Dua Mahasiswa Kreasikan Buah Pare Menjadi Minuman Anti Diabetes

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Dua mahasiswa Fakultas Farmasi dari salah satu perguruan tinggi swasta di Surabaya mengkreasikan bahan sayuran Pare menjadi minuman yang berkhasiat untuk kesehatan.

Mahasiswa tersebut, Felicia Tjokroaminjaya dan Adytya Dewanti, keduanya memanfaatkan pare atau sayuran jenis Cucurbitaceae sebagai penangkal penyakit diabetes yang dikemas dengan nama Friut Pulp Pare.

“Pare cocok untuk bahan pengobatan, pare hijau atau varietas pare ayam yang paling berpotensi sebagai anti diabetes, karena mengandung zat aktif karatin dengan kadar yang paling tinggi,” ujar Felicia Tjokroaminjaya, saat ditemui di Suarabaya. Rabu (18/4).

Manfaat buah pare, kata Felicia adalah membantu menurunkan kadar gula darah dan mendukung kerja obat sintetik berbahan aktif metformin dan pioglitazone.

“Kita terinspirasi karena kita melihat melimpahnya buah pare yang sebenarnya berpotensi sebagai anti diabetes, akhirnya kita mendapat ide untuk mempelajari pengaruh buah pare terhadap obat sintetik pioglitazone dan metformin,” terangnya.

Menurut Adytya Dewanti jenis Pare memiliki banyak varietas, yakni pare belut, pare putih dan pare Hijau varietas pare ayam.

Pare anti diabetes

“Jenis pare yang paling berpotensi sebagai anti diabetes yaitu Pare Hijau Variates Pare Ayam, karena mengandung zat aktif karantin dengan kadar zat paling tinggi,” ungkap Adytyta.

Sementara proses pengelolahannya, yakni mengubah buah pare ayam tersebut menjadi bentuk minuman yang berkhasiat sebagai anti Diabetes, tanpa mengurangi efektifitasnya sebagai anti Diabetes.

“Melalui penelitian, kita berhasil membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi fruit pulp buah pare ternyata terbukti mampu menurunkan kadar gula darah, sehingga bisa mengurangi frekuensi/ dosis pemberian obat anti diabetes,” pungkasnya.

Pare anti diabetes

(Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Krisis Akal Budi

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Terpilih Secara Aklamasi, Sutopo Kristanto Pimpin IKA ITS Periode 2019-2023

Pria kelahiran Tulungagung, 25 Desember 1954 ini menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Dwi Sutjipto yang merupakan Kepala SKK Migas. Adapun Sutopo sehari-harinya adalah Presiden Direktur PT Jaya Konstruksi.

“Tenggelamkan!” Yang Populer di Era Susi Pudjiastuti, Bakal Hilang di Era Edhy Prabowo

"Tenggelamkan!" yang selama 5 tahun belakangan akrab di telinga masyarakat, akan hilang pasca Susi tidak lagi menjabat sebagai Menteri KKP, digantikan politisi Gerindra, Edhy Prabowo.

Bantah Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, Begini Penjelasan Pemprov DKI

Malah kata Syaefuloh, Pemprov DKI Jakarta terus melakukan peningkatan anggaran rehabilitasi total gedung sekolah secara signifikan, terutama pada 2017 sampai 2020

Pangkas Anggaran Pendidikan Demi Formula E, PSI: Bukti Kepedulian Anies Sangat Rendah Pada Pelajar

Diungkapkan Anggara, bahwa untuk melaksanakan perhelatan balap mobil listrik tersebut, Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp1,16 triliun. Namun, anggaran sebesar itu ternyata diambil dengan cara memangkas anggaran lain yang jauh lebih penting.

Bertemu Dubes Saudi Siang Ini, Menhan Prabowo Akan Bahas Soal Habib Rizieq

Dalam pertemuan yang direncanakan berlangsung pukul 15.00 WIB tersebut, Prabowo berharap dapat juga membahas soal klaim HRS yang mengatakan dicekal Kerajaan Arab Saudi.

Setelah 25 Tahun Bekerja Sebagai Dokter, Baru Ketahuan Ijazah Yang Digunakan Palsu

Ijazah kedokteran SU diketahui palsu setelah 25 tahun bekerja sebagai dokter di PT Pelni.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close