Malam Lebaran 2017, Ratusan Polisi Kawal Pawai Takbir di Padang

1
140
pawai takbir, takbir keliling

PADANG – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat menurunkan 138 personel untuk mengamankan kegiatan malam takbiran Idul Fitri 1438 Hijriah di kota itu.

“Personel tersebut akan terbagi dalam dua fokus yakni pengamanan lalu lintas dan pengamanan lokasi takbiran yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar,” kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Menurutnya pengamanan ini dilakukan agar kegiatan perayaan malam takbiran dapat berjalan lancar. Terutama arak-arakan kendaraan dari GOR Haji Agus Salim menuju Mesjid Raya Sumbar.

“Jarak arak-arakan kendaraan memang tidak terlalu panjang namun rekayasa lalu lintas tetap dilakukan agar pelaksanaanya tetap lancar,” tambahnya.

Peserta pawai malam takbiran atau takbir keliling awalnya berkumpul di GOR Haji Agus Salim kemudian mereka bergerak melalui jalan Rimbo Kaluang, Raden Saleh dan berakhir di Jalan Ahmad Dahlan.

“Setelah melakukan arak-arakan peserta akan melakukan kegiatan di halaman parkir Masjid Raya Sumbar,” sebutnya.

Selain itu pengamanan di Masjid Raya Sumbar pihaknya telah menurunkan personel Sabhara Polresta Padang yang bertugas langsung menjaga keamanan di lokasi itu.

“Sejauh ini memang belum ada ancaman tindakan kejahatan namun kami tetap waspada agar kegiatan ini berjalan kondusif,” lanjutnya.

Chairul mengatakan pengamanan itu akan dilakukan hingga kegiatan takbiran ini selesai.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Japeri menyebutkan kegiatan takbiran bertujuan untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1438.

“Kami harapkan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar ini” sebutnya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kemenag Kota Padang dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumbar.

“Pada malam itu kegiatan takbiran hanya dimotori oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Padang, hanya satu kegiatan yang terpusat” ujar dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan itu pihaknya membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pengamanan di lokasi.

Menurut dia kegiatan takbiran tersebut akan diikuti oleh peserta yang berasal dari sebelas kecamatan di Kota Padang. (IwanY)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Diduga Hirup Asap Pembakaran Ban Bekas, 7 Penambang Emas Tewas

LOMBOK, SERUJI.CO.ID - Sedikitnya tujuh penambang emas tewas diduga akibat menghirup asap pembakaran ban bekas yang masuk ke dalam lubang tambang di Desa Buwun Mas,...
Angin puting beliung

Enam Daerah di Aceh Diterjang Puting Beliung

ACEH, SERUJI.CO.ID - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menyatakan, hujan lebat disertai angin kencang dan puting beliung melanda enam daerah yang mengakibatkan masyarakat setempat mengalami...
Kecelakaan

Diduga Sopir Mengantuk, Sebuah Mobil Melompat ke Rawa

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID - Sebuah mobil jenis double cabin merek Nissan Navara melompat ke rawa, di pinggir Jalan Trans Sumatera Medan-Banda Aceh, tepatnya di Gampong Alue...

Laga Rusia Kontra Mesir Dinantikan Penggemar di Moskow

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Sejumlah penggemar sepak bola dari beberapa negara yang berada di Moskow menantikan laga antara tuan rumah Rusia melawan Mesir yang akan diselenggarakan...
becak-becak

Yogyakarta Kaji Tiga Desain Becak Alternatif

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan kajian desain becak alternatif dengan menyiapkan tiga tipe becak yang terdiri dari dua becak ramah lingkungan dan satu...