Puasa Bisa Pulihkan Pankreas Penderita Diabetes

LONDON – Pankreas dapat dipicu untuk meregenerasi dirinya sendiri melalui diet puasa. Jika pankreas sehat, maka gangguan diabetes bisa diatasi dengan sendirinya. Demikian hasil penelitian para ahli di Amerika Serikat dan Italia, yang dikutip BBC News edisi Jumat (24/ 2)

Penelitian pada tikus menunjukkan diet puasa rendah kalori dapat membantu mengatasi kasus diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penelitian terhadap tikus-tikus percobaan yang direkayasa memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2 memberi hasil positif terkait diet puasa.

Pankreas adalah organ yang menggunakan sel-sel khusus yakni ‘sel beta’ untuk memproduksi hormon insulin. Hormon ini digunakan tubuh untuk memecah gula dalam darah (glukosa). Pada diabetes tipe 1, pankreas berhenti memproduksi insulin. Pada diabetes tipe 2, insulin yang diproduksi tidak cukup atau sel-sel dalam tubuh sudah gagal merespon insulin (resistensi insulin).

Penelitian tentang diet puasa dan regenerasi pankreas ini dilakukan para ahli dari University of Southern California dan Institut Koch di Massachusetts Institute of Technology (MIT) di Amerika Serikat, serta IFOM FIRC Institute of Molecular Oncology di Italia, dan didanai hibah dari US National Institutes of Health (NIH) dan US National Institute on Aging (NIA). Hasilnya dipublikasikan dalam jurnal Cell yang sudah diperiksa oleh sesama peneliti.

Dalam penelitian, tikus-tikus percobaan direkayasa untuk mendapat diabetes tipe 1 atau 2. Selama empat hari, tikus-tikus itu diberi makan yang rendah kalori, rendah protein, dan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Dari sini tikus-tikus itu menunjukkan gejala diabetes tipe 1 atau 2.

Kemudian, tikus-tikus itu dikenai diet puasa. Mereka menerima setengah dari asupan kalori normal harian pada hari pertama, diikuti oleh tiga hari dari 10% dari asupan kalori normal. Para peneliti mengulangi ini dengan cepat pada tiga kesempatan, dengan 10 hari jeda diet. Lalu, pankreas tikus-tikus itu diperiksa.

Hasilnya, pada tikus model yang memiliki diabetes tipe 1 dan tipe 2, diet puasa ini cukup menggembirakan. Produksi insulin dipulihkan, resistensi insulin berkurang, dan sel-sel beta dapat diregenerasi.

Penelitian laboratorium awal dengan melibatkan sampel sel manusia menunjukkan potensi yang sama. Hasil ini cukup menjanjikan. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk memvalidasi temuan ini pada manusia. Apa yang berlaku untuk tikus tidak selalu berlaku pada manusia.

BBC News, mengutip salah satu peneliti, Dr Longo, memperingatkan, “Jangan coba ini sendirian di rumah. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1 atau tipe 2, jangan langsung diet puasa tanpa mendapat pertimbangan medis terlebih dahulu. Perubahan mendadak dalam asupan kalori bisa memiliki efek tak terduga dan malah mengakibatkan komplikasi.”

EDITOR: Omar Ballaz.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Terima Kasih Ahok!

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER