PKPU HI Meraih Penghargaan “Moeslim Choice Award 2018”

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – PKPU Human Initiative (HI) memperoleh penghargaan anugerah ‘Moeslim Choice Award 2018’ sebagai Kategori Lembaga Kemanusiaan yang mendapatkan pengakuan Internasional.

Penghargaan tersebut disampaikan di Hotel Pullman Jakarta, Rabu (12/12/2018). Hadir dalam penerimaan Penghargaan ‘Moeslim Choice Award 2018’ tersebu, Vice Presiden PKPU Human Initiative, Sri Adi Bramasetia dan Tenaga Ahli Jaringan Aliansi Strategis PKPU Humas Initiative, Sukismo.

“Penghargaan ini ujian buat kami, agar kami bisa lebih besar lagi berkontribusi dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia.” ujar Sukismo dalam rilis yang diterima SERUJI, Kamis (13/12).

Seperti diketahui, PKPU Human Initiative atau disingkat PKPU HI merupakan organisasi sosial nasional, yang 19 tahun berkiprah di dunia kemanusiaan senatiasa berupaya memberi #SolusiPeduli terhadap permasalahan kemanusiaan. Mulai dari penanganan Kebencanaan, Kesehatan, Pendidikan hingga peningkatan Ekonomi masyarakat.

PKPU HI bergerak dengan tiga pilar utama, yakni 1) Initiative for Disaster, 2) Initiative for Children, serta 3) Initiative for Empowerment.

Demi memberikan manfaat yang lebih luas, PKPU HI membuka kantor cabang di luar negeri seperti di UK, Australia, Korea Selatan, serta beberapa representatif di berbagai negara lainnya.

Terbentuk karena rasa kepedulian terhadap tragedi kemanusiaan pada tahun 1997 hingga 1999, sekelompok pemuda melakukan aksi sosial memberikan harapan untuk negeri.

Melanjutkan aksi mereka yang disertai kesadaran terhadap potensi filantropi di Indonesia, serta untuk mengoptimalkan masyarakat prasejahtera agar bisa mandiri, lahirlah Yayasan PKPU pada 10 Desember 1999. Lalu pada 8 Oktober 2001, PKPU ditetapkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK Menteri Agama Nomor 441.

Kemudian 22 Juli 2008, PKPU terdaftar di PBB (UN) sebagai NGO dengan “Special Consultative Status with the Economic Social Council” (ECOSOC). Berlanjut, 29 Januari 2010, PKPU resmi terdaftar sebagai Organisasi Sosial Nasional berdasarkan Keputusan Menteri RI Nomor 08/Huk/2010,

Dan pada 8 Oktober 2010, PKPU terdaftar di Uni Eropa dengan nomor registrasi Europe Aid ID Nomor 2010-CSD-1203198618. Berlakunya UUD Zakat Nomor 11 Tahun 2011 mengharuskan PKPU melakukan spin off pada awal tahun 2016. PKPU HI pun fokus mengelola dana kemanusiaan, dan pada akhir tahun 2016 mengubah nama menjadi PKPU Human Initiative. (PKPU/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER