PKPU Human Initiative Potong 225 Sapi di Wilayah Terdampak Gempa Lombok

LOMBOK, SERUJI.CO.ID – Idul Adha merupakan momentum ibadah sosial. Melalui hari raya tersebut ummat muslim diajarkan untuk memuliakan manusia sekitarnya dengan berbagi daging hewan qurban.

Ada yang berbeda dengan Idul Adha tahun ini. Perayaan hari besar Islam itu diwarnai dengan duka masyarakat Lombok atas bencana gempa bumi.

PKPU Human Initiative (PKPU HI) sebagai lembaga kemanusiaan memaksimalkan momentum Idul Adha ini untuk membantu masyarakat terdampak gempa Lombok.

“Sebelumnya kami memang sedang melakukan aksi siaga bencana disana. Lalu bersamaan dengan berlangsungnya program Sebar Qurban Nusantara (SQN) tahun ini kami fokuskan untuk memaksimalkan manfaat daging qurban untuk masyarakat terdampak gempa,” ungkap Aan Suherlan selaku Ketua Program SQN 2018.

Menurut Aan, PKPU HI telahbl menyembelih 225 ekor sapi langsung di sekitar wilayah terdampak. Pemotongan dilakukan oleh panitia qurban PKPU HI yang melibatkan masyarakat setempat.

“Alhamdulillaah, terimakasih PKPU HI, meski sedang kena musibah, kami masih bisa menikmati daging hewan qurban,” ungkap salah satu warga pengungsi.

Bencana yang menimpa Lombok dan sekitarnya telah berdampak luas terhadap kehidupan masyarakat termasuk penyediaan makanan. PKPU Human Initiative bersama masyarakat Indonesia berupaya memenuhi kebutuhan pangan dengan mendistribusikan daging qurban.

Selain itu berbagai program recovery sedang dijalankan. Aan Suherlan menerangkan, selain bantuan makanan, medis dan hygine kit, saat ini PKPU HI dalam proses membangun shelter, Sekolah darurat dan rehabilitasi masjid. (PKPU/ARIf R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.