Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Bebas Tuberculosis Tahun 2050 Melalui Aksi TOSS TB di Keluarga

Tema nasional hari TB sedunia: Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia bebas TB Melalui Aksi TOSS TB “Temukan Tuberculosis Obati Sampai Sembuh di Keluarga!”


Berdasarkan data dari WHO Global Tuberculosis Report 2016 menyatakan bahwa Indonesia dengan jumlah penduduk 254.831.222, menempati posisi kedua dengan beban TB tertinggi di dunia. TB di Indonesia juga merupakan penyebab nomor empat kematian setelah penyakit kardiovaskular.

Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan memiliki target “Indonesia Bebas TB 2050” melalui aksi TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh) dimulai dari keluarga.

Tanggal 24 maret merupakan hari TB sedunia. Tahun ini mengambil tema “Unite To End TB, Leave No One Behind”. Sedangkan tema nasional peringatan hari TB sedunia hampir sama dengan tahun lalu yaitu gerakan masyarakat menuju Indonesia bebas TB melalui aksi TOSS TB “Temukan Tuberculosis Obati Sampai Sembuh di Keluarga!”

Hari TB sedunia diperingati setiap tanggal 24 sebagai bentuk penghormatan kepada dr Robert Koch, seorang ilmuwan yang mengumumkan bahwa ia telah menemukan penyebab dari penyakit Tuberkulosis, yakni Mycobacterium Tuberculosis pada tanggal 24 maret 1882. Pada saat itu, wabah Tuberkulosis sedang menyebar di Eropa dan Amerika, yang menyebabkan kematian satu dari tujuh orang. Harapannya dengan diadakannya hari TB sedunia ini bisa membangun kesadaran masyarakat tentang tuberculosis serta usaha-usaha untuk mengurangi wabah tersebut.

Kuman Mycobacterium Tuberculosis mempunyai karakteristik yang berbeda dengan kebanyakan kuman lainnya. Dia mempunyai sifat dorman yang sering diartikan sebagai kuman yang sedang tidur. Sehingga walaupun penderita sudah tidak merasakan gejala apapun tapi sebenarnya kuman Mycobacterium Tuberculosis masih bersarang di tubuhnya. Hal ini pula yang menjadi alasan penderita TB harus diobati minimal 6 bulan. Padahal biasanya penderita TB setelah satu bulan pengobatan sudah tidak merasakan gejala apapun. Bahayanya apabila penderita TB tidak diobati sampai sembuh (minimal 6 bulan) maka kuman TB akan bangun dari tidurnya dan akan menimbulkan gejala lagi, dan fatalnya apabila kuman TB sudah pernah diobati tapi tidak tuntas maka beresiko kuman TB tersebut sudah tidak mempan diobati dengan obat yang sama. Kuman TB yang seperti ini disebut kuman TB resisten obat yang sering diistilahkan dengan TB -MDR.

TOSS TB merupakan upaya untuk mengajak aktif masyarakat agar segera konsultasi ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila ditemukan tanda-tanda penyakit TB , dan apabila sudah terdiagnosa TB diharapkan peran aktif masyarakat untuk ikut mengawasi penderita TB agar minum obat teratur dan sampai sembuh. Dan gerakan ini silakan dimulai dikeluarga masing-masing. Penderita TB untuk bisa sembuh memerlukan waktu pengobatan minimal 6 bulan. Beberapa kasus memerlukan waktu pengobatan lebih dari itu.

Tanda–tanda penyakit TB diantaranya: batuk berdahak lebih dari 2 minggu, berat badan menurun, keluar keringat pada malam hari walaupun tidak beraktifitas, demam ringan, nafsu makan berkurang. Apabila menemukan gejala tersebut pada diri atau keluarga anda maka segeralah berkonsultasi ke dokter. Mari kita sukseskan TOSS TB ( temukan TB obati sampai sembuh) dimulai dari keluarga.

Editor: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

Masa Bakti Dewan Pendidikan 2014-2019 Berakhir, Pemkot Surabaya Buka Rekrutmen

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Supomo mengatakan bahwa proses rekrutmen akan dimulai dengan pendafatran yang dilakukan secara daring (online) mulai hari ini, Selasa (18/2) hingga Jumat (28/2) mendatang.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close