Nutella Bantah Produknya Penyebab Kanker

0
13

Jakarta, Seruji.com– Selai cokelat mengandung kontaminan yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Ferrero, pembuat Nutella, telah membantah klaim bahwa minyak sawit yang digunakan dalam hazelnut dan cokelat yang mereka gunakan bisa menyebabkan kanker.

Pada bulan Mei, Eropa Food Standards Authority memperingatkan bahwa kontaminan yang ditemukan dalam bentuk makanan berminyak adalah karsinogenik. Memperingatkan bahwa berisiko untuk anak-anak dan mengatakan tidak ada tingkatan yang dapat dianggap aman.

kelapa sawit ditemukan dalam ratusan merek makanan rumah tangga termasuk cokelat Cadbury, Clover dan bahkan Ben & Jerry, tapi Nutella sejauh ini telah menghadapi beban reaksi konsumen.

Beberapa pengecer di Italia, termasuk jaringan supermarket terbesar di negara itu, Coop, telah memboikot penyebaran produk tesebut sebagai tindakan pencegahan.

Sebagai tanggapan, Ferrero telah meluncurkan kampanye iklan dalam upaya untuk meyakinkan pelanggan bahwa produknya aman.

Ferrero menegaskan bahwa keputusan untuk tetap menggunakan kelapa sawit di Nutella, meski ada kekhawatiran keamanan, adalah karena kualitas produknya, bukan biaya. Zat ini digunakan untuk memberikan tekstur halus yang mengatakan tidak dapat dicapai dengan menggunakan minyak lainnya.

“Membuat Nutella tanpa minyak sawit akan menghasilkan pengganti rendah untuk produk yang nyata, itu akan menjadi langkah mundur,” manajer pembelian Ferrero Vincenzo Tapella kepada Reuters.

Ketakutan terhadap kanker berpusat pada senyawa yang dikenal sebagai glisidil ester asam lemak (GE), yang diproduksi dalam minyak sawit ketika dipanaskan di atas 200 derajat celsius, seperti dalam pengolahan untuk banyak makanan.

Dr Helle Knutsen, ketua Contam, panel EFSA yang menyelidiki minyak sawit, mengatakan pada Mei: “Ada bukti yang cukup bahwa glycidol adalah genotoksik dan karsinogenik, karena panel Contam tidak menetapkan tingkat yang aman untuk GE.”

Kontaminan dapat ditemukan di beberapa lain minyak nabati, margarin dan makanan olahan tapi EFSA menemukan bahwa itu diproduksi lebih tinggi, berpotensi berbahaya.

Organisasi Kesehatan Dunia dan Makanan PBB dan Organisasi Pertanian juga telah menyatakan keprihatinan tentang GE tetapi telah berhenti mengeluarkan peringatan tentang konsumsi. (rory)

Sumber :

http://www.independent.co.uk/news/business/news/nutella-causes-cancer-palm-oil-supermarket-ban-italy-cadburys-a7522291.html

Keterangan foto: Produsen Nutella membantah produknya bisa sebabkan kanker (foto ist)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Sri Untari

Jadi Cawagub Khofifah, PDIP Akan Pecat Emil Dardak Sebagai Kader

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - PDI Perjuangan akan memecat dengan mencabut kartu tanda anggota (KTA) Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak sebagai kader partai. Hal ini dilakukan...

Tentukan Nasib Novanto, Inilah Keputusan Rapat Pleno Partai Golkar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Pleno Partai Golkar baru saja berakhir. Rapat yang dimulai pukul 13.00 WIB ini menghasilkan beberapa keputusan. Antara lain, Rapat Pleno ‎memutuskan...
sawah tercemar

Diberi Dana Tali Asih, Petani Tetap Tuntut PT Mitrabara Bayar Ganti Rugi Yang Sesuai

MALINAU, SERUJI.CO.ID - PT Bara Dinamika Muda Sukses (BDMS) menyerahkan dana tali asih sebesar Rp500 juta kepada petani sebagai bentuk ucapan permohonan maaf atas tercemarnya...

KANAL WARGA TERBARU

skripsi

Ingin Tulisan “WARGA SERUJI” Dibaca Banyak Pengunjung? Cobalah Trik Ini

SERUJI.CO.ID - Untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat pembaca selalu menanti tulisan-tulisan anda di kanal "WARGA SERUJI", saya coba berikan sedikit petunjuk...
follow-leader

Menjadi Seorang Pemimpin

Seorang leader/pemimpin harus memiliki jiwa melayani. Pemimpin yang baik berasal dari pengikut yang baik. Cara menjadi pengikut yang baik adalah dengan mendengar, menjadi seorang...

KAPAN PEMIMPIN HARUS DIPATUHI ?

Luthfi Bashori Suatu saat Rasulullah SAW mengirim satu pasukan dan mengangkat seorang Anshar sebagai pemimpin, serta memerintahkan agar seluruh pasukan mematuhi pemimpinnya. Di tengah jalan, tiba-tiba...