Gerakkan Ekonomi Warganya, NU Rancang Sistem Perekonomian

1
123
KH. Said Agil Siradj, Ketua Umum PBNU di Ansor Mart. (foto:NU Online)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan Islam yang beranggotakan jutaan orang, NU berinisiatif menggerakkan perekonomian warganya dengan merancang sebuah sistem.

Menurut H. Zainal Effendi sebagaimana dilansir situs NUOnline, Selasa (03/10/2017), besarnya potensi perekonomian warga NU selama ini belum terkoordinasi dengan baik.

Wakil Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama tersebut mengatakan bahwa potensi perekonomian NU yang dikembangkan banom, lembaga, dan warga NU selama ini masih berjalan sendiri-sendiri.

“Berbagai aktivitas ekonomi yang dimiliki NU diantaranya adalah percetakan Ma’arif, LKK yang menyediakan alat-alat kesehatan, LAZISNU yang menggalang dana bagi fakir miskin serta dana kemanusiaan lainnya,” kata Zainal dalam acara Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan di gedung PBNU, Jakarta, Selasa (3/10).

Belum terkoordinasinya potensi yang ada menyebabkan perekonomian warga NU belum bergerak secara masif, dan belum memberikan manfaat secara maksimal bagi warga Nahdhiyin.

Untuk itu diperlukan upaya sinkronisasi serta sinergi. Selain itu diperlukan data yang valid, dan identifika potensi ekonomi segenap warga NU melalui masing-masing lembaga dan banom.

Hasil FGD lainnya adalah perlunya bendera bersama segenap warga NU untuk mengatur sistemnya agar bisa bekerja secara optimal. Hasil dari Focus Group Discussion tersebut akan dibahas lebih lanjut di Konferensi Besar NU yang akan diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada bulan November yang akan datang.

Pada FGD tersebut juga disepakati LPNU sebagai penggerak sistem perekonomian Warga NU.

Dengan upaya yang lebih terkoordinir dan bersinergi, diharapkan aktivitas perekonomian warga NU kedepan bisa lebih dirasakan oleh warga NU secara khusus, dan warga Indonesia pada umumnya.

Hal tersebut diharapkan akan memberikan manfaat ekonomi dan kesejahteraan yang lebih besar bagi segenap warga Nahdhiyin yang banyak tinggal di berbagai wilayah terutama pedesaan, bukan sekedar manfaat dari sisi keagamaan ataupun pendidikan seperti yang dirasakan selama ini. (Nico/Hrn)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Coba suruh para petinggi2 BNPT, BIN, Densus88 utk kembali belajar sejarah dunia dan Indonesia :

    • Iosef Dyadkin, peneliti sejarah Rusia, (publikasi Samizdat), mengatakan 52,1 juta orang dibantai rezim Marxis. Anthony Lutz mencatat 60 juta rakyat Cina dibantai komunis. James Nihan menemukan 105 juta orang (The Marxist Empire) dan Rummel 95,2 juta orang (Religion and Society Report). Dari ke-4 sumber ini, komunis Marxis-Leninis-Maois telah menghabisi nyawa rata-rata 2.739 orang per harinya.
    • Pol pot (SekJend Partai Komunis Kamboja) membantai jutaan rakyatnya.
    • 1945-68 : Komunis membantai tentara, ulama dan umat Islam di Indonesia.
    • Umat Hindu membantai, menyiksa dan membakar lebih dari 2.000 Muslim (2002) di Negara bag. Barat India, Gujarat
    • Umat Budha membantai ribuan Muslim Rohingya.

    Kerjahatan Umat Kristen/Yahudi :

    • Membantai jutaan suku Aborigine Australia, suku Indian Amerika dan budak negro Afrika.
    • Mencetuskan PD-I dan II, membom Hiroshima-Nagasaki sehingga jutaan rakyat Jepang meregang nyawa.
    • Menjajah hampir 2/3 negara di dunia selama berabad-abad, menguras kekayaan SDA-nya.
    • Kristen membantai umat Muslim Philipina.
    • 1994 : Rwanda, Kristen Tutsi membantai ribuan muslim tak berdosa.
    • 1995 : Bosnia Herzegofina, Kristen membantai dan memperkosa lebih dari 8.000 Muslim.
    • 2013 : Republik Afrika Tengah (RAT), Milisi Kristen Anti Balaka telah membantai lebih dari 6000 muslim.
    • Jutaan umat Islam yang tewas akibat penyerangan negara Palestina, Afganistan, Irak, Syiria, Libya, dll.
    • 1999 : Kristen membantai ribuan umat Islam di Poso, Ambon, Maluku.
    • FBI sendiri telah merilis di situs resminya (LoonWatch)-Januari 2010, bahwa serangan teror yang dilakukan umat Islam diseluruh dunia persentasenya sangat kecil. Dari total 543 serangan teroris (2009-2010) yang dilakukan oknum umat Islam hanya 0.4% (kurang dari 1%). Artinya 99% lebih aksi terorisme dilakukan oleh separatis Non Muslim. Dengan kata lain umat kafir hampir 100 kali lebih banyak melakukan kejahatan terorisme dibanding muslim.

    Dari sekian banyak kejahatan kemanusian luar biasa, sepanjang sejarah diseluruh benua, mana yg dilakukan umat Islam, toko Islam, organisasi Islam atau negara Islam ? Satupun tidak ada. Semuanya dilakukan oleh umat kafir Kristen, Yahudi, Hindu, Budha, Komunis.

    Jika ISIS yang mereka jadikan dalih, sesungguhnya kelompok ini hasil rekayasa kaum kafir. Baca : https://international.sindonews.com/read/1128647/42/asisten-profesor-as-isis-ciptaan-israel-operasi-cia-dan-mossad-1470281889, atau http://www.portal-islam.id/2015/03/pengakuan-hillary-clinton-isis-ciptaan.html

    Jadi…, seluruh kasus terorisme yang terjadi (Bom WTC, Paris, bom Bali1-2, JW Mariot, Kedubes, bom Sarinah, Kampung Melayu, berbagai bom gereja, dll), semua itu tak lebih rekayasa kaum kafir, aparat dan intelijen.
    Karena itu, berhentilah memfitnah Islam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...