Nih, Nasihat Pakar jika Pesawat Kecelakaan

LONDON– Harap diingat, sebagian besar kecelakaan pesawat itu boleh dikata terselamatkan. Catatan di seluruh dunia menunjukkan, 87,7% insiden melibatkan nol kematian. Namun, yang banyak menjadi berita justru kecelakaan dengan jumlah kematian besar.

Pada 22 Desember 2009, pesawat Boeing 737-823 American Airlines flight-331 mengalami kecelakaan di Bandara Internasional Norman Manley di Kingston, Jamaika. Pesawat dengan 148 penumpang dan enam awak itu tergelincir di landasan saat mendarat. Meski badan pesawat patah tiga, tak satu pun ada korban tewas.

Dalam kondisi kecelakaan pesawat, cara bertahan hidup perlu diketahui. Ini bisa meningkatkan peluang selamat dengan sesedikit mungkin cedera. Begitu diungkapkan pakar keselamatan udara dikutip Mail Online dan disebarkan Yahoo Canada pada 11 Februari 2017.

Ia mencontohkan, kasus jatuhnya pesawat di Kolombia 29 November 2016. Pesawat berisi 77 orang, termasuk tim sepakbola Chapecoense dari Brazil, itu menubruk gunung dekat Medellin. Hanya enam yang selamat, yakni tiga pemain bola, dua awak, dan seorang wartawan.

Ia menyebut, korban selamat mengikuti ‘protokol keadaan darurat’ seperti yang diperagakan sebelum pesawat berangkat. Awak pesawat yang selamat mengaku dalam posisi duduk untuk melindungi diri dari benturan. Sementara, penumpang lain berdiri dan hanya berteriak-teriak.

Dengan mengambil posisi ‘menjepitkan diri’, yakni tubuh meringkuk dan sabuk pengaman dipasang terpasang kencang, maka itu bisa mencegah sebagian besar luka parah yang mungkin terjadi dalam kecelakaan.

Pakar itu mengatakan, “Ketika pesawat mengalami kecelakaan, ada dua benturan besar. Benturan pertama, saat pesawat menyentuh bumi. Lalu, saat pesawat berhenti, terjadi benturan sekunder yang tak kalah penting. Saat pesawat berhenti bergerak, tubuh bagian atas Anda justru bergerak maju. Sangat mungkin kepala terpelanting lalu membentur sesuatu. Apa lagi jika duduk di kursi kelas ekonomi.”

Maka, posisi terbaik adalah tubuh meringkuk seperti berjongkok dan mengurangi gerakan kepala ke depan. “Usahakan dalam posisi yang dapat menghentikan tubuh atas dan kepala terpelanting ke depan. Jika dalam posisi seperti itu saat kecelakaan pesawat, Anda memiliki kesempatan untuk bertahan hidup.”

Jika kecelakaannya melibatkan benturan langsung dan frontal antara pesawat dengan daratan, mungkin kecil sekali peluang bertahan hidup. Namun, kecelakaan semacam itu sangat jarang terjadi. Jauh lebih jarang jika dibandingkan kasus pesawat tegelincir di landasan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER