YLKI: Masyarakat Jauhi Penggunaan Pil PCC yang Merusak Otak

0
155
Obat terlarang PCC beredar di Kendari. (Foto: Istimewa)

MEDAN – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara minta kepada masyarakat segera menjauhi penggunaan pil PCC (Paracetamol Cafein Carisoprodol) karena sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Mengonsumsi pil Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) itu, dapat menimbulkan gangguan kejiwaan, tidak merasa takut sedikitpun, tubuh kejang, dan pemikiran terasa seperti melayang-layang,” kata Ketua YLKI Sumut, Abubakar Siddik di Medan, Jumat (15/9).

Bahkan akibat menggunakan Pil PCC tersebut, menurut dia, puluhan remaja terpaksa dirawat di Rumah Sakit Jiwa Kendari, karena mereka berperilaku seperti orang gila dan meresahkan masyarakat.

“Para remaja tersebut, kelihatan melawan dan memberontak, serta mengejar mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi, hal ini dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ujar Abubar.

Ia menyebutkan, setelah beredarnya obat PCC itu, juga banyak menimbulkan jatuhnya korban jiwa di Kendari.

Sehubungan dengan peristiwa di Kendari itu, jangan sampai terjadi pula di Kota Medan, dan daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara.

“Kita tidak menginginkan ada warga Medan mengalami gangguan kejiwaan, karena mengonsumsi pil PCC, hal tersebut agar dilakukan pencegahan oleh aparat kepolisian dan bekerjasama deng Balai Besar Pengawasan obat dan Makanan (BBPOM) Medan,” ucapnya.

Abubakar juga berharap kepada pemerintah melalui Kementerian Kesehatan agar menarik dari peredaran pil PCC itu, dan begitu juga yang dijual di sejumlah apotek.

Hal ini, terpaksa harus dilakukan demi untuk mencegah para remaja tidak membeli pil yang dapat merusak moral dan mental generasi muda harapan bangsa.

Apalagi, jelasnya, harga pil PCC tersebut cukup murah dan dapat terjangkau oleh masyarakat.

“Pemerintah diharapkan dapat menyelamatkan para remaja dan pelajar dari bahaya pil PCC tersebut,” kata Ketua YLKI Sumut itu.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Masih Belum Temukan 12 Surat Tanah, PLN Area Dumai Akan Urus Surat Pengganti

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Setelah berusaha mencari dan dua kali berturut-turut PT PLN (Persero) Area Dumai mengumumkan kehilangan sejumlah Sertifikat dan Surat Tanah lewat media,...
Mobil Perpus

Mobil Prestasi Muamalat Menarik Minat Baca Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dalam upaya menumbuhkan kembali minat baca dikalangan pelajar, PKPU Human Initiative bekerjasama dengan Mobil Prestasi Muamalat memberikan fasilitas Mobil perpustakaan keliling,...

Setelah Bertemu Puan Diam-Diam dan Kunjungi Ketum PAN, Hari ini Prabowo Gerilya ke SBY

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus melakukan gerilya politik sepajang sore hingga malam kemarin, Selasa (17/7). Prabowo yang sudah dipastikan maju...
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...