Malam Lebaran 2017, Ratusan Polisi Kawal Pawai Takbir di Padang

1
67
pawai takbir, takbir keliling

PADANG – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat menurunkan 138 personel untuk mengamankan kegiatan malam takbiran Idul Fitri 1438 Hijriah di kota itu.

“Personel tersebut akan terbagi dalam dua fokus yakni pengamanan lalu lintas dan pengamanan lokasi takbiran yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar,” kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Menurutnya pengamanan ini dilakukan agar kegiatan perayaan malam takbiran dapat berjalan lancar. Terutama arak-arakan kendaraan dari GOR Haji Agus Salim menuju Mesjid Raya Sumbar.

“Jarak arak-arakan kendaraan memang tidak terlalu panjang namun rekayasa lalu lintas tetap dilakukan agar pelaksanaanya tetap lancar,” tambahnya.

Peserta pawai malam takbiran atau takbir keliling awalnya berkumpul di GOR Haji Agus Salim kemudian mereka bergerak melalui jalan Rimbo Kaluang, Raden Saleh dan berakhir di Jalan Ahmad Dahlan.

“Setelah melakukan arak-arakan peserta akan melakukan kegiatan di halaman parkir Masjid Raya Sumbar,” sebutnya.

Selain itu pengamanan di Masjid Raya Sumbar pihaknya telah menurunkan personel Sabhara Polresta Padang yang bertugas langsung menjaga keamanan di lokasi itu.

“Sejauh ini memang belum ada ancaman tindakan kejahatan namun kami tetap waspada agar kegiatan ini berjalan kondusif,” lanjutnya.

Chairul mengatakan pengamanan itu akan dilakukan hingga kegiatan takbiran ini selesai.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Japeri menyebutkan kegiatan takbiran bertujuan untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1438.

“Kami harapkan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar ini” sebutnya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kemenag Kota Padang dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumbar.

“Pada malam itu kegiatan takbiran hanya dimotori oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Padang, hanya satu kegiatan yang terpusat” ujar dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan itu pihaknya membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pengamanan di lokasi.

Menurut dia kegiatan takbiran tersebut akan diikuti oleh peserta yang berasal dari sebelas kecamatan di Kota Padang. (IwanY)

Komentar

BACA JUGA
Bendera PBB

Dewan Keamanan PBB Sahkan Resolusi Gencatan Senjata di Suriah

NEW YORK, SERUJI.CO.ID - Dewan Keamanan PBB pada Sabtu (23/2) akhirnya mengesahkan sebuah resolusi, yang mendesak agar gencatan senjata diterapkan selama setidaknya 30 hari...
garam

Tingkatkan Kualitas, Pemkab Kembangkan 75 Hektar Lahan Garam Terintegerasi

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, mengembangkan 75 hektar lahan garam terintegrasi di dua kecamatan yaitu Labakkang dan Bungoro. "Tahun ini kami...

Legislator: Generasi Muda Lebih Suka Baca Status Daripada Buku

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Mujib Rohmat prihatin dengan generasi muda yang lebih senang membaca status di media...
akun ustadz Somad disuspend

Akun Ustadz Somad Raib, Ini Protes Kang Emil ke Instagram

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Jagad dunia maya dihebohkan dengan tiba-tiba lenyapnya akun instagram ulama terkemuka, ustadz Abdul Somad sejak hari ini, Ahad (25/2). Akun ustadz...

Drainase Buruk Sebabkan Jalan Protokol di Cianjur Banjir

CIANJUR, SERUJI.CO.ID - Sejumlah pengguna jalan menduga buruknya pembangunan drainase di sepanjang jalan protokol di Cianjur, Jawa Barat, sebagai penyebab banjir terutama ketika hujan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...