Sukses ASI Eksklusif pada Ibu yang Bekerja

SUKOHARJO – Air susu ibu (ASI) eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi umur 0-6 bulan tanpa tambahan cairan dan atau makanan lain. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang ibu apabila mampu menyusui bayinya secara eksklusif. Tak terkecuali ibu bekerja. Sayangnya, mayoritas instansi hanya memberikan cuti 3 bulan pada karyawannya, bagaimana menyiasati ini?

Kata kuncinya ada pada air susu ibu perah (ASIP). Selama bayi ditinggal bekerja, ASIP inilah yang akan menjadi nutrisinya. Luangkan waktu untuk memerah ASI di tempat kerja. Apabila tidak memungkinkan bisa diperah di rumah. Memerah ASI bisa dengan cara manual ataupun dengan alat perah (pompa ASI) yang sudah banyak beredar di pasaran. Tempatkan ASIP dalam botol yang terbuat dari kaca.

Setelah ASI diperah segera simpan ke dalam freezer dengan sebelumnya diberi label tanggal penyimpanan. Ini supaya kelak dikeluarkan dari freezer berdasarkan prinsip masuk awal keluar awal. Bila kegiatan memerah ASI di lokasi yang tidak tersedia kulkas bisa disiasati dengan disimpan di dalam tas ASIP yang sudah diisi dengan ice gel yang sudah dibekukan di freezer. Setelah sampai dirumah segera masukkan freezer.

Sebelum berangkat kerja susui bayi sampai kenyang. Manfaatkan ASIP dengan cara cairkan dulu ASIP beku di dalam pintu kulkas. Ambil secukupnya ASIP yang sudah mencair ke dalam dot yang tidak mengandung bisphenol A (BPA). Hangatkan dalam mangkok yang sudah berisi air hangat. Setelah hangat ASIP siap diminumkan. Buang sisa ASIP yang tidak dihabiskan bayi. Apabila bayi diasuh di tempat yang jauh dari rumah maka bekali bayi dengan ASIP beku ke dalam tas ASIP yang sudah berisi ice gel pack beku.

ASI yang sudah diperah dapat bertahan 4 jam di suhu ruangan, 3 hari di kulkas, 3 bulan di freezer. ASIP yang sudah dicairkan masih bisa bertahan 24 jam dan jangan dimasukkan kembali ke dalam freezer. Ibu bekerja tidak harus punya stok banyak ASIP, minimal tersedia cukup ASIP untuk sehari. Mudah kan? Selamat menikmati kepuasan menjadi ibu ASI eksklusif tanpa harus meninggalkan karir.

 

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy