Agar Optimal, Perkembangan Anak Butuh Dirangsang

Menyambut kelahiran bayi adalah hal yang menggembirakan bagi orang tua dan segenap keluarga. Namun bagi orang tua tidak cukup hanya sampai rasa gembira sebab tanggung jawab perawatan sudah menunggu dibelakang. Perawatan anak meliputi berbagai aspek baik itu tumbuh kembang secara fisik maupun aspek spiritual.

Perkembangan anak secara sederhana didefinisikan sebagai proses yang menunjukkan bertambahnya ketrampilan dalam pola yang beraturan yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional dan bahasa. Agar perkembangan bisa berjalan optimal penting bagi orang tua untuk merangsangnya.

1. Merangsang perkembangan anak usia 0-3 bulan

Sejak anak lahir usahakan orang tua untuk sering memeluk, mengelus, menimang bayi dengan penuh kasih sayang dan kelembutan. Ajak ngobrol anak meskipun dia belum bisa bicara, seringlah tersenyum pada bayi anda. Rangsang pendengaran dengan suara-suara yang baik-baik misal bacaan quran. Rangsang penglihatan dengan menggantung benda di dekat bayi dengan warna yang mencolok dan bergerak-gerak.

Pada umur 1 bulan idealnya bayi sudah memiliki kemampuan: menatap ke arah orang lain yang menatapnya, mengeluaarkan suara o…o…o…, bisa tersenyum dan bisa menggerakkan tangan dan kaki.

Pada umur 3 bulan idealnya bayi sudah memiliki kemampuan: mengangkat kepala tegak ketiga tengkurap, menggerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, membalas tersenyum ketika diajak bicara/tersenyum, bisa tertawa, mengoceh spontan atau bereaksi dengan mengoceh.

2. Merangsang perkembangan anak usia 3-6 bulan

Pada usia ini rangsang perkembanagan bayi dengan sering tengkurapkan bayi, gerakkan benda yang berwarna mencolok ke kiri dan ke kanan di depan matanya, perdengarkan berbagai bunyi-bunyian yang baik-baik (bukan bunyi teriakan), berikan mainan yang berukuran cukup besar dan berwarna-warni, sebab kalau ukurannya terlalu kecil bisa berpotensi tertelan bayi, tetap awasi selama bayi sedang bermain.

Pada umur 6 bulan idealnya bayi sudah memiliki kemampuan: berbalik telungkup dan telentang, mempertahankan posisi kepala tetap tegak, meraih benda yang ada di dekatnya, menirukan bunyi, menggenggam mainan, tersenyum ketika melihat sesuatu yang menarik.

Apabila pada umur-umur tersebut bayi belum memiliki kemampuan sesuai dengan standar bawalah ke tenaga kesehatan untuk diperiksa penyebabnya apakah ada kelainan pada bayi anda ataukah lambatnya perkembangan hanya hanya disebabkan karena bayi Anda kurang dirangsang/distimulasi.

Cara merangsang perkembangan anak pada usia diatas 6 bulan akan dibahas pada artikel selanjutnya.

BERSAMBUNG

 

PENULIS: dr. Endang Sulistiyowati
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER