YLKI: Masyarakat Jauhi Penggunaan Pil PCC yang Merusak Otak

0
155
Obat terlarang PCC beredar di Kendari. (Foto: Istimewa)

MEDAN – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara minta kepada masyarakat segera menjauhi penggunaan pil PCC (Paracetamol Cafein Carisoprodol) karena sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Mengonsumsi pil Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) itu, dapat menimbulkan gangguan kejiwaan, tidak merasa takut sedikitpun, tubuh kejang, dan pemikiran terasa seperti melayang-layang,” kata Ketua YLKI Sumut, Abubakar Siddik di Medan, Jumat (15/9).

Bahkan akibat menggunakan Pil PCC tersebut, menurut dia, puluhan remaja terpaksa dirawat di Rumah Sakit Jiwa Kendari, karena mereka berperilaku seperti orang gila dan meresahkan masyarakat.

“Para remaja tersebut, kelihatan melawan dan memberontak, serta mengejar mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi, hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ujar Abubar.

Ia menyebutkan, setelah beredarnya obat PCC itu, juga banyak menimbulkan jatuhnya korban jiwa di Kendari.

Sehubungan dengan peristiwa di Kendari itu, jangan sampai terjadi pula di Kota Medan, dan daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara.

“Kita tidak menginginkan ada warga Medan mengalami gangguan kejiwaan, karena mengonsumsi pil PCC, hal tersebut agar dilakukan pencegahan oleh aparat kepolisian dan bekerjasama deng Balai Besar Pengawasan obat dan Makanan (BBPOM) Medan,” ucapnya.

Abubakar juga berharap kepada pemerintah melalui Kementerian Kesehatan agar menarik dari peredaran pil PCC itu, dan begitu juga yang dijual di sejumlah apotek.

Hal ini, terpaksa harus dilakukan demi untuk mencegah para remaja tidak membeli pil yang dapat merusak moral dan mental generasi muda harapan bangsa.

Apalagi, jelasnya, harga pil PCC tersebut cukup murah dan dapat terjangkau oleh masyarakat.

“Pemerintah diharapkan dapat menyelamatkan para remaja dan pelajar dari bahaya pil PCC tersebut,” kata Ketua YLKI Sumut itu.

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU