Puasa Bisa Pulihkan Pankreas Penderita Diabetes

3
80

LONDON – Pankreas dapat dipicu untuk meregenerasi dirinya sendiri melalui diet puasa. Jika pankreas sehat, maka gangguan diabetes bisa diatasi dengan sendirinya. Demikian hasil penelitian para ahli di Amerika Serikat dan Italia, yang dikutip BBC News edisi Jumat (24/ 2)

Penelitian pada tikus menunjukkan diet puasa rendah kalori dapat membantu mengatasi kasus diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penelitian terhadap tikus-tikus percobaan yang direkayasa memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2 memberi hasil positif terkait diet puasa.

Pankreas adalah organ yang menggunakan sel-sel khusus yakni ‘sel beta’ untuk memproduksi hormon insulin. Hormon ini digunakan tubuh untuk memecah gula dalam darah (glukosa). Pada diabetes tipe 1, pankreas berhenti memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 2, insulin yang diproduksi tidak cukup atau sel-sel dalam tubuh sudah gagal merespon insulin (resistensi insulin).

Penelitian tentang diet puasa dan regenerasi pankreas ini dilakukan para ahli dari University of Southern California dan Institut Koch di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, serta IFOM FIRC Institute of Molecular Oncology di Italia, dan didanai hibah dari US National Institutes of Health (NIH) dan US National Institute on Aging (NIA). Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Cell yang sudah diperiksa oleh sesama peneliti.

Dalam penelitian, tikus-tikus percobaan direkayasa untuk mendapat diabetes tipe 1 atau 2. Selama empat hari, tikus-tikus itu diberi makan yang rendah kalori, rendah protein, dan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Dari sini tikus-tikus itu menunjukkan gejala diabetes tipe 1 atau 2.

Kemudian, tikus-tikus itu dikenai diet puasa. Mereka menerima setengah dari asupan kalori normal harian pada hari pertama, diikuti oleh tiga hari dari 10% dari asupan kalori normal. Para peneliti mengulangi ini dengan cepat pada tiga kesempatan, dengan 10 hari jeda diet. Lalu, pankreas tikus-tikus itu diperiksa.

Hasilnya, pada tikus model yang memiliki diabetes tipe 1 dan tipe 2, diet puasa ini cukup menggembirakan. Produksi insulin dipulihkan, resistensi insulin berkurang, dan sel-sel beta dapat diregenerasi.

Penelitian laboratorium awal dengan melibatkan sampel sel manusia menunjukkan potensi yang sama. Hasil ini cukup menjanjikan. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan ini pada manusia. Apa yang berlaku untuk tikus tidak selalu berlaku pada manusia.

BBC News, mengutip salah satu peneliti, Dr Longo, memperingatkan, “Jangan coba ini sendirian di rumah. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, jangan langsung diet puasa tanpa mendapat pertimbangan medis terlebih dahulu. Perubahan mendadak dalam asupan kalori bisa memiliki efek tak terduga dan malah mengakibatkan komplikasi.”

EDITOR: Omar Ballaz.

BAGIKAN
loading...

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

kereta ringan

DPR: Pemerintah Harus Tuntaskan Pembangunan LRT

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Nusirwan Soedjono menilai, pemerintah harus menuntaskan pembangunan kereta ringan Light Rail Transit...
Imunisasi

Warga Depok Kesulitan Ingin Dapatkan Imunisasi Difteri

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga di Kota Depok kesulitan ingin mendapatkan imunisasi difteri program imunisasi tanggap kejadian luar biasa kasus difteri di Indonesia atau...
Setya Novanto diperiksa KPK 2

Ahli: Praperadilan Gugur Saat Hakim Membuka Sidang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ahli hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar menyatakan bahwa sidang praperadilan dapat gugur saat Majelis Hakim membuka...

KANAL WARGA TERBARU

KH. Luthfi Bashori

Jangan Makan Daging Biawak

Konon, di Mina pada kisaran tahun 1990-an, saat berlangsung ibadah mabit dan lempar Jumrah di musim haji, banyak sekali para pendatang dari berbagai daerah...
Untitled

Utopia Share Syndrome

Hadirnya media sosial di tengah kerasnya kehidupan telah melahirkan "penyakit" baru yang bolehlah saya sebut dengan istilah "Share Syndrome". Sederhananya, Share Syndrome adalah semacam...

Max Havelaar dan AMDK Ummat

Dowwes Dekker adalah salah satu pencabut tonggak kejam kolonialisme di bumi Nusantara. Ia menjadi amtenaar saat Gubernur Jenderal Johannes van den Bosch memaksa penduduk...