Dinkes Banten Ajak Masyarakat Tidak Tolak Imunisasi

LEBAK – Dinas Kesehatan Provinsi Banten mengajak masyarakat tidak menolak imunisasi measles dan rubella (MR) guna mempersiapkan generasi bangsa yang sehat.

“Kami minta masyarakat mendukung program imunisasi MR itu dengan tidak menolaknya,” kata Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr Rostina saat dihubungi di Lebak, Kamis (21/9).

Pemerintah Provinsi Banten berkomitmen untuk menyukseskan pencapaian kampanye cakupan imunisasi MR bagi sasaran anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Manfaat imunisasi tersebut dapat mencegah kematian dan kecacatan akibat penyakit campak dan rubella.

Ia meminta masyarakat dapat mendukung program imunisasi MR guna mempersiapkan generasi yang sehat.

“Kita berharap sasaran anak di Banten sebanyak 3,3 juta orang antara usia 9 bulan sampai 15 tahun bisa dilakukan vaksin imunisasi MR,” katanya menjelaskan.

Menurut Rostina, pelaksanaan imunisasi MR sudah dilaksanakan pada Agustus menyasar di sekolah-sekolah mulai tingkat PAUD, SD dan SMP.

Sedangkan, pelaksanaan imunisasi September dilayani Puskesmas, Posyandu, Pustu, Subposkesdes, Bidan dan lainnya.

Realisasi cakupan imunisasi MR di Banten sampai 19 September 2017 mencapai 81,07 persen berdasarkan laporan dari 8 kabupaten dan kota dengan 107 kecamatan dan 152 puskesmas.

Mereka petugas puskesmas mengirimkan laporan tersebut ke Unicef dan manual ke Dinkes Banten.

Pihaknya terus bekerja keras agar pencapaian imunisasi MR bisa melebihi target 95 persen hingga 30 September 2017.

Untuk mencapai program imunisasi MR melebihi target, relawan PMI juga terlibat untuk mencari anak jalanan dan anak putus sekolah agar mendapatkan vaksin MR.

Begitu juga media sangat membantu menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi MR dan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) dan lainnya.

Selama ini, Provinsi Banten masih terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi seperti campak dan difteri.

“Imunisasi itu wajib bagi usia anak dengan tujuan untuk mencegah kematian dan penyakit kecacatan tubuh akibat penyakit campak dan rubella,” katanya menjelaskan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER