close

Benarkah Garam Beracun Saat Dimasak? Begini Faktanya Sebenarnya

Garam sudah jadi kebutuhan sehari-hari. Benarkah akan jadi racun saat dimasak?

SERUJI.CO.ID – Beredar pesan berantai di masyarakat lewat media sosial dan aplikasi kirim pesat, bahwa garam yang dimasak akan berubah menjadi racun bagi tubuh dan merugikan kesehatan.

Dalam pesan itu juga disampaikan, ketika garam dimasukkan ke dalam masakan atau air yang mendidih maka berubah menjadi racun atau toksik dan kandungan yodium di dalamnya akan hilang.

Klaim    : Garam tidak boleh dimasak karena akan berubah menjadi racun dan kehilangan kandungan yodiumnya

 

Rating  : Salah/Misinformasi

Penjelasan :
Klarifikasi dari tim Subdit Pengendalian Konten Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika, garam tidak akan berubah menjadi racun bila dimasak maupun dicampur dengan air mendidih.  Garam merupakan mineral dan tidak akan berubah menjadi racun atau kehilangan yodium.

Kandungan garam adalah mineral. Mineral ini tidak berubah menjadi racun atau zat berbahaya selama garam tersebut memang dibuat dengan bahan yang aman, tidak diberikan campuran tertentu oleh produsennya. (Ant/SU01)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?

Nia Zulkarnaen Tertarik Bikin Film Tentang Wakatobi

Nia Zulkarnaen akan garap film tentang anak-anak yang berlibu di Wakatobi. Kenapa Nia memilih Wakatobi? Simak alasannya