Malam Lebaran 2017, Ratusan Polisi Kawal Pawai Takbir di Padang

1
52
pawai takbir, takbir keliling

PADANG – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang, Sumatera Barat menurunkan 138 personel untuk mengamankan kegiatan malam takbiran Idul Fitri 1438 Hijriah di kota itu.

“Personel tersebut akan terbagi dalam dua fokus yakni pengamanan lalu lintas dan pengamanan lokasi takbiran yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar,” kata Kapolresta Padang, Kombes Pol Chairul Aziz di Padang, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Menurutnya pengamanan ini dilakukan agar kegiatan perayaan malam takbiran dapat berjalan lancar. Terutama arak-arakan kendaraan dari GOR Haji Agus Salim menuju Mesjid Raya Sumbar.

“Jarak arak-arakan kendaraan memang tidak terlalu panjang namun rekayasa lalu lintas tetap dilakukan agar pelaksanaanya tetap lancar,” tambahnya.

Peserta pawai malam takbiran atau takbir keliling awalnya berkumpul di GOR Haji Agus Salim kemudian mereka bergerak melalui jalan Rimbo Kaluang, Raden Saleh dan berakhir di Jalan Ahmad Dahlan.

“Setelah melakukan arak-arakan peserta akan melakukan kegiatan di halaman parkir Masjid Raya Sumbar,” sebutnya.

Selain itu pengamanan di Masjid Raya Sumbar pihaknya telah menurunkan personel Sabhara Polresta Padang yang bertugas langsung menjaga keamanan di lokasi itu.

“Sejauh ini memang belum ada ancaman tindakan kejahatan namun kami tetap waspada agar kegiatan ini berjalan kondusif,” lanjutnya.

Chairul mengatakan pengamanan itu akan dilakukan hingga kegiatan takbiran ini selesai.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Japeri menyebutkan kegiatan takbiran bertujuan untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1438.

“Kami harapkan masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan yang dipusatkan di Masjid Raya Sumbar ini” sebutnya.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan kerja sama antara Kemenag Kota Padang dengan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sumbar.

“Pada malam itu kegiatan takbiran hanya dimotori oleh Kanwil Kemenag dan Kemenag Padang, hanya satu kegiatan yang terpusat” ujar dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan itu pihaknya membutuhkan pengamanan dari pihak kepolisian dan Satpol PP untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan pengamanan di lokasi.

Menurut dia kegiatan takbiran tersebut akan diikuti oleh peserta yang berasal dari sebelas kecamatan di Kota Padang. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Suku Anak Dalam Jambi

11 Suku Anak Dalam Masuk Islam dan Ikut Sunatan Massal

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Wakil Bupati Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi, H Hillalatil Badri menghadiri sekaligus jadi saksi pada acara pengislaman 11 Suku Anak Dalam (SAD) serta...

Menangkan Khofifah-Emil, Demokrat Bentuk Posko Sampai Tingkat Desa

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Demokrat tampaknya akan all out memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil di Pilgub Jatim mendatang. Salah satu indikasinya adalah dengan membentuk...
Jokowi

Presiden Bertolak ke Turki Hadiri KTT OKI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi bertolak ke Istanbul, Turki, untuk menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk membahas...

KANAL WARGA TERBARU

Point Blur_Dec122017_090245

Empat Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...
perbedaan-fasilitas-bpjs-kesehatan-kelas-1-2-3

NIK Bermasalah di Sistem BPJS, Bagaimana Mengatasinya?

Nomor KTP atau resminya Nomor Induk Kependudukan (NIK) atas nama seorang pasien bernama Suratini ditemukan bermasalah oleh petugas pendaftaran RS UGM, Ahad (10/12) siang....
KH. Luthfi Bashori

Perintah Bernahi Munkar

Membiarkan kemunkaran terjad di depan mata, adalah perbuatan tercela. Muslim yang baik adalah muslim yang peduli terhadap kemashlahatan lingkunganya, sekira jika terjadi kemaksiatan di...