Malam Lebaran 2017, Pemkot Pontianak Siap Adu 259 Meriam Karbit

0
85
meriam karbit
Festival Meriam Karbit di Pontianak. (Foto: Istimewa)

PONTIANAK – Festival Meriam Karbit yang merupakan agenda tahunan menjelang akhir bulan Ramadhan atau bertepatan dengan malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah kembali digelar di Pontianak, Kalimantan Barat.

Bagi masyarakat Pontianak, selain gema takbir di malam Idul Fitri, tak sah rasanya kalau tidak mendengarkan dentuman meriam karbit.

Wakil Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono meminta pihak penyelanggaraan Festival Meriam Karbit malam Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah dalam mempersiapkan dengan matang agar kegiatan berlangsung lancar dan sukses.

“Saya minta kepada panitia agar dapat mengatur dengan baik segala persiapan hingga pada pelaksanaan Festival Meriam Karbit berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya di Pontianak, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Ia menjelaskan, permainan meriam karbit memiliki sejarah terkait berdirinya Kota Pontianak dan hanya ada di Kota Pontianak, sehingga patut dilestarikan dalam menarik minat orang luar untuk berkunjung ke Pontianak.

Sementara itu, Sekretaris Forum Meriam Karbit Kota Pontianak, Barry Shilmon menyatakan, Festival Meriam Karbit tahun 2017 akan diikuti oleh 44 kelompok dengan jumlah keseluruhan sebanyak 259 unit Meriam Karbit.

meriam karbit
Festival Meriam Karbit di Pontianak. (Foto: Istimewa)

Ia menjelaskan, Festival Meriam Karbit 2017, dimulai bertepatan malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah.

“Tahun ini Festival Meriam Karbit akan dipusatkan di Gang Kamboja, pinggiran Sungai Kapuas. Ada empat kriteria penilaian dalam festival yang rutin digelar setiap malam Lebaran ini, yakni dari bunyi meriam, motif meriam, kebudayaan yang ditampilkan serta dekorasinya,” ungkapnya.

Total hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp39 juta, dengan rincian juara I akan mendapatkan Rp8 juta, juara II Rp6 juta, dan juara III sebesar Rp4 juta. Selain itu, ada pula hadiah bagi pemenang harapan I, II dan III serta juara favorit.

meriam karbit
Festival Meriam Karbit. (Foto: Istimewa)

Untuk persiapan panggung utama, lokasi penjemputan tamu dan kemasan acara pembukaan sudah dipersiapkan panitia.

Sedangkan untuk penjemputan tamu undangan VIP akan menggunakan transportasi air dari Hotel Kartika ke lokasi acara. Tamu lainnya akan dilakukan penjemputan dari Pelabuhan Seng Hie.

“Digunakannya transportasi air karena akses menuju lokasi kegiatan yakni di Kampung Kamboja tidak memungkinkan untuk dilewati tamu undangan karena akses jalan menuju lokasi akan ramai dikunjungi oleh warga, dan jalannya juga sempit,” katanya. (IwanY)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

buku ips kelas 6

PKS Minta Pemerintah Selidiki Buku IPS Yudistira

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID - Partai Keadilan Sejahtera Kepulauan Riau meminta pemerintah menyelidiki buku IPS yang diterbitkan PT Yudistira untuk kelas VI SD, karena di salah satu...
zainut tauhid

Belum Ada Sertifikat Halal Vaksin Difteri, MUI: Hukum Imunisasi itu Mubah

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid Saadi mengatakan MUI belum menerima pendaftaran dan permintaan pemeriksaan kehalalan vaksin difteri dari pihak...

Kongres HIPMI, Gus Ipul: Jangan Biarkan Pengusaha Asing Jadi Pemenang di Negeri Kita

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mampu menghadirkan pengusaha-pengusaha muda yang bisa bersaing...

KANAL WARGA TERBARU

Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...
Diky Supratman

Tiga Tahun Bocah Ini Berjuang Dengan Penyakitnya

Kotawaringin Barat - Diky Supratman (16) anak dari pasangan Mustofa dan Marni jl. Ahamd Yani gg. Baning RT 29 Kelurahan Baru Arut Selatan Kotawaringin...