Nutella Bantah Produknya Penyebab Kanker

0
54

Jakarta, Seruji.com– Selai cokelat mengandung kontaminan yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Ferrero, pembuat Nutella, telah membantah klaim bahwa minyak sawit yang digunakan dalam hazelnut dan cokelat yang mereka gunakan bisa menyebabkan kanker.

Pada bulan Mei, Eropa Food Standards Authority memperingatkan bahwa kontaminan yang ditemukan dalam bentuk makanan berminyak adalah karsinogenik. Memperingatkan bahwa berisiko untuk anak-anak dan mengatakan tidak ada tingkatan yang dapat dianggap aman.

kelapa sawit ditemukan dalam ratusan merek makanan rumah tangga termasuk cokelat Cadbury, Clover dan bahkan Ben & Jerry, tapi Nutella sejauh ini telah menghadapi beban reaksi konsumen.

Beberapa pengecer di Italia, termasuk jaringan supermarket terbesar di negara itu, Coop, telah memboikot penyebaran produk tesebut sebagai tindakan pencegahan.

Sebagai tanggapan, Ferrero telah meluncurkan kampanye iklan dalam upaya untuk meyakinkan pelanggan bahwa produknya aman.

Ferrero menegaskan bahwa keputusan untuk tetap menggunakan kelapa sawit di Nutella, meski ada kekhawatiran keamanan, adalah karena kualitas produknya, bukan biaya. Zat ini digunakan untuk memberikan tekstur halus yang mengatakan tidak dapat dicapai dengan menggunakan minyak lainnya.

“Membuat Nutella tanpa minyak sawit akan menghasilkan pengganti rendah untuk produk yang nyata, itu akan menjadi langkah mundur,” manajer pembelian Ferrero Vincenzo Tapella kepada Reuters.

Ketakutan terhadap kanker berpusat pada senyawa yang dikenal sebagai glisidil ester asam lemak (GE), yang diproduksi dalam minyak sawit ketika dipanaskan di atas 200 derajat celsius, seperti dalam pengolahan untuk banyak makanan.

Dr Helle Knutsen, ketua Contam, panel EFSA yang menyelidiki minyak sawit, mengatakan pada Mei: “Ada bukti yang cukup bahwa glycidol adalah genotoksik dan karsinogenik, karena panel Contam tidak menetapkan tingkat yang aman untuk GE.”

Kontaminan dapat ditemukan di beberapa lain minyak nabati, margarin dan makanan olahan tapi EFSA menemukan bahwa itu diproduksi lebih tinggi, berpotensi berbahaya.

Organisasi Kesehatan Dunia dan Makanan PBB dan Organisasi Pertanian juga telah menyatakan keprihatinan tentang GE tetapi telah berhenti mengeluarkan peringatan tentang konsumsi. (rory)

Sumber :

http://www.independent.co.uk/news/business/news/nutella-causes-cancer-palm-oil-supermarket-ban-italy-cadburys-a7522291.html

Keterangan foto: Produsen Nutella membantah produknya bisa sebabkan kanker (foto ist)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Terkait SP3 Kasus Habib Rizieq, Jokowi: Tidak Ada Intervensi Pemerintah

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menegaskan bahwa tidak ada intervensi pemerintah dalam penerbitan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) kasus dugaan "chat" berkonten pornografi yang melibatkan...

Kemendagri Dukung Ketegasan Kapolri Menjaga Netralitas Polri di Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri menyatakan mendukung ketegasan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam menjaga netralitas Pilkada di Maluku. "Tentu kami 'respect' dan mendukung atas...

Bantah Karena Ketidaknetralan, Polri Enggan Jelaskan Alasan Mutasi Wakapolda Maluku

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kadivhumas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto membantah mutasi jabatan Brigjen Pol Hasanuddin sebagai Wakapolda Maluku akibat ketidaknetralan Hasanuddin dalam mengawal pelaksanaan Pemilihan...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Langsa Pimpin Apel Bersama

KOTA LANGSA, SERUJI.CO.ID  - Hari pertama masuk kerja setelah libur Idul Fitri, Wali Kota Langsa Tgk. Usman Abdullah memimpin apel bersama dalam rangka halal...

Hari Pertama Masuk Kerja, 100 PNS Malah Bolos

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 100 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran 2018 dinyatakan absen. "Dari...