close

Puasa Bisa Pulihkan Pankreas Penderita Diabetes

LONDON – Pankreas dapat dipicu untuk meregenerasi dirinya sendiri melalui diet puasa. Jika pankreas sehat, maka gangguan diabetes bisa diatasi dengan sendirinya. Demikian hasil penelitian para ahli di Amerika Serikat dan Italia, yang dikutip BBC News edisi Jumat (24/ 2)

Penelitian pada tikus menunjukkan diet puasa rendah kalori dapat membantu mengatasi kasus diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penelitian terhadap tikus-tikus percobaan yang direkayasa memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2 memberi hasil positif terkait diet puasa.

Pankreas adalah organ yang menggunakan sel-sel khusus yakni ‘sel beta’ untuk memproduksi hormon insulin. Hormon ini digunakan tubuh untuk memecah gula dalam darah (glukosa). Pada diabetes tipe 1, pankreas berhenti memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 2, insulin yang diproduksi tidak cukup atau sel-sel dalam tubuh sudah gagal merespon insulin (resistensi insulin).

Penelitian tentang diet puasa dan regenerasi pankreas ini dilakukan para ahli dari University of Southern California dan Institut Koch di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, serta IFOM FIRC Institute of Molecular Oncology di Italia, dan didanai hibah dari US National Institutes of Health (NIH) dan US National Institute on Aging (NIA). Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Cell yang sudah diperiksa oleh sesama peneliti.


Dalam penelitian, tikus-tikus percobaan direkayasa untuk mendapat diabetes tipe 1 atau 2. Selama empat hari, tikus-tikus itu diberi makan yang rendah kalori, rendah protein, dan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Dari sini tikus-tikus itu menunjukkan gejala diabetes tipe 1 atau 2.

Kemudian, tikus-tikus itu dikenai diet puasa. Mereka menerima setengah dari asupan kalori normal harian pada hari pertama, diikuti oleh tiga hari dari 10% dari asupan kalori normal. Para peneliti mengulangi ini dengan cepat pada tiga kesempatan, dengan 10 hari jeda diet. Lalu, pankreas tikus-tikus itu diperiksa.

Hasilnya, pada tikus model yang memiliki diabetes tipe 1 dan tipe 2, diet puasa ini cukup menggembirakan. Produksi insulin dipulihkan, resistensi insulin berkurang, dan sel-sel beta dapat diregenerasi.

Penelitian laboratorium awal dengan melibatkan sampel sel manusia menunjukkan potensi yang sama. Hasil ini cukup menjanjikan. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan ini pada manusia. Apa yang berlaku untuk tikus tidak selalu berlaku pada manusia.

BBC News, mengutip salah satu peneliti, Dr Longo, memperingatkan, “Jangan coba ini sendirian di rumah. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, jangan langsung diet puasa tanpa mendapat pertimbangan medis terlebih dahulu. Perubahan mendadak dalam asupan kalori bisa memiliki efek tak terduga dan malah mengakibatkan komplikasi.”

EDITOR: Omar Ballaz.

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER