Malam Lebaran 2017, Pemkot Pontianak Siap Adu 259 Meriam Karbit

PONTIANAK – Festival Meriam Karbit yang merupakan agenda tahunan menjelang akhir bulan Ramadhan atau bertepatan dengan malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriah kembali digelar di Pontianak, Kalimantan Barat.

Bagi masyarakat Pontianak, selain gema takbir di malam Idul Fitri, tak sah rasanya kalau tidak mendengarkan dentuman meriam karbit.

Wakil Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono meminta pihak penyelanggaraan Festival Meriam Karbit malam Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah dalam mempersiapkan dengan matang agar kegiatan berlangsung lancar dan sukses.

“Saya minta kepada panitia agar dapat mengatur dengan baik segala persiapan hingga pada pelaksanaan Festival Meriam Karbit berjalan dengan lancar dan sukses,” ucapnya di Pontianak, dilansir dari Antara, Sabtu (24/6).

Ia menjelaskan, permainan meriam karbit memiliki sejarah terkait berdirinya Kota Pontianak dan hanya ada di Kota Pontianak, sehingga patut dilestarikan dalam menarik minat orang luar untuk berkunjung ke Pontianak.

Sementara itu, Sekretaris Forum Meriam Karbit Kota Pontianak, Barry Shilmon menyatakan, Festival Meriam Karbit tahun 2017 akan diikuti oleh 44 kelompok dengan jumlah keseluruhan sebanyak 259 unit Meriam Karbit.

meriam karbit
Festival Meriam Karbit di Pontianak. (Foto: Istimewa)

Ia menjelaskan, Festival Meriam Karbit 2017, dimulai bertepatan malam menyambut Idul Fitri 1438 Hijriyah.

“Tahun ini Festival Meriam Karbit akan dipusatkan di Gang Kamboja, pinggiran Sungai Kapuas. Ada empat kriteria penilaian dalam festival yang rutin digelar setiap malam Lebaran ini, yakni dari bunyi meriam, motif meriam, kebudayaan yang ditampilkan serta dekorasinya,” ungkapnya.

Total hadiah yang akan diperebutkan senilai Rp39 juta, dengan rincian juara I akan mendapatkan Rp8 juta, juara II Rp6 juta, dan juara III sebesar Rp4 juta. Selain itu, ada pula hadiah bagi pemenang harapan I, II dan III serta juara favorit.

meriam karbit
Festival Meriam Karbit. (Foto: Istimewa)

Untuk persiapan panggung utama, lokasi penjemputan tamu dan kemasan acara pembukaan sudah dipersiapkan panitia.

Sedangkan untuk penjemputan tamu undangan VIP akan menggunakan transportasi air dari Hotel Kartika ke lokasi acara. Tamu lainnya akan dilakukan penjemputan dari Pelabuhan Seng Hie.

“Digunakannya transportasi air karena akses menuju lokasi kegiatan yakni di Kampung Kamboja tidak memungkinkan untuk dilewati tamu undangan karena akses jalan menuju lokasi akan ramai dikunjungi oleh warga, dan jalannya juga sempit,” katanya. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER