Puasa Bisa Pulihkan Pankreas Penderita Diabetes

LONDON – Pankreas dapat dipicu untuk meregenerasi dirinya sendiri melalui diet puasa. Jika pankreas sehat, maka gangguan diabetes bisa diatasi dengan sendirinya. Demikian hasil penelitian para ahli di Amerika Serikat dan Italia, yang dikutip BBC News edisi Jumat (24/ 2)

Penelitian pada tikus menunjukkan diet puasa rendah kalori dapat membantu mengatasi kasus diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penelitian terhadap tikus-tikus percobaan yang direkayasa memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2 memberi hasil positif terkait diet puasa.

Pankreas adalah organ yang menggunakan sel-sel khusus yakni ‘sel beta’ untuk memproduksi hormon insulin. Hormon ini digunakan tubuh untuk memecah gula dalam darah (glukosa). Pada diabetes tipe 1, pankreas berhenti memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 2, insulin yang diproduksi tidak cukup atau sel-sel dalam tubuh sudah gagal merespon insulin (resistensi insulin).

Penelitian tentang diet puasa dan regenerasi pankreas ini dilakukan para ahli dari University of Southern California dan Institut Koch di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, serta IFOM FIRC Institute of Molecular Oncology di Italia, dan didanai hibah dari US National Institutes of Health (NIH) dan US National Institute on Aging (NIA). Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Cell yang sudah diperiksa oleh sesama peneliti.


Dalam penelitian, tikus-tikus percobaan direkayasa untuk mendapat diabetes tipe 1 atau 2. Selama empat hari, tikus-tikus itu diberi makan yang rendah kalori, rendah protein, dan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Dari sini tikus-tikus itu menunjukkan gejala diabetes tipe 1 atau 2.

Kemudian, tikus-tikus itu dikenai diet puasa. Mereka menerima setengah dari asupan kalori normal harian pada hari pertama, diikuti oleh tiga hari dari 10% dari asupan kalori normal. Para peneliti mengulangi ini dengan cepat pada tiga kesempatan, dengan 10 hari jeda diet. Lalu, pankreas tikus-tikus itu diperiksa.

Hasilnya, pada tikus model yang memiliki diabetes tipe 1 dan tipe 2, diet puasa ini cukup menggembirakan. Produksi insulin dipulihkan, resistensi insulin berkurang, dan sel-sel beta dapat diregenerasi.

Penelitian laboratorium awal dengan melibatkan sampel sel manusia menunjukkan potensi yang sama. Hasil ini cukup menjanjikan. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan ini pada manusia. Apa yang berlaku untuk tikus tidak selalu berlaku pada manusia.

BBC News, mengutip salah satu peneliti, Dr Longo, memperingatkan, “Jangan coba ini sendirian di rumah. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, jangan langsung diet puasa tanpa mendapat pertimbangan medis terlebih dahulu. Perubahan mendadak dalam asupan kalori bisa memiliki efek tak terduga dan malah mengakibatkan komplikasi.”

EDITOR: Omar Ballaz.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Sandiaga: Layanan Kesehatan Bagi Warga Miskin Jakarta Masih Belum Layak

"Saya sangat prihatin melihat masih banyaknya masyarakat kurang mampu di Jakarta, yang masih belum terpenuhi pelayanan kesehatan yang layak," kata Sandiaga

Terekam Video, Polisi China Borgol dan Tutup Mata Ratusan Muslim Uighur

Ratusan pria muslim dari etnis Uighur terekam sebuah video sedang diborgol dan ditutup matanya sambil diawasi sekelompok polisi China. Diduga para pria tersebut akan digiring ke suatu lokasi yang kemungkinan adalah kamp-kamp penahanan.

Tren Pemasangan Iklan Jual Ruko di Lamudi Meningkat

Dari data jumlah iklan ruko yang dipasang di portal properti Lamudi.co.id menyebutkan, pada tahun 2017 ada 3.801 iklan, kemudian tahun 2018 ada 3.926 iklan, lalu tahun 2019 meningkat tajam menjadi 5.557 iklan ruko yang dipasang.

KPK Tetapkan Menpora Imam Nahrawi Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Suap KONI

"KPK telah tiga kali yakni pada 31 Juli, 2 Agustus, dan 21 Agustus 2019 mengirimkan panggilan untuk meminta keterangan, tapi IMR tidak pernah datang. KPK sudah memberikan ruang yang cukup bagi IMR untuk memberi keterangan dan klarifikasi pada tahap penyelidikan," ujar Marwata.

Bejat, Oknum Guru Meniduri Muridnya Ratusan Kali Bermodal Janji Menikahi

Aksi bejat yang berlangsung sejak tahun 2014 saat Lan masih berusia 14 tahun itu, dilakukan dengan jurus rayuan telah jatuh cinta pada Lan dan berjanji akan menikahi jika Lan telah berusia 18 tahun.

DPR Terima Surat KPK Soal Firli, Gerindra: Aneh Komisioner Lakukan Serangan di Detik-Detik Akhir

"Ini ada ketakutan yang luar biasa terhadap Firli. Penolakan luar biasa kepada Firli kan aneh nah ini lah intinya dalam fit and proper test ke depan kita akan pertanyakan hal-hal yang seperti itu," ungkap Desmond.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi