Warga Malinau Diminta Waspadai Penyakit Filariasis karena Menular

MALINAU, SERUJI.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara meminta masyarakatnya mewaspadai penyakit filariasis atau kaki gajah atas adanya penderita penyakit ini ditemukan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan John Felix Rundupadang di Malinau, Selasa (17/10), membenarkan bahwa penyakit kaki gajah ini dapat menular kepada semua kelompok umur sehingga patut diwaspadai.

“Penyakit ini menular dengan menyerang saluran dan kelenjar limfa akibat cacing filaria ini menjadi masalah serius di Kabupaten Malinau sehubungan adanya penderita yang pernah ditemukan,” kata John Felix.

Ia menjelaskan, penularan penyakit filariasis ini oleh nyamuk sangat berbahaya bagi masyarakat khususnya yang bermukim di pedesaan maupun perkotaan yang tidak menggunakan pengaman (kelambu) saat tidur.

Oleh karena itu, kata dia, Pemkab Malinau serius melakukan pencegahan dengan pengobatan dini.

“Karena penyakit ini dapat menimbulkan cacat tetap pada tubuh manusia dengan pembesaran pada kaki, lengan dan alat kelamin apabila tidak diantisipasi secepatnya,” jelasnya.

Seiring dengan upaya Pemkab Malinau ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan RI telah mencanangkan bulan Oktober sebagai bulan bebas penyakit filariasis (kaki gajah).

Program eliminasi penyakit ini telah dilakukan pengobatan pada 241 kabupaten/kota di Indonesia yang tergolong daerah endemis menggunakan DEC dan albendazole yang diberikan sekali dalam setahun.

WHO pada 2000 memperkirakan terdapat sekitar 120 juta orang di dunia yang menderita filariasis limfatik.

Sepertiga di antaranya mengidap infeksi yang parah hingga mengubah bentuk dari bagian tubuh yang terjangkiti.

Parasit filaria masuk ke tubuh manusia melalui gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi.

Parasit tersebut akan tumbuh dewasa berbentuk cacing, bertahan hidup selama 6 hingga 8 tahun, dan terus berkembang biak dalam jaringan limfa manusia.

Infeksi ini umumnya dialami sejak masa kanak-kanak dan menyebabkan kerusakan pada sistem limfatik yang tidak disadari sampai akhirnya terjadi pembengkakan yang parah dan menyakitkan. Pembengkakan tersebut kemudian dapat menyebabkan cacat permanen. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.