisasi Standarisasi Kompetensi Amil Zakat Wilayah Jakarta Raya, pada Ahad, 14/5/2017. (FOTO: SERUJI/Raditya FI)

JAKARTA – Forum Zakat Wilayah Jakarta Raya (Fozwil Jakarta) menggelar Seminar Sosialisasi Standarisasi Kompetensi Amil Zakat untuk wilayah DKI Jakarta Raya, pada Ahad pagi (14/5/2017), di Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia.

Seminar tersebut bertujuan agar setiap amil zakat telah disertifikasi/distandarisasi hingga meningkatkan kualitas seorang amil zakat. Program sertifikasi amil zakat berkaitan dengan proses penghimpunan, pengelolaan, dan penyaluran zakat. Dalam proses tersebut dibutuhkan tenaga-tenaga profesional, memiliki integritas dan transparansi.

Dalam seminar tersebut menampilkan dua narasumber, yaitu Asesor Standarisasi Amil Zakat Rajin Abdul Aziz, dan ahli Hukum Zakat Prasetyo Wibowo, .

Prasetyo Wibowo menyampaikan bahwa proses sertifikasi dan standarisasi kompetensi amil zakat harus dilakukan dengan detil. Tujuannya agar pengelola amil zakat lebih tertata rapi dan punya standar nilai yang sama baiknya. Standar nilai yang baik salah satunya mengelola zakat sesuai dengan aturan fiqih.

“Selain dilakukan dengan detil, akan ada uji kompetensi yang diajukan untuk para calon Amil Zakat. Tim Sertifikasi dan Standarisasi bekerjasama dengan Departemen Agama RI sebagai pembimbing”, kata Prasetyo.

Kemudian Rajin Abdul Aziz menyampaikan bahwa substansi skema kompetensi amil zakat harus dimiliki oleh setiap amil zakat.

“Setiap amil zakat harus memiliki skema kompetensi amil Zakat dengan tujuan paham akan Standard Operation Procedure (SOP), seperti pengetahuan standar Mustahik,” tutur Aziz.

Saat sesi tanya jawab berlangsung, salah seorang peserta, Eneng Humairah, dari Lembaga Amil Zakat Wahana Muda Indonesia (LAZ WMI) bertanya tentang kesamaan sertifikasi Amil Zakat dengan sertifikasi Guru atau Dosen.

“Apakah sertifikasi ini nanti sama seperti sertifikasi dosen, guru dan lainnya, yang nantinya mendapat honorarium, karena ada amil zakat yang kegiatannya full time, bukan sampingan?” tanya Eneng kepada Rajin Abdul Aziz.

Aziz menanggapi bahwa hal tersebut akan dijadikan masukan ke lembaga sertifikasi.

“Karena itu jika ada hubungan honorarium harus ada undang-undangnya. Saat ini belum ada, namun itu akan jadi masukan ke depan,” jawab Aziz.

Di akhir seminar, ketua panitia penyelenggara yang juga sebagai Ketua Fozwil Jakarta, Saiful Hidayat menyampaikan bahwa Fozwil Jakarta Raya membuat aplikasi yang bertujuan sebagai wadah komunikasi antar LAZ DKI Jakarta, agar mempermudah koordinasi jika ada penyaluran bantuan suatu bencana supaya tidak berlebihan.

 

CJ: Raditya Ferry Irawan
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

bambang soesatyo

Pengamat Optimis RUU KUHP Dapat Diselesaikan di Era Bamsoet

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Asosiasi Sarjana Hukum Tata Negara (ASHTN) Mei Susanto optimistis DPR di bawah kepemimpinan Bambang Soesatyo sebagai Ketua dapat menyelesaikan pembahasan Rancangan...
RUU Minuman Beralkohol

Kembali Pernyataan Ketum PAN Dibantah, Kali Ini Terkait RUU Minuman Beralkohol

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang tentang Larangan Minuman Beralkohol (RUU Minol) DPR RI, Arwani Thomafi membantah pernyataan Ketua Umum Partai...
Bima Arya Sugiarto

Pemkot Bogor Hentikan Izin Tempat Hiburan Malam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengambil tindakan preventif tidak mengeluarkan izin tempat hiburan malam (THM) pascakejadian perkelahian antara anggota Brimob dengan...

Coutinho Dekati Debut di Barca Setelah Berlatih Bersama Tim

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde mengatakan Philippe Coutinho dapat melakukan debutnya untuk klub pada pertandingan leg kedua perempat final Piala Raja melawan...
menhub

Menhub: Tilang Truk Kelebihan Muatan

CIKARANG, SERUJI.CO.ID - Polisi akan menilang truk yang membawa kelebihan muatan barang saat melaju di jalur Jakarta-Bandung, mengingat selama ini kendaraan tersebut dituding sebagai...
loading...
Perlengkapan Mendaki

Perlengkapan Mendaki Dengan Si Kecil

Untuk mengajak si kecil mendaki, tentunya memerlukan persiapan yang lengkap, selain persiapan mental dan fisik untuk orang tua tentunya. Berdasarkan pengalaman penulis pada saat mendaki...
panahan

Jelang Piala Danlanud Cup, Sejumlah Pemuda Gencar Berlatih Panahan

Kotawaringin Barat - Sejumlah pemuda berlatih olahraga Panahan di lokasi taman kota Pangkalan Bun Park Kotawaringin Barat (Kobar) Kalimantan Tengah, Minggu (21/1) sore. Sesi...
Model Berhijab

Pertama Kalinya, L’Oreal Gunakan Model Berhijab

Paris - L'Oréal Paris membuat gebrakan dengan memakai jasa seorang wanita berhijab Amena Khan, blogger asal inggris, untuk promosi produk perawatan rambut terbarunya, Elvive. Amena,...